Sembilan Domain Terbatas Sukses Dilelang, Salah Satunya Hingga Rp 50 Juta

Domain-domain Terbatas Ini Sukses Dilelang – Sudah menjadi rahasia umum, jika nama domain menjadi rebutan. Tak jarang sebuah perusahaan rela menggelontorkan dana yang besar, untuk sekedar membeli nama domain yang unik dan mudah diingat.  Perebutan nama domain memang sudah sangat lumrah terjadi. Bahkan tak jarang harus melibatkan merk atau perusahaan besar. Salah satu yang pernah terjadi adalah perebutan nama domain antara Walt Disney dengan pemilik toko pakaian yang di Berkshire, Inggris, Joker’s Masquerade. Toko yang menjual berbagai macam kostum bertemakan serial Star Wars, terpaksa harus menutup domain situs yang beralamatkan starwars.co.uk. Masih bicara soal nama domain, baru-baru ini berbagai nama domain terbatas di Indonesia, akhirnya berhasil dilelang. Seperti apa?

sembilan nama domain terbatas berhasil dilelang

Adalah  Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), yang baru saja selesai melelang nama domain terbatas. Adapun sembilan nama domain yang dilelang adalah 123.id, 360.id, ebox.id, golf.id, jet.id, luc.id, mlm.id, plus.id dan rfid.id. Pada periode 29 Juni hingga 31 Juli 2015, tercatat ada 69 domain terbatas. 60 diantaranya adalah domain tidak dilelang dan sembilan domain dilelang.

Secara umum, nama domain ID yang semestinya didaftarkan harus terdiri dari 5-63 karakter. Berbagai karakter yang digunakan bisa berupa huruf, angka atau gabungan huruf maupun angka. Namun, untuk nama domain terbatas ini bisa hanya memuat 2-4 karakter saja.  Menyandang predikat terbatas, maka tak heran jika nilai jualnya pun tinggi. Bahkan dari Sembilan nama yang ada,  ada yang dilelang hingga mencapai nilai Rp 50 juta, yakni jet.id. Hal itu dikarenakan hanya ada tiga pendaftar yang berminat terhadap domain tersebut.

“Karena peminatnya ada tiga pendaftar, maka dilakukan lelang, dan penawar tertinggi yang akan menang,” ujar Ketua Umum PANDI, Andi Budimansyah.

Sebelumnya, lelang domain jet.id itu dikabarkan dibuka dengan harga awal yaitu Rp 12 juta dan pembeli mendaftarkan diri melalui Indoreg.co.id. Proses lelang itu pun terus berlanjut hingga dua minggu lamanya dan berakhir di angka Rp 50 juta. Baca juga Perangkat Android Makin Bejubel, Samsung Biangnya dan Pasca Melakukan Upgrade ke Windows 10.

 

Top