Kebanyakan Pola Kunci Smartphone Android Gampang Ditebak

Banyak Pola Kunci Smartphone Android Mudah Ditebak – Penguncian sebuah gadget yang berupa ponsel, smartphone hingga tablet merupakan suatu kewajiban apabila sedang tidak digunakan. Sebab apabila tidak dikunci ditakutkan saat dalam berada dalam kantong akan menjalankan suatu fungsi dengan sendirinya tanpa disengaja. Atau mungkin apabila tidak dalam jangkauan sang pemilik maka akan ada pihak lain yang menggunakan gadget tersebut yang dapat menimbulkan kerugian bagi pemilik. Ternyata dengan kondisi tersebut sebagian besar pengguna gadget masih belum sadar akan keamanan penguncian gagdet mereka. Terbukti bahwa sebagian besar pengguna gadget menggunakan password yang mudah ditebak seperti “123456” atau “password” untuk membuka kunci perangkat mobile mereka. Tidak hanya itu di era smartphone saat ini yang telah disediakan pola patern misalnya pada sistem operasi Android bisa disebut dengan Android Lock Patern (ALP) ternyata juga masih mudah untuk ditebak.

Pola Kunci Smartphone Android Kebanyakan Gampang Ditebak

Fakta tersebut dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Marte Loge, yang mana ia merupakan wanita lulusan Norwegian University of Science and Technology. Ia melakukan analisis terhadap 4.000 pola penguncian ALP untuk thesis gelar master miliknya. Berdasarkan analisis yang diambil dari survei didapatkan dapat bahwa 77 persen responden memulai pola dari salah satu sudut. Lalu didapatkan data lainnya yang berupa 44 persen responden memulai pola ALP dari titik kiri atas.

Setelah melakukan survei dan analisis, Marte Loge pun mempresentasikan hasil penelitian miliknya pada konferensi PasswordCons di Las Vegas. Melalui Ars Technica, Loge pun berkata, “Kami melihat ada aspek yang sama saat seseorang membuat ALP atau membuat kode PIN atau password.”

Dari survei dan analisis yang ia lakukan disimpulkan bahwa sebagian besar pola patern yang dibuat para responden hanya menggunakan 4 titik. Sedangkan pola patern yang menggunakan 8 titik adalah pola yang paling jarang digunakan. Bahkan diketahui bahwa 10 persen dari pola yang dibuat oleh responden memiliki pola bentuk huruf, seperti C,G,M,N atau L. Lebih lanjut lagi bahwa pola huruf tersebut yang digunakan oleh responden merupakan inisial dari nama orang tersayang mereka.

Nah, dengan fakta tersebut harusnya sobat Begawei harus lebih berhati hati dan selektif untuk memilih keamanan yang tepat untuk gagdet anda masing-masing. Tentu saja anda tidak ingin gagdet anda dapat diakses oleh seseorang yang tidak diinginkan bukan? Baca juga 38 Emoji Baru Akan Segera Dihadirkan dan Samsung Kembangkan Tablet Android Berlayar 18.4 Inci.

Top