Berniat Ekspansi Pasar Notebook, Xiaomi Temukan Vendor Perakit

Xiaomi Temukan Vendor Perakit untuk Produk Notebooknya – Vendor smartphone asal Tiongkok yang makin naik daun saat ini yakni Xiaomi memang berniat untuk memperluas bisnisnya di luar pasar smartphone yang telah mereka dalami. Setelah sebelumnya mereka resmi meluncurkan operator seluler yang memiliki nama Xiaomi Mi Mobile pada 22 September lalu, yang mana operator seluler tersebut baru dihadirkan pada wilayah Tiongkok saja. Kini, mereka pun berniat melakukan ekspansi pada produk lainnya yakni notebook atau laptop.

Xiaomi Temukan Vendor Perakit untuk Produk Notebooknya

Meskipun informasi mengenai ekspansi pasar Xiaomi pada produk notebook atau laptop sebelumnya hanya berupa rumor. Namun, kabar terbaru menyebutkan bahwa Xiaomi telah menunjuk rekanan mereka sebagai vendor perakit notebook Xiaomi nantinya. Dengan hal tersebut maka menjadi bukti keseriusan Xiaomi dalam ekspansi bisnisnya.

Hal tersebut dilaporkan oleh laman Taipei Times yang dirangkum KompasTekno, Kamis (24/9/2015), dikabarkan bahwa Xiaomi telah berbicara dengan vendro perakit komponen komputer di Taiwan yang bernama Inventec untuk membuat notebook Xiaomi.

Informasi tersebut pun diamini oleh Richard Lee selaku Chairman Inventec yang menyatakan bahwa pihaknya memberi dukungan kepada Xiaomi.

“Saya yakin dengan masa depan bisnis komputer laptop Xiaomi, mereka sudah memiliki 200 juta pengguna smartphne,” ungkap Lee.

Meski begitu, Lee menyatakan bahwa pendekatan pasar notebook Xiaomi nantinya akan berbeda dengan produk smartphone yang telah mereka luncurkan dalam beberapa tahun belakangan ini. Namun Lee tetap mempercayakan Xiaomi dengan keputusan tersebut.

“Saya harap dengan masuknya Xiaomi ke pasar laptop akan membawa sesuatu yang baru bagi pasar,” tambahnya.

Sebelumnya pada akhir tahun 2014 lalu, Xiaomi telah dirumorkan bahwa mereka telah menyiapkan perangkat render grafis yang merupakan notebook Xiaomi. Perangkat komputer tersebut memiliki bentuk mirip seperti MacBook Air ciptaan Apple. Saat itu rumor tersebut makin santer beredar. Meskipun hal tersebut dibantah oleh Xiaomi, namun menurut laporan Bloomberg menyatakan bahwa notebook Xiaomi tersebut benar adanya. Dari kabar yang ada notebook Xiaomi tersebut nantinya akan dijadwalkan meluncur pada awal 2016 mendatang.

Bahkan dari informasi yang dilansir oleh Bloomberg, Xiaomi dikatakan tengah mendekati Samsung yang akan ditugaskan sebagai pemasok chipset untuk produk notebooknya. Meski begitu belum diketahui lebih detail mengenai spesifikasi, bentuk, dan sistem operasi dari notebook Xiaomi tersebut. Baca juga Xiaomi Luncurkan Operator Milik Sendiri Bernama Mi Mobile dan Chipset Xiaomi Meluncur Tahun Depan.

Top