Lenovo Akhirnya Berhasil Kalahkan Apple di Sektor PC

Lenovo Berhasil Kalahkan Apple di Sektor PC – Ambisi perusahaan teknologi asal Tiongkok, Lenovo yang memiliki target menjadi salah satu produsen komputer terbesar di dunia akhirnya mulai terasa. Dimana baru-baru ini Lenovo diketahui telah berhasil mengalahkan Apple, yang merupakan salah satu pemimpin pasar PC global. Pasar PC tersebut mencakup perangkat desktop, notebook, dan tablet. Menurut analisa Canalys, salah satu faktor penyebab melemahnya angka penjualan Apple pada sektor PC dikarenakan penurunan angka penjualan iPad beberapa periode terakhir.

Lenovo Akhirnya Berhasil Kalahkan Apple di Sektor PC

Menurut data yang dilaporkan oleh Canalys, penjualan PC Lenovo secara global di kuartal kedua tahun 2015 ini mencapai 16 juta unit. Angka penjualan tersebut memberikan sumbangan angka 15 persen dari market share global.

Sedangkan penjualan PC Apple sendiri hanya berhasil menjual 15,9 juta unit saja. Perolehan angka penjualan tersebut hanya berhasil meraup market share global senilai 14,4 persen. Penjualan yang menurun tersebut memang disebabkan oleh melemahnya penjualan iPad beberapa periode terakhir.

“iPad mewakili 70 persen dari total penjualan PC Apple pada kuartal kedua. Penjualan iPad terus menurun dari tahun ke tahun sejak penjualan puncaknya pada kuartal keempat 2013,” ujar perwakilan Canalys, sebagaimana dilaporkan The Inquirer seperti yang dilansir dari laman KompasTekno, Senin (10/8/2015) kemarin.

Dari data secara keseluruhan tersebut, menurut analisa Canalys memang terjadi penurunan minat pasar pada perangkat PC dalam beberapa periode belakangan ini. Hal tersebut dikarenakan penjualan gabungan dari semua vendor perangkat PC secara global mengalami penurunan sebesar 12 persen dari tahun sebelumnya.

Bahkan Lenovo yang mendominasi pasar PC global pun juga mengalami penurunan penjualan sebesar 5,6 persen jika dibandingkan pada kuartal kedua tahun 2014 lalu. Apalagi bagi Apple, penjualan perangkat PC secara global yang dihasilkan harus rela merosot dengan prosentase 11,1 persen.

Tidak hanya Lenovo dan Apple, pabrik perangkat PC ternama lainnya yakni HP serta Dell pun mengalami nasib yang sama pada kuartal kedua tahun ini. Namun untuk Lenovo sendiri diprediksi oleh Canalys akan selalu prima dalam menghadapi penjualan yang lesu saat ini. Baca juga Emoji Khusus Peringatan HUT RI Ke-70 dari Twitter dan Google Resmi Dibubarkan, Kini Berubah Menjadi Alphabet.

Top