Microsoft Sediakan Hadiah Rp 1,3 Miliar bagi Penemu Bug di Windows 10

Hadiah Rp 1,3 Miliar Siap Diberikan bagi Penemu Bug di Windows 10 – Setelah peluncuran resmi produk sistem operasi terbaru andalannya, Windows 10 beberapa saat lalu. Ternyata diketahui saat ini Microsoft tengah giat-giatnya mendeteksi mengenai adanya kelemahan atau suatu celah pada sistem operasi terbaru andalannya tersebut. Bahkan untuk memastikan tidak adanya kelemahan atau celah yang dapat menerobos keamanan maupun pertahanan Windows 10 yang baru diluncurkan tersebut Mircosoft rela memberikan hadiah uang miliaran rupiah bagi penemu bug atau celah keamanan yang ada.

Microsoft Sediakan Hadiah Rp 1,3 Miliar bagi Penemu Bug di Windows 10

Sebenarnya program ini merupakan bagian dari program Microsoft yang telah ada sebelumnya yakni Microsoft Bounty Program. Dimana perusahaan teknologi yang merupakan salah satu terbesar di dunia ini menantang para pengguna komputer untuk menemukan celah keamanan maupun pertahanan pada Windows 10 yang belum terdeteksi oleh pihak Microsoft.

Meskipun program ini telah ada pada sistem operasi sebelumnya, yang nilai hadiah sebelumnya mencapai US$ 50 ribu atau senilai Rp680 juta. Kini pada sistem operasi terbaru yaitu Windows 10, Microsoft menaikkan dua kali lipat hadiah yang ada yakni hingga US$100 ribu atau senilai Rp1,3 miliar.

Pihak Microsoft, melalui Jason Shirk, selaku arsitek keamanan dari Microsoft mengumumkan perubahan ini pada konferensi Black Hat di Las Vegas. Microsoft memang rela merogoh dana yang lebih besar demi mengantisipasi celah-celah keamanan pada Windows 10 yang belum ditemukan oleh Microsoft.

“Mempelajari exploitation techniques–keadaan dimana pengguna memanfaatkan celah software untuk melakukan hal-hal yang tidak diinginkan oleh para pengembang software–lebih dini dapat membantu kami untuk meningkatkan sistem keamanan Microsoft jauh lebih efisien, dibandingkan dengan mempelajari celah-celah Microsoft satu persatu seperti yang dilakukan pada program sebelumnya,” ujarnya.

Dengan begitu apabila para pengguna komputer yang menemukan celah keamanan dari Windows 10 terbaru dapat melaporkannya ke Microsoft langsung. Dimana jika celah tersebut memang benar-benar baru dan akan mempengaruhi keamanan serta pertahanan dari sistem operasi terbaru Microsoft maka mungkin penemu bug akan mendapatkan hadiah. Baca juga Pasca Melakukan Upgrade ke Windows 10 dan Runtastic Jadi Milik Adidas.

Top