Akan Segera Hadir, Smartphone dengan Layar Lipat

Akan Segera Hadir, Smartphone dengan Layar Lipat – Geliat pasar smartphone yang terus menanjak, membuat beberapa produsen smartphone lebih giat untuk mengembangkan inovasi mereka untuk smartphone di masa mendatang. Akhir-akhir ini beberapa produsen smartphone di dunia mulai mengembangkan teknologi layar, bukan jenis layar lengkung biasa, tapi layar yang bisa dilipat.

Smartphone dengan Layar Lipat

Pada kenyataanya, mimpi untuk memiliki smartphone yang memiliki layar elastis akan segera dapat direalisasikan. IHS Technology meramalkan, bahwa pada 2024 lebih dari 50% layar yang terdapat di perangkat teknologi akan mengusung model layar lipat yang lebih fleksibel. Menariknya, tipe lain akan menawarkan layar fleksibel namun dengan model yang berbeda seperti layar yang bisa dilipat, digulung dan direntangkan semau pengguna.

Dilansir dari Okezone, sebanyak 51% dari semua layar berjenis fleksibel akan bisa dilipat pada tahun 2020. Setelah periode tersebut, jumlah panel layar lipat mulai menurun agar panel lebih mudah beradaptasi.

Dengan layar berjenis fleksibel dan elastis tersebut, maka akan memungkinkan perangkat teknologi terbaru memiliki bentuk-bentuk yang futuristik. Contoh bentuk baru yang diprediksikan oleh pakar teknologi adalah kemungkinan layar perangkat akan memiliki bentuk seperti buku. Namun bukan sekedar itu saja, dengan layar fleksibel yang akan mendominasi pasar memiliki keuntungan sendiri untuk perangkat yang berdesain flat.

Sebelumnya, produsen produk teknologi sekelas Samsung sudah lebih dulu mengembangkan layar yang bisa dilipat. Bahkan Samsung sudah mulai mengembangkan layar lipat berjenis AMOLED dengan kapasitas 30 Ribu sampai 40 ribu unit pada tiap bulan di akhir tahun 2015. Langkah yang dilakukan Samsung adalah untuk menciptakan perangkat mobile canggih yang keluar dari desain mainstream, menjelang liburan pada akhir tahun 2015. Bahkan Samsung percaya diri akan terus meningkatkan jumlah produksinya sampai pada tahun 2016 mendatang.

Samsung juga tidak akan berhenti untuk terus melakukan inovasi dan langkah strategis demi mengembalikan profit perusahaan yang dalam beberapa periode ini menurun drastis. Salah satu langkah yang dilakukan Samsung adalah menelurkan produksi smartphone dengan layar lipat.

Sekedar informasi, saat ini layar fleksibel sudah dikenalkan dalam bentuk smartphone bersegmen premium seperti seri LG G Flex dan Samsung Galaxy S6 edge. Diperkirakan ke depannya akan muncul lebih banyak lagi perangkat dengan model layar lengkung, atau bahkan layar lipat. Baca juga Canggih, Samsung Kembangkan Tablet Berlayar Lipat dan Tak Puas dengan Layar 4K, Samsung Buat Ponsel Berlayar 11K.

Top