Wow, Microsoft Kucurkan Dana Rp1,3 Triliun untuk Uber!

Microsoft Kucurkan Dana Rp1,3 Triliun untuk Uber – Baru-baru ini perusahaan teknologi besar di dunia, Microsoft diketahui telah setuju menginvestasikan dananya untuk perusahaan startup teknologi paling bernilai di dunia yaitu Uber. Dikabarkan bahwa Microsoft telah resmi mengucurkan dana sebesar 100 juta dollar AS atau setara dengan nilai Rp1,3 triliun untuk aplikasi penyewa jasa transportasi Uber. Nilai tersebut digelontorkan dengan pertimbangan valuasi sekitar 50 miliar dollar AS atau setara dengan Rp674 triliun.

Microsoft Kucurkan Dana Rp1,3 Triliun untuk Uber

Seorang sumber menyatakan bahwa kedua perusahaan tersebut yakni Microsoft dan Uber telah mencapai kata sepakat pada Jumat (31/7/2015) lalu.

“Kami mengajukan izin untuk pendanaan baru ini sejak lebih dari dua bulan lalu. Pengajuan dana tersebut dibuka untuk publik. Kami tidak akan berkomentar lebih jauh untuk menanggapi spekulasi lain,” ujar juru bicara Uber, Kristin Carvell, seperti dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Senin (3/8/2015).

Sekedar informasi bersama, sebelumnya Uber memiliki nilai valuasi sebesar 40 miliar dollar AS atau sekitar Rp539 triliun. Mereka mengumpulkan dana segar dari para investor untuk memperluas jangkauan operasionalnya di seluruh penjuru dunia.

Total investasi yang mereka kantongi dari pendanaan ini pun mencapai sekitar 1 miliar dollar AS atau setara dengan Rp13 triliun. Dengan nilai valuasi 51 miliar dollar AS atau setara dengan Rp687 triliun. Microsoft yang merupakan salah satu perusahaan teknologi besar di dunia tentu saja tidak menyianyakan kesempatan ini dalam berpartisipasi mengenai pendanaan tersebut.

Tidak hanya itu, diketahui raksasa software lainnya yakni Bing teah menjual sebagian divisi pemetaannya kepada Uber. Dari penjualan tersebut, diketahui sekitar 100 orang karyawan Microsoft khusus mengenai bagian pemetaan dan analisis data pun harus pindah ke Uber.

Selain itu diketahui, kedua perusahaan juga bekerja sama mengintegrasikan Uber dengan Cortana, yakni asisten virtual andalan Microsoft yang dapat melakukan fungsi pelayanan dari Uber secara mudah dan cepat.

Apabila investasi Microsoft benar terjadi maka bisa dianggap sebagai sebuah pengakuan perusahaan besar terhadap Uber. Hal itu pun menjadi tanda bagi mereka dalam bekerja sama lebih lanjut di masa yang akan mendatang. Baca juga Sony & Blackberry Terancam Dilarang di Indonesia dan Wiko Rilis Smartphone Seri Ketiga di Indonesia.

Top