Ada Peran Microsoft di balik Balapan F1

Ada Peran Microsoft di balik Balapan F1 – Software saat ini merupakan komponen penting di setiap bidang kehidupan manusia. Termasuk balapan jet darat yang populer di dunia, Formula One atau biasa disebut dengan F1. Di balik hingar bingar penyelenggaraan F1, atau deru mesin yang meraung-raung di saat balapan F1 dilakukan, ada peran besar yang diusung oleh salah satu raksasa teknologi dunia, yaitu Microsoft.

Peran Microsoft di balik Balapan F1

Microsoft ditunjuk oleh salah satu tim yang berlaga di F1 yaitu tim Lotus, sebagai supporter di bidang software. Microsoft berperan dalam pengembangan tim Lotus lewat software yang diberi nama Microsoft Dynamics. Software tersebut berfungsi sebagai software yang mengelola seluruh kebutuhan tim, baik di kantor ataupun di sirkuit balapan. Lotus yang memiliki basis di Inggris telah menjadi tandem Microsoft sejak tiga tahun terakhir,

Bahkan kerja sama yang terjalin antara Lotus dengan Microsoft, tak hanya sekedar kerja sama berlandaskan kepentingan bisnis akan tetapi juga sebagai partnership, di mana Microsoft sering mendengarkan keluhan-keluhan yang dialami Lotus, kemudian membantu untuk memecahkan masalah yang ada di tim tersebut. Hal ini bahkan langsung diungkapkan oleh petinggi Microsoft di Singapura.

Dalam penerapannya, Microsoft Dynamics akan berisi sederet aplikasi software untuk kebutuhan enterprise resource planning (EPR) dan customer relations management (CRM) dengan mensinergikan aplikasi bisnis Microsoft seperti SharePoint, Yammer, Office 365, Azure, dan Outlook.

Selanjutnya Dynamix AX dimanfaatkan oleh Lotus untuk fungsi ERP, yang meliputi finansial, pengeluaran, budgeting, material management, pembelian, HR dan payroll. Dynamic AX juga dimanfaatkan Lotus untuk digunakan di segala lini, mulai dari desain, manufaktur, sampai produksi mobil. Tim Lotus juga berencana untuk memanfaatkan Dynamic CRM untuk fungsi sales dan marketing. Dengan adanya bantuan dari Microsoft, kini kinerja tim Lotus lebih efisien dibanding dulu saat belum ada Microsoft.

Dynamic AX juga membantu tim Lotus untuk meneliti setiap detail aktivitas yang harus dilakukan dan mengambil keputusan dengan segera. Microsoft bertugas untuk menganalisa data selama balapan, kemudian mengumpulkan data secara real time, lalu melakukan analisis saat balapan, mulai dari pengaturan suhu, aerodinamika, ban, dan lain sebagainya. Tim Microsoft bekerja sangat solid di tim Lotus, dan turut meberikan kontribusi yang nyata kepada tim selama balapan berlangsung, dengan begitu Microsoft bisa menjadi kunci kemenangan tim Lotus di ajang Formula One. Baca juga Microsoft Akhirnya Turut Serta Bangun Distro Linux dan Teknologi Masa Depan Menurut Perusahaan Besar Teknologi di Dunia.

Top