Seberapa Penting Megapiksel Berpengaruh pada Ponselmu?

Besarnya Ukuran Megapiksel Bukan Hal yang Penting – Berapa megapiksel kekuatan kamera pada ponsel yang kawan Begawei miliki saat ini? Pada era yang begitu berkembang sekarang ini, kamera memang menjadi salah satu hal utama untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Maka, memiliki ponsel dengan kamera yang mumpuni, seolah menjadi keharusan. Bahkan menjadi tidak lengkap dan sangat ketinggalan zaman, ketika sebuah kamera yang tersemat pada ponsel adalah kamera yang bermutu rendah—dengan teknologi VGA misalnya.

Seberapa Penting Megapiksel Berpengaruh pada Ponselmu

Bicara soal kemampuan fotografi sebuah kamera, saat ini kamera saku pun sudah sangat tersingkir. Tergantikan oleh kamera  ponsel, dengan berbagai macam fitur yang membuat kemampuannya luar biasa. Arbain Rambey, seorang fotografer senior memprediksi, bahkan kedepannya, orang sudah tidak akan mempedulikan besarnya megapiksel pada kamera ponselnya. Mengapa?

“Ke depannya akan menurun, dalam artian resolusi kamera tidak akan tinggi. Di ponsel, kamera dengan resolusi 8 MP atau 10 MP itu sudah bagus hasilnya,” terang Arbain saat berbincang santai di Jakarta, Rabu (19/8), seperti yang dirangkum oleh CNN Indonesia.

Kebutuhan masyarakat akan fambar saat ini, memang mengalami perubahan. Saat ini, foto hanya dijadikan pajangan di ponsel tersebut atau untuk gambar latar belakang komputer. Fungsi foto memang tak “sepenting” dahulu, sebagai sebuah identitas keluarga misalnya—sehingga harus berkualitas karena akan dipampang besar-besar. Oleh karena itu menurutnya, resolusi tinggi untuk kamera ponsel ‘tidak lagi ada gunanya’ lantaran hasil jepretan bukan untuk keperluan cetak kelas premium lagi. Lagipula, resolusi yang tinggi, hanya akan membuat ponsel lemot. Jadi, megapiksel yang tinggi, tak lagi “berguna”.

Prediksi  Arbain Rambey di dunia fotografi, juga merambah hingga kebutuhan lensa pada kamera professional. Ia meramalkan bahwa nantinya, lensa lebar atau wide angle ukurannya tak lagi akan membesar. Teknologi bahkan sudah menyediakan kamera mini, namun dengan kemampuan yang sangat mumpuni. “Seperti kamera GoPro, wide angle-nya yang 170 milimeter sudah cukup. Jika ditinggikan lagi, malah jadi aneh,” ucapnya lagi. Arbain bahkan  mengaku sudah jarang menggunakan kamera SLR lagi dalam bekerja karena selain berat, ia mengatakan lebih efisien menggunakan kamera mirrorless dan ponsel pintarnya. Baca juga Ponsel Pintar Berharga Murah Semakin Menggerus Penjualan Kamera Saku dan  Asus Siapkan Smartphone Khusus Bagi Penggila Selfie.

 

Top