Kisah Salah Satu Pendiri Apple yang Kini Membuat Android Murah

Kisah Sculley, Membuat Android Murah – Setelah dikabarkan melakukan pemecatan terhadap Steve Jobs dari kerajaan Apple, John Sculley kini mengambil alih Android dengan ponsel murah produknya. Sosok yang banyak disebut sebut sebagai antagonis ini mencoba peruntungan baru dengan membidangi peluncuran smartphone Obi Mobile.

Kisah Salah Satu Pendiri Apple yang Kini Membuat Android Murah

Setelah suskes dengan melesatnya produk Pepsi Cola dan Apple Inc, yang dilanjutkan dengan pesatnya karier sebagai ahli marketing dan entrepreneur yang paling ternama di Amerika Serikat, kini ia dikabarkan  beralih bidang dengan membelot smartphone Android murah.

Pria berusia 76 tahun yang dikenal sebagai penyuka tantangan ini memilih untuk memulai kariernya di San Fransisco dan meninggalkan segala kemewahan yang ada di New York. Hal ini dilakukannya untuk mengelola peluncuran smartphone Obi Mobile yang telah merilis produk smartphone SF1 dan SJ1,5.

Dikutip dari halaman detikINET (29/8), Sculley mengatakan “Semua bermula dari diskusi. Bagaimana dengan masa depan smartphone,” ujar Sculley dengan sorot mata yang masih berapi-api.

Didampingi oleh istrinya Diane Gibb Ploli, Sculley nampak tidak ingin membuat jarak dengan semua tamunya pada acara peluncuran smartphone Obi Mobile. Semua tamu diterima dengan antusias dan diperlakukan sebagai teman olehnya. Acaranya cukup sederhana dengan panggung yang tidak semegah acara peluncuran gadget pada umumnya.

“Saya seorang suami dan ayah untuk anak-anak kami,” kata Sculley menyapa para journalist dan tamu undangan dari berbagai benua pada saat peluncuran Obi Mobile SF1 dan SJ1,5 di Autodesk, San Francisco, California, Amerika Serikat.

Pada awal tahun 1980-an bersama dengan Steve Jobs, Sculley memulai perjalanan kariernya dalam dunia digital. Awalnya Sculley merasa tertantang oleh perkataan Steve Jobs yang memberikan pernyataan : antara menghabiskan sisa hidup dengan menjual air bersoda atau ingin mengubah dunia. Tentu saja, karena memang sebelumnya Sculley telah mampu mendominasi industri minuman bersoda dengan produk Coca Cola miliknya.

Berbagai strategi yang Sculley lakukan untuk mengangkat brand Coca Cola memang berjalan dengan mulus. Seperti yang dimulai dari iklas, riset serta kampanye minuman cola. Hingga membuat Coca Cola semakin populer dengan penggantian botol plastik dengan botol kaca yang mampu mengangkat posisinya sebagai Presiden dan CEO Pepsi Cola di usia yang cukup muda.

Setelah sebelumnya Sculley dan Jobs menjadi kongsi yang sangat dinamis dan saling mengisi, hingga akhirnya hal itu berakhir pada saat terjadi penurunan drastis pada penjualan Machintos di pertengahan 1980-an. Namun, berbagai strategi marketing yang ditawarkan Sculley kabarnya telah ditolak oleh Jobs dan Sculley menjadi termasuk salah satu pihak yang disalahkan oleh Steve Jobs.

Tidak terima dengan hal itu, Sculley yang didukung oleh Mike Markulla salah satu pendiri Apple akhirnya memecat Steve Jobs. Hal itu cukup membuat Steve Jobs merasa tertekan hingga akhirnya Jobs mulai merintis pendirian perusahaan baru ‘NeXT’ dengan modal hasil penjualan sahamnya di Apple.

Di waktu yang bersamaan Sculley semakin menerapkan ide-ide briliannya untuk mengangkat kembali penjualan Machintos yang juga membuat namanya semakin dikenal dunia sebagai tokoh marketing yang piawai dalam pemasaran. Tak puas dengan itu, Sculley juga berperan aktif dalam mendirikan smartphone murah dengan kisaran Rp 2 jutaan yaitu Obi Mobile.

Pengalaman Sculley di bidang marketing selama 4 dekade sangat membuahkan hasil. Obi Mobile berkembang dengan pesat dalam waktu singkat dan kini kembali merilis smartphone terbaru SF1 dan SJ 1,5. Dengan langkah bisnis yang begitu strategis, Apakah gebrakan baru yang akan dilakukan oleh Sculley berikutnya? Baca juga Bikin Acara Misterius, Akankah Pertanda Apple Rilis Produk Baru dan Foto HTC Aero yang Bentuknya Mirip iPhone Beredar di Dunia Maya.

Top