Terhimpit Masa Sulit, HTC Kurangi Karyawan dan Jenis Ponselnya

HTC PHK Banyak karyawan dan Angulir Berbagai Tipe Ponsel – HTC memang bukan nama asing lagi di jagad teknologi. Berbagai macam produk berkualitas pun, mereka lempar ke pasaran. Namun ternyata, produk-produk HTC dinilai tak cukup mampu bersaing. Bahkan cap plagiat pun sering mereka dapatkan. Keadaan itu mau tak mau menggiring vendor asal Tiongkok itu menjadi terhimpit dalam keadaan yang sulit. Perusahaan pun harus kembang kempis untuk sekedar menjaga laju operasioanalnya. Merasa terhimpit, akhirnya HTC memutuskan untuk melakukan PHK pada karyawannya.

HTC Kurangi Karyawan dan Jenis Ponselnya

Selain berencana untuk mengurangi jumlah karyawannya, HTC juga akan mengurangi tipe ponsel yang akan mereka rilis di 2016. Selanjutnya, hanya tipe-tipe ponsel yang dianggap potensial untuk bisnis lah, yang akan tetap mereka pertahankan.

“Pengurangan karyawan ini akan dialami oleh seluruh anggota dewan. Akan signifikan pengaruhnya terhadap perusahaan,” ujar Chialin Chang selaku kepala keuangan HTC. Pengumuman ini dilakukan setelah perusahaan tersebut melaporkan kerugian yang mereka alami di periode kuartal kedua. Tak berhenti pada kuartal kedua saja, yang lebih menyedihkan adalah ramalan soal kerugian perusahaan, yang masih akan berlanjut pada kuartal selanjutnya dan entah kapan bakal berhenti.

Sebenarnya menurut Chang, pemotongan biaya produksi dengan mengangulir tipe-tipe ponsel yang tidak memiliki prospek yang baik, akan berlaku hingga periode kuartal pertama tahun depan. Namun Chang menolak untuk memberikan informasi lebih lanjut.

Walaupun tetap meluncurkan berbagai macam tipe handset, namun sebenarnya minat pasar saham kepada HTC selama beberapa tahun ini, memang sudah merosot jauh.  Bagaimana tidak, kemerosotan terjadi bahkan hingga 51 persen. Salah satu penyebab dari hali ini adalah tidak mampunya HTC untuk bersaing dengan produk-produk canggih keluaran Samsung dan Apple. Lalu, apakah usaha HTC untuk bangkit dengan mengurangi beban karyawan dan beban produksi ini akan berhasil?Untuk yang satu itu, ternyata para pengaman membawa jawaban yang cukup menyakitkan. Menurut mereka,  HTC maswih akan terus mengalami kesulitan, setidaknya dalam empat kuarter kedepan. Wow…!

“Menurut kami, harga saham HTC akan terus mengalami penurunan dan terus mengalami kerugian,” ujar analis Calvin Huang. Hingga saat ini, HTC sendiri belum mengumumkan secara resmi, berapa jumlah karyawan mereka yang akan dirumahkan. Baca juga Asus Berencana Akuisisi HTC dan Peneliti : Data Sidik Jari Ponsel Android Rentan Dibobol.

Top