Perangkat Android Makin “Bejubel”, Samsung “Biangnya”

Perangkat Android Makin Bejubel, Samsung Biangnya – Pada era teknologi tahun 2015 ini, persaingan pasar perangkat Android baik itu smartphone, tablet atau gadget lainnya memang makin pesat dan terus meningkat dari waktu ke waktunya. Dilaporkan bahwa pada tahun ini fragmentasi brand Android atau keragaman brand Android semakin meningkat signifikan. Tentu saja hal tersebut tidak lepas dari bertambahnya brand perangkat Android baru dan brand lama yang telah meluncurkan banyak perangkat Android dari kurun waktu beberapa tahun belakangan ini.

Perangkat Android Makin Bejubel, Samsung Biangnya

Sesuai informasi yang dilansir oleh laman OpenSignal, menyatakan bahwa pada tahun 2015 terdapat 24.093 macam perangkat Android yang berbeda saat mengunduh berbagai konten Android. Angka tersebut memang begitu meningkat tajam, sebab pada tahun lalu hanya terdapat 18.796 perangkat saja. Sedangkan pada tahun 2013 sebelumnya hanya terdapat 11.868 perangkat Android.

Diketahui dengan adanya inisiasi Android untuk menciptakan versi OS terbaru yakni Android M dan perangkat khusus yakni Android One memberikan pengaruh cukup besar dari peningkatan fragmentasi yang terjadi.

Menurut analisis OpenSignal pun menyatakan bahwa dengan terjadinya fragmentasi brand serta perangkat Android yang kian meningkat dan terus bertambah, tak ubahnya seperti koin dua sisi yang berbeda.

Dimana, disatu sisi hal tersebut menjadi berkah tersendiri bagi konsumen karena tersedia banyak brand dan pilihan perangkat Android yang dapat digunakan. Konektivitas perangkat lintas brand juga lebih luas dan mudah karena memiliki sistem operasi yang sama.

Namun disisi lain terdapat kerugian, sebab tiap brand Android kebanyakan cenderung memiliki sistem antar muka dan spesifikasi khas masing masing. Dengan hal tersebut maka berimbas pada banyaknya perangkat yang tidak kompatible dalam menjalankan suatu aplikasi maupun konten Android lainnya. Tentu saja hal ini akan mengganggu kenyamanan pengguna.

Meskipun saat ini fragmentasi brand maupun perangkat Android makin beragam, namun ternyata masih didominasi oleh satu brand. Brand tersebut adalah Samsung, yang menjadi perusahaan penguasa terbesar dalam perangkat Android karena memiliki varian yang sangat banyak. Dari data yang ada perusahaan teknologi asal Korea Selatan tersebut menguasai 37,8 persen pasar Android tentunya dari sisi keberagaman perangkat Android. Baca juga Data Sidik Jari Ponsel Android Rentan Dibobol dan Meizu M2 Note Resmi Hadir di Indonesia.

Top