Windows IoT: Cara Windows Saingi iOS dan Android

Microsoft Kembangkan Sistem Operasi Baru Pesaing iOS dan Android – Microsoft mencoba bangkit kembali dari masa-masa suramnya, khususnya di dunia gadget dan perangkat pintar. Setelah sukses menghadirkan versi baru dari sistem operasi Windows, yakni Windows 10, perusahaan asal Amerika Serikat itu kini menyiapkan proyek baru guna merebut pasar teknologi dunia yang kini dikuasai produk-produk gadget berbasis iOS dan Android.

microsoft-kembangkan-sistem-operasi-baru-pesaing-ios-dan-android

Seperti kita ketahui, Windows 10 telah diluncurkan oleh Microsoft pada bulan Juli lalu. Sistem operasi itu akan menggantikan Windows versi lama sekaligus menyempurnakannya. Sukses dengan Windows 10, Microsoft mencoba meracik “senjata” baru dengan konsep sederhana, yaitu menghadirkan sebuah sistem operasi yang mudah digunakan.

Sistem operasi baru besutan Microsoft itu adalah Microsoft Internet of Things atau akan disebut dengan Microsoft IoT. Sistem operasi ini diklaim bisa bekerja pada berbagai macam perangkat atau gadget.

“Core menjadi kata kunci di sini,” tulis laman Fastcompany pada Selasa (18/8).

Microsoft IoT dikembangkan dengan basis atau inti yang sama dengan Windows. Namun Microsoft juga menghindari efek buruk dari hadirnya OS yang terlalu mudah dijalankan. Pada dekade 90-an yang lalu, Microsoft membuat kesalahan fatal dengan merilis OS Windows Embedded yang mudah diutak-atik oleh penggunanya.

“Windows Embedded terlalu mudah dikustomisasi oleh pembuat gadget’ ujar Tony Goodhew, Program Manager di Microsoft IoT Team.

Sebagai informasi, Windows Embedded yang ngetop pada era 90-an memang merupakan produk dasar sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft pada generasi awal. Saat itu, para pembuat gadget memang bisa mengurangi atau menambahkan fitur pad Windows Embedded secara mudah. Kekeliruan seperti itulah yang coba dihindari oleh Microsoft untuk Windows IoT.

Microsoft akan membuat Windows IoT menjadi lebih spesifik dengan circuit board yang berbeda. Konsep pengembangan Windows IoT ini mirip dengan apa yang dilakukan pada Linux.

“Kami tidak menempuh cara (mudah) itu lagi,” tambah Goodhew.

Menurut rencana, Microsoft akan membagikan OS Windows IoT secara gratis, sama seperti ketika Google merilis OS Android. Nantinya, Windows IoT akan bisa dioperasikan pada perangkat mobile maupun komputer desktop. Baca juga Microsoft Siapkan Smartphone dengan Spesifikasi Melebihi Lumia dan Mengenal Silicon Beach, Pusat Industri Teknologi Baru di AS.

Top