Sering Overheat, Akhirnya Qualcomm Bicara Soal Snapdragon 810

Qualcomm : Snapdragon 810 Tidak Cepat Panas – Qualcomm akhirnya buka suara menanggapi kabar bahwa Snapdragon 810 sering overheat atau cepat panas. Beberapa hari yang lalu, para pengguna smartphone berspesifikasi tinggi seperti Xiaomi Mi Note Pro, HTC One M9, dan juga Sony Xperia Z4/Z3+, mengeluhkan mengenai chipset pada ponsel mereka yang dinilai sering cepat panas.

qualcomm-snapdragon-810-tidak-cepat-panas

Qualcomm Snapdragon 810 sendiri merupakan unit chipset flagship buatan Snapdragon. Chipset tersebut diklaim memiliki performa dahsyat dan kinerja yang lebih stabil. Namun, dalam beberapa hari terakhir, para pengguna ponsel pintar yang di dalamnya menggunakan chip Snapdragon 810 menyebut bahwa perangkat yang mereka gunakan sering mengalami overheating. Beberapa dari mereka menyebutkan bahwa penyebab overheat tersebut adalah bagian chipset yang digawangi oleh Snapdragon 810.

Demi menjaga kepuasan penggunanya, akhirnya Qualcomm sebagai pembesut chipset Snapdragon 810 memberikan klarifikasi mengenai masalah overheating yang sering terjadi pada produk chipsetnya. Qualcomm mengungkapkan bahwa masalah panas atau overheat pada Snapdragon 810 adalah sama sekali tidak benar. Keluhan mengenai panas yang berlebihan pada unit chipset Snapdragon 810 dianggap sebagai kesalahpahaman informasi saja.

“Dari sisi 810 semua support, tapi bagaimana menciptakan keseimbangan suatu produk itu yang lebih penting. Para manufaktur (OEM) mereka harus mempertimbangkan keseimbangan dari semua komponen. Di dalam prosesor kecil itu ada GPU, modem, yang ditanam di dalamnya yang dinamai SoC, yang harus dikaitkan dengan kamera, screen maupun fungsi-fungsi lain di dalam handset,” ujar Shannedy Ong, Senior Director and Country Manager Qualcoom saat ditemui awak media di sela-sela acara peluncuran OnePlus 2 di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Shannedy juga menambahkan bahwa spesifikasi pendukung yang ditanamkan oleh perakit (OEM) pada smartphone mereka juga sangat berpengaruh kepada kinerja chipset Snapdragon 810. Untuk itulah, Shannedy menegaskan, keseimbangan perangkat pendukung chipset di dalam smartphone sangatlah penting.

Saat ini chipset Qualcomm Snapdragon 810 telah digunakan oleh jajaran smartphone flagship modern, mulai dari Sony Xperia Z3+, LG G Flex 2, Xiaomi Mi Note Pro, HTC One M9, dan yang terakhir adalah OnePlus 2 yang baru saja diluncurkan. Baca juga Mediatek Luncurkan Chipset Generasi Baru Bernama X22 dan X30 dan Kyocera Hadirkan Ponsel Tahan Air Berharga Murah.

Top