Alasan Meizu Pilih Prosesor Samsung untuk Meizu Pro 5

Alasan Meizu Pilih Prosesor Samsung pada Meizu Pro 5 – Beberapa saat lalu Meizu resmi meluncurkan smartphone Android terbaru mereka yang dinamai dengan nama Meizu Pro 5. Sebelumnya smartphone Meizu terbaru tersebut dirumorkan akan menggunakan prosesor terbaru besutan Qualcomm yakni Snapdragon 810. Namun setelah peluncuran, diketahui Meizu Pro 5 menggunakan prosesor besutan Samsung yakni Exynos 7420.

Alasan Meizu Pilih Prosesor Samsung untuk Meizu Pro 5

Peluncuran smartphone Meizu terbaru tersebut yakni Meizu Pro 5 sendiri dilakukan pada Rabu (23/9/2015) di Beijing, Tiongkok. Dalam peluncurannya tersebut pihak Meizu melalui Bai Yongxian selaku CEO Meizu mengungkapkan bahwa mereka memiliki alasan tersendiri dalam pemilihan chipset besutan Samsung tersebut.

“Kebanyakan ponsel flagship sekarang memakai Snapdragon 810, tapi chip ini mengecewakan karena konsumsi dayanya yang tinggi,” terang Yongxian.

Yongxian pun menambahkan bahwa pemilihan prosesor besutan Samsung tersebut juga dikarenakan oleh penggunaan daya yang lebih efisien karena dibuat dengan teknologi fabrikasi FinFET 14nm. Di mana dengan hal tersebut diklaim dapat menghasilkan konsumsi listrik 35 persen lebih rendah.

Selain itu dalam sektor performa pun, dikatakannya bahwa performa Exynos 7420 lebih tinggi 20 persen dibandingakn Snapdragon 810. Terutama dalam sisi kemampuan olah grafisnya karena Exynos mengandalkan GPU Mali T760 yang lebih kencang 10 persen dibanding Andreno 430 andalan Snapdragon 810.

Di lain pihak, Meizu dan Samsung pun sebenarnya memiliki hubungan yang sangat baik dalam pemasok komponen smartphone Meizu. Sehingga tak ayal vendor smartphone asal Tiongkok ini  lebih memilih produk Samsung.

Untuk spesifikasinya sendiri, Meizu Pro 5 merupakan smartphone kelas atas yang memiliki kemampuan setara dengan Samsung Galaxy S6. Di mana telah mengandalkan prosesor octa core 64 bit Samsung Exynos 7420, RAM 4 GB dan  memori internal dua macam pilihan yakni 32 GB atau 64 GB. Dengan spesifikasi tersebut diklaim bahwa Meizu Pro 5 mampu menyentuh skor aplikasi benchmark Antutu mencapai 75.000 poin.

Meskipun begitu smartphone Meizu terbaru ini tetap memiliki perbedaan dengan Samsung Galaxy S6, yang mana tidak memiliki kemampuan layar melengkung, pemindai sidik jari atau denyut nadi dan stylus.

Salah satu keunggulan dari Meizu Pro 5 ini juga terletak pada kemampuan fotografinya yang mengandalkan kamera beresolusi 21 MP dengan dukungan sensor Sony IMX240 yang dapat menghasilkan kualitas foto yang mumpuni. Untuk harganya sendiri Meizu Pro 5 jelas lebih murah dibandingkan dengan Samsung Galaxy 6. Di mana untuk versi 32 Gb dibanderol Rp6,5 jutaan. Sedang untuk 64 Gb dibanderol Rp7,1 jutaan. Namun diketahui harga tersebut merupakan harga yang berlaku di negeri asalnya. Sedangkan untuk Indonesia sendiri belum diketahui secara pasti kapan peluncuran resminya beserta dengan banderol harganya. Baca juga Meizu Akan Rilis Produk Tandingan Go Pro dan Meizu Resmi Umumkan Meizu MX5.

Top