Dukung Petisi, Tokopedia dan Bukalapak Blokir Penjualan Gading Ilegal

Tokopedia dan Bukalapak Blokir Penjual Gading Ilegal – Dua situs jual beli online ternama Indonesia, Tokopedia dan Bukalapak secara resmi akan menutup lapak yang digunakan penjual untuk menjual gading gajah secara ilegal. Hal tersebut langsung disampaikan oleh CEO dan Co-Founder situs Bukalapak.com, Achmad Zaky, yang menyatakan bahwa penutupan lapak adalah bentuk larangan penjualan gading gajah di Bukalapak.com karena dinilai melanggar peraturan dan hukum di Indonesia.

Tokopedia da Bukalapak Blokir Penjual Gading Ilegal

Langkah yang dilakukan Bukalapak karena adanya petisi dari Change.org yang meminta semua toko jual beli online untuk tidak lagi menyediakan lahan penjualan gading gajah secara ilegal.

“Di dalam Aturan Penggunaan Bukalapak.com sebenarnya sudah disebutkan bahwa pengguna Bukalapak.com tidak diperbolehkan melanggar peraturan yang ditetapkan oleh hukum di Indonesia maupun di negara lainnya,” ujar Achmad Zaky, dikutip dari Tempo Tekno, Rabu (30/9/2015).

“Kami telah bertindak cepat untuk segera membekukan atau menonaktifkan lapak yang menjual gading gajah di situs kami dan saat ini lapak tersebut telah kami tutup. Sesuai aturan penggunaan, Bukalapak.com memiliki hak untuk membekukan atau menonaktifkan lapak yang menjual barang terlarang,” tambah Zaky.

Sedangkan hal serupa juga dilakukan oleh situs jual beli online Tokopedia,  Tokopedia juga mengecam tindakan penjualan gading gajah yang memanfaatkan Tokopedia sebagai lapak jualan. Banyak pengguna memanfaatkan sistem jualan Tokopedia yang bersistem user generated, dimana sistem ini memungkinkan pihak penjual dapat melakukan pengunggahan produk di Tokopedia secara mandiri.

“Tokopedia dengan tegas melarang penjualan produk yang terbuat dari gading gajah. Hal ini telah diatur dalam syarat dan ketentuan penggunaan website Tokopedia (https://www.tokopedia.com/terms.pl),” tulis Tokopedia dalam keterangan tertulis di akun resminya.

Selain itu apa yang ditegaskan oleh Tokopedia sudah tertulis di peraturan Tokopedia di sub bab J yang menyatakan bahwa hewan dan barang-barang lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia dilarang keras diperjual belikan di situs Tokopedia.

Petisi pelarangan penjualan gading gajah di situs jual beli online ini, diinisiasi oleh seorang dokter hewan  bernama Wisnu Wardana, yang merasa miris dengan maraknya penjualan gading gajah di situs jual beli online Indonesia.

Bahkan untuk mendukung petisi tersebut, Tokopedia dan Bukalapak langsung menanggapinya dengan serius dan secara bertahap akan menghapus semua konten berisikan penjualan gading gajah di situsnya. Tokopedia dan Bukalapak juga berjanji akan sering memantau proses jual-beli di situs masing-masing demi mendukung peraturan pemerintah untuk melarang menjual barang-barang yang melanggar undang-undang. Baca juga Tiru Apple Music, Google Play Music akan Berbayar dan ECCT Ciptaan Warsito Ternyata Benar-benar Mampu Membunuh Sel Kanker.

Top