Berapa Sih Biaya Pembuatan iPhone 6s?

Apple Ternyata Tak Membutuhkan Biaya Mahal untuk Membuat iPhone 6s – Apple baru saja memperkenalkan seri iPhone terbaru mereka, yakni iPhone 6s dan juga iPhone 6s Plus. Tanggal 9 September kemarin, Apple secara resmi memperkenalkan dua smartphone terbarunya itu untuk kawasan Amerika dan sekitarnya. Seperti yang kita ketahui, Apple memang selalu mematok semua produknya dengan harga yang ‘gila-gilaan’. Nah, sebagai produk paling gres, harga iPhone 6s dan juga iPhone 6s Plus akan lebih mahal dari seri iPhone sebelumnya. Lalu, berapakah biaya yang dibutuhkan Apple untuk membuat kedua seri iPhone terbaru itu?

apple-ternyata-tak-membutuhkan-biaya-mahal-untuk-membuat-iphone-6s

Businessinsider pada Selasa (15/9) melansir rincian biaya yang dibutuhkan oleh Apple dalam membuat iPhone 6s dan juga iPhone 6s Plus. Data yang diperoleh oleh Businessinsider ini berasal dari Bank of America Merrill Lynch yang mencoba membuat perkiraan biaya pembuatan yang dikeluarkan oleh Apple. Untuk membuat sebuah iPhone 6s versi 64 GB, Apple hanya membutuhkan biaya sekitar USD234 atau setara dengan sekitar Rp 3,3 juta saja.

Biaya terbesar untuk membuat sebuah iPhone 6s adalah biaya yang harus Apple keluarkan guna meracik perangkat semikonduktor yang mencapai angka USD127,2. Perangkat tersebut termasuk komponen radio seluler, chip A9X terbaru, berbagai sensor seperti NFC, Fingerprint dan lain-lain. Selain itu, Apple harus mengeluarkan biaya untuk memori berkapasitas 64 GB. Sedangkan untuk komponen lain seperti layar, kamera, dan baterai membutuhkan biaya setidaknya USD73,8. Apple pun juga harus mengeluarkan biaya untuk komponen pendukung lainnya seperti case dan lain-lain senilai USD33.

apple-ternyata-tak-membutuhkan-biaya-mahal-untuk-membuat-iphone-6s-1

Seperti kita ketahui, Apple sendiri mematok harga untuk iPhone 6s 64 GB mulai dari USD749 atau sekitar Rp 10,8 juta. Jika Apple hanya membutuhkan biaya sebesar USD234 untuk membuat iPhone 6s 64GB, berarti laba kotor yang diperoleh oleh Apple akan mencapai kurang lebih USD515. Tentu pada fakta sebenarnya laba yang diperoleh tak sebesar itu, karena harus dipangkas oleh biaya promosi, distribusi, biaya manufaktur dan lain sebagainya. Namun tetap saja, laba yang diperoleh untuk setiap produk iPhone sangatlah besar, hal ini juga yang mungkin membuat pendapatan perusahaan ini meroket tinggi.

Untuk seri iPhone sebelumnya, Apple pun hanya membutuhkan biaya produksi yang lebih sedikit karena harga komponen terdahulu tak semahal sekarang. Namun hal ini masih bersifat analisa saja, karena hingga kini Apple tak membeberkan berapa total jumlah biaya produksi mereka. Namun dari sini kita bisa mengetahui bahwa salah satu faktor yang membuat harga produk-produk Apple begitu mahal adalah komponen pembangunnya, serta strategi promosi dan pastinya berkat nama besar Apple di dunia teknologi. Baca juga Apple Hentikan Produksi iPhone 5C dan Apple Terima Kritikan Pedas Terkait Penggunaan Apple Pencil pada iPad Pro.

Top