Qualcomm Siap Rambah Dunia Drone

Qualcomm Siap Ciptakan Prosesor Baru untuk Drone – Di tengah kepopuleran pesawat tanpa awak (drone) yang makin mendunia beberapa periode belakangan ini membuat perusahaan produsen chipset ternama asal Amerika Serikat, Qualcomm tertarik untuk memperluas sayap bisnisnya. Dimana diketahui bahwa Qualcomm berencana akan menciptakan prosesor baru khusus untuk drone.

Qualcomm Siap Rambah Dunia Drone

Rencana Qualcomm tersebut sebenarnya memang merupakan rencana jangka pendek yang akan segera diimplementasikan. Diketahui ketertarikan Qualcomm untuk merambah dunia drone dikarenakan terjadi perkembangan cukup pesat pada pasar drone mini bagi para pehobi, fotografer, videografer, dan media yang begitu menjanjikan akhir-akhir ini.

Qualcomm yang terkenal dengan chipset bernama Snapdragon tersebut bahkan telah menyatakan bahwa salah satu seri prosesor andalannya dapat menjadi otak utama dari pesawat tanpa awak untuk keperluan fotografi, navigasi hingga komunikasi.

“Satu Snapdragon 800 benar-benar dapat melakukan semua itu,” ujar Raj Talluri, selaku Senior Vice President Qualcomm, Raj Talluri seperti dilansir CNN Indonesia, Senin (24/8/2015).

Qualcomm pun yakin apabila prosesor terbaru mereka yang khusus untuk pesawat tanpa awak atau drone telah diciptakan maka akan menghasilkan harga drone mini kelas menengah yang lebih murah dibandingkan dengan harga saat ini. Sekedar informasi harga drone mini saat ini memang cukup mahal.

“Kami harus bisa membawa harga drone turun secara signifikan,” imbuh Talluri.

Meski begitu diketahui bahwa rencana Qualcomm dalam menciptakan prosesor baru khusus untuk drone ini baru akan diumumkan lebih lanjut pada bulan depan. Qualcomm pun ternyata mengklaim telah bertemu dengan sejumlah produsen drone yang memberikan contoh paket prosesor.

Selain itu Qualcomm juga berencana untuk mengakuisisi perusahaan piranti perangkat lunak penerbangan untuk mendukung peluasan strategi bisnis yang dilakukan dimasa mendatang.

Menariknya, Qualcomm mengaku telah membuat desain drone mereka yang masih dalam bentuk konsep tiga dimensi (3D). Dikatakan lebih lanjut oleh Talluri, drone yang akan diciptakan oleh Qualcomm akan mengandalkan prosesor kelas atas terbaru mereka yakni Snapdragon 820 yang telah ditanamkan pada smartphone Android flagship terbaru saat ini. Baca juga Samsung Kembangkan Tablet Android Berlayar 18.4 Inci dan Fujifilm Produksi Obat Untuk Virus Ebola.

Top