5G Bakal Sambangi Indonesia, Lima Tahun Mendatang?

Teknologi 5G Bakal Sambangi Indonesia di Tahun 2020 – Beberapa waktu lalu, jagad maya tengah dihebohkan oleh berita kehadirannya teknologi jaringan terbaru yaitu 5G yang akan menciptakan era Internet of Things (IoT). Berita tersebut ternyata memang bukan hanya sekedar wacana karena beberapa pemuka telah memberikan keterangan lebih lanjut mengenai jaringan terbaru ini.

teknologi-5g-bakal-sambangi-indonesia-di-tahun-2020

Kabarnya, jaringan 5G ini akan mulai diterapkan dua tahun mendatang yaitu pada tahun 2017 untuk negara-negara dengan teknologi maju yaitu Jepang dan Korea Selatan. Namun, untuk wilayah Indonesia, nampaknya akan lebih lama daripada kedua negara tersebut yaitu diperkirakan antara lima tahun mendatang yaitu tahun 2020.

Teknologi 5G ini merupakan jaringan generasi penerus dari jaringan 4G LTE, padahal untuk jaringan 4G LTE sendiri belum begitu menyebar luas di wilayah Indonesia dan kini teknologi jaringan baru yang lebih canggih hampir saja menemui kelahirannya.

Menurut penuturan dari Yulianto Nasserudin selaku Head of Mobile & Fixed Broadband PT Ericson Indonesia, bahwa teknologi jaringan terbaru 5G ini masih terlalu sulit untuk dikembangkan di wilayah Indonesia, karena Indonesia belum memiliki frekuensi 0-100 GHz untuk mendukung jaringan canggih tersebut.

Berdasarkan kutipan yang dirangkum pada halaman tecno.tempo, Kamis (17/09/2015), “Kalau di Indonesia agak kesulitan (mengembangkan 5G) karena tidak ada frekuensinya. Jepang dan Korea Selatan akhirnya menggunakan frekuensi 4GHz sehingga kemungkinan Indonesia akan lebih lama menyediakan frekuensi itu, mungkin bisa sampai 2020 hingga 2022,” Ujar Yulianto pada saat diskusi “Membangun Small Cell Untuk Era Industri Digital Indonesia, Jakarta, Rabu (16/09).

Dirinya juga menerangkan bahwa jaringan 5G akan dikembangkan secara bertahap yang dimulai pada tahun 2017 di beberapa negara, namun penyempurnaan dari teknologi 5G sendiri baru akan dicapai sekitar tahun 2020 dengan nama 5G Evolution. Pada masa itu, nantinya 5G bukan hanya sekedar evolusi network tetapi menjadi network society (masyarakat berjaringan).

Yulianto juga menjelaskan, bahwa NX yang digunakan sebagai teknologi radio terbaru ini akan bekerja pada spektrum 6 GHz sementara itu frekuensi terendah akan mengisi area coverage.

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, bahwa teknologi 5G ini akan memungkinkan kinerja yang saling terhubung antara manusia dengan hardware atau mengendalikan hardware melalui jaringan seperti robot.

Tentu saja hal ini akan menciptakan suatu era baru yang akan memudahkan aktivitas masyarakat luas. Baca juga Snapdragon 820 Targetkan 4G LTE Tembus Angka 600 Mbps dan Amerika Serikat Mulai Uji Coba Layanan 5G

 

 

Top