Ahmed, Remaja Muslim yang Menjadi Sorotan Dunia Karena Penemuannya

Ahmed Memikat Perusahaan Teknologi Besar di Dunia – Saat ini di dunia teknologi sedang dihebohkan dengan seorang remaja muslim, Ahmed Mohammed. Ahmed yang berstatus sebagai pelajar di Amerika Serikat tersebut beberapa saat lalu di tangkap oleh kepolisian setempat karena telah membuat perangkat elektronik yang diduga merupakan sebuah bom, di mana perangkat tersebut dibawanya ke sekolah. Padahal perangkat elektronik tersebut merupakan sebuah jam tangan digital yang ia buat sendiri. Dengan kejadian tersebut, dukungan dari berbagai pihak pun mengalir deras kepada pelajar musim berusia 14 tahun tersebut.

Ahmed Remaja Muslim yang Menjadi Sorotan Dunia Teknologi

Ahmed Mohammed sendiri bersekolah di MacArthur High School yang terletak di Texas, Amerika Serikat. Pada saat penangkapan ia memang membawa perangkat elektronik penemuannya sendiri tersebut ke sekolah untuk ditunjukkan kepada guru agar Ahmed dapat masuk klub robotik. Alih-alih alih mendapatkan dukungan dari sang guru, justru sang guru malah melaporkan Ahmed pada kepolisian setempat karena perangkat yang dibawa seperti bom rakitan. Lalu saat itu juga ia ditangkap oleh polisi.

“Kupikir setiap orang sudah tahu kalau aku membuat sebuah jam dan malah mendapat banyak masalah karenanya. Aku membuat jam itu agar guruku terkesan tetapi ketika aku menunjukannya, dia malah merasa terancam,” terang Ahmed dalam konferensi pers yang dilansir USA Today, seperti rangkup detikINET.

Saat Ahmed diborgol, ia sempat kebingungan. Berkali-kali ia sempat menjelaskan kepada pihak polisi bahwa benda tersebut bukanlah benda yang berbahaya atau bom seperti yang dituduhkan.

“Kami berusaha mengkonfirmasi remaja tersebut tentang apa itu, ia memberitahu kami jika itu hanya sebuah jam,” ungkap James MsLellan selaku Juru Bicara Kepolisian Irving, yang kemudian setelah itu Ahmed akhirnya dibebaskan.

Setelah penangkapan dan pembebasan tersebut tak ayal membuat heboh jagat teknologi. Di mana saat itu banyak yang mendukung Ahmed. Bahkan mulai dari Presiden AS Barack Obama sampai dengan perusahaan teknologi raksasa di dunia seperti Google, Facebook dan lainnya yang mengundang Ahmed untuk datang.

“Jam yang keren Ahmed. Maukah kamu membawanya ke Gedung Putih? Kita harus menginspirasi lebih banyak anak seperti kamu agar menyukai ilmu sains. Itulah yang membuat Amerika hebat,” tulis Obama di akun Twitter resminya.

“Memiliki skill dan ambisi untuk membuat sesuatu yang keren harus dihargai, bukannya malah ditangkap. Masa depan dimiliki oleh orang seperti Ahmed. Ahmed, jika kamu ingin datang ke Facebook, aku ingin bertemu denganmu,” tulis Zuck pada akun resminya di Facebook.

Google pun mengundang Ahmed agar perangkat yang ia ciptakan menjadi salah satu bagian di ajang pameran sains yang mereka adakan.

“Bawalah jam kamu itu,” ujar pihak Google

Selain itu masih banyak dukungan lainnya yang terus mengalir untuk Ahmed. Beberapa diantaranya datang dari pendiri perusahaan layanan cloud Box, Aaron Levie serta dari Twitter. Bahkan Twitter sendiri menawarkan diri agar Ahmed dapat magang di perusahaan layanan media sosial salah satu yang terbesar dunia tersebut. Baca juga Teknologi Masa Depan Menurut Perusahaan Besar Teknologi di Dunia dan Swandiri Institut Uji Coba Penggunaan Drone untuk Pertanian.

Top