Dengan BulletinBoard, Kini Bisa Update Perkembangan Anak di Sekolah

Dengan BulletinBoard, Kini Bisa Update Perkembangan Anak di Sekolah – Perkembangan teknologi terkadang dinilai orang tua sangat mengkhawatirkan, terutama dalam tubuh kembang anak. Namun kini tampaknya kekhawatiran orang tua terhadap progres perkembangan anak terutama di lingkungan sekolah bisa teratasi dengan baik oleh sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui perkembangan anak.

Dengan BulletinBoard Kini Bisa Update Perkembangan Anak di Sekolah

Hadirnya Whatsapp, Email, atau aplikasi berbasis pesan instan lainnya biasanya digunakan oleh para pendidik untuk membangun komunikasi dengan wali murid, dan hal tersebut bisa dinilai sebagai langkah yang bagus. Sayangnya, Whatsapp dan Email tidak dirancang oleh pembuatnya sebagai aplikasi untuk tujuan tersebut.

“E-mail dan WhatsApp adalah tools yang bagus. Namun, mereka tidak dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan sekolah.” ucap Ade Wicaksono, selaku CMO BulletinBoard, dikutip dari Techinasia, Selasa (29/9/2015).

Ade juga mengungkapkan bahwa kultur pengguna ketika memakai email dan aplikasi chatting biasanya dicampur adukkan dengan hal-hal pribadi. Misalnya pada grup Whatsapp yang dibuat oleh orang tua murid, biasanya justru digunakan sebagai media gosip, bukan media untuk evaluasi perkembangan anak. Permasalahan inilah yang kemudian menuntun Ade dan Norman untuk mengembangkan sebuah aplikasi bernama BulletinBoard. Ketika diluncurkan pada bulan Juli kemarin, BulletinBoard dirancang sebagai aplikasi untuk menghubungkan guru dan para wali murid agar tetap update mengenai kegiatan dan perkembangan anak mereka di sekolah.

Untuk menggunakan BulletinBoard, guru harus bertemu dulu dengan wali murid untuk membuat kelas dan mengundang semua yang terlibat bergabung di BulletinBoard. Setelah wali murid bergabung, komunikasipun akan terjalin antara kedua belah pihak. Guru juga bisa memberikan berbagai informasi seperti kegiatan di sekolah, PR, tugas, hingga perkembangan akademis dan perilaku anak di sekolah.

BulletinBoard juga memungkinkan orang tua berkomunikasi secara pribadi dengan guru. Ketika guru memebrikan informasi, guru bisa melihat juga orang tua mana saja yang telah membaca pesan atau broadcast-nya sehingga dengan hal ini memungkinkan informasi yang disampaikan guru akan terbagi rata.

Hadirnya BulletinBoard merupakan sebuah jawaban bahwa teknologi mobile juga bisa digunakan untuk memulai sistem edukasi yang baik. Selain itu, BulletinBoard adalah aplikasi satu-satunya di Indonesia yang memulai model chatting antara guru dengan orang tua secara lebih spesifik. Saat ini aplikasi BulletinBoard sudah tersedia untuk perangkat iOS dan Android dan sudah bisa diunduh secara gratis. Baca juga Menkominfo Siap Terapkan Aturan Hukum Tentang Data Pribadi dan Kuburan Online Jejaring Sosial Milik Para Almarhum.

Top