Teknologi 5G Maksimalkan Era Internet of Things (IoT)

Teknologi 5G Berperan Penting pada Era Internet of Things (IoT) – Saat ini, kita hidup pada jaman yang sudah sangat maju dimana perkembangan teknologi internet sudah sangat pesat. Kehadiran teknologi 5G pada dunia internet semakin menuju pada era (IoT) Internet of Things, dimana semua benda dapat dihubungkan dengan internet.

Teknologi 5G Maksimalkan Era Internet of Things (IoT)

Pada Intel Develper Forum 2015, semua eksekutif dan pakar industri telah menyepakati bahwa kemampuan teknologi 5G memungkinkan memberikan layanan yang lebih cepat, minimalisnya jeda waktu, serta lebih banyak lagi perangkat yang mampu terhubung dengan dunia internet.

Dengan begitu, perangkat yang telah terkoneksi dengan IoT akan dapat menjalankan fungsinya secara otomatis. Misalnya pada sebuah teknologi kulkas pintar yang mampu mendeteksi ketersediaan bahan masakan yang hampir habis. Kemudian melalui perantara internet, ia memberikan notifikasi agar pengguna segera menambah persediaan bahan masakan yang ada di dalam kulkas.

Dikutip dari detikINet.com (31/8), Aicha Evans selaku Corporate Vice President and General Manager of the Communication Intel and Device Group, memberikan keterangan bahwa teknologi 5G akan mempermudah koneksi atau dikatakannya “terhubung dan tetap terhubung”.

Aicha menuturkan, bahwa teknologi 5G ini merupakan perpaduan dari segala teknologi nirkabel. Penggabungan seluruh jaringan yang sudah ada seperti 2.5G, 3G,4G, LTE juga WiFi akan mampu mengubah cara dunia dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Karena memang pada saat ini komunikasi dunia hanya memiliki komunikasi single mode adapun komunikasi dua arah yang hanya dilakukan oleh manusia dengan manusia melalui perangkat atau alat komunikasi.

Teknologi 5G ini dimungkinkan akan menciptakan perangkat-perangkat pintar yang akan mampu saling berkomunikasi. Segala sesuatu bisa dilakukan menggunakan internet. Seperti menciptakan sistem kota cerdas, rumah cerdas, sistem otomasi industri yang semakin praktis dan canggih dan masih banyak lagi perangkat yang akan membantu manusia dalam melakukan segala aktivitas. Segala kecanggihan itu akan terhubung dengan internet secara nirkabel.

Kehadiran teknologi 5G ini akan menciptakan internet yang semakin efektif dan efisien. Karena setiap perangkat serta jaringan IoT akan memberikan segala kebutuhan manusia. Bisa dibayangkan, bagaimana perubahan dunia apabila kinerja 5G telah benar-benar maksimal. Segala sesuatu pasti akan lebih mudah, cepat dan efisien. Baca Juga Microsoft Siapkan Software Office 2016 dan Bikin Acara Misterius, Akankah Pertanda Apple Rilis Produk Baru

Top