Keterlaluan, Drone Digunakan untuk Kirim Narkoba

Nekad Gunakan Drone untuk Kirim Narkoba ke Penjara – Drone alias pesawat tanpa awak, memang sedang menjadi primadona baru di jagad teknologi. Kemampuan yang dimilikinya memang punya banyak manfaat. Namun pemanfaatan drone yang satu ini, jelas bukanlah hal yang layak untuk dicontoh. Bagaimana tidak, pesawat tanpa awak ini justru digunakan untuk menyelundupkan narkoba. Pemanfaatan teknologi untuk sesuatu yang salah itu, terjaedi di Ohio, Amerika Serikat. Seperti apa? Begawei punya berita menariknya untuk anda.

dronedigunakan untuk mengantarkan paket narkoba

Pada kejadian yang membuat geleng-geleng kepala ini, sebuah drone dipakai untuk menyelundupkan hampir setengah pon narkoba. Parahnya lagi, tujuan pengiriman adalah ke dalam penjara. Kejadian yang memprihatinkan itu, sontak membuat kericuhan antar tahanan di Mansfield Correctional Institute. Sejumlah tahanan terlibat tawuran saat memperebutkan muatan yang dijatuhkan di tengah lapangan penjara tersebut. Memprihatinkan.

Paketan yang dibawa drone tersebut, berisi 5 ons tembakau, 2 ons marijuana, dan hampir seperempat ons heroin. Demikian seperti yangh dikatakan oleh JoEllen Smith, juru bicara Ohio Departement of Rehabilitation and Correction. Sebenarnya, kejadian memprihatinkan ini bukanlah yang pertama kali. Menurut catatan, pada tahun 2014 lalu, sebuah drone jatuh setelah menabrak tembok sebuah penjara di South Carolina. Drone tersebut membawa marijuana, tembakau dan ponsel di dalam muatannya. Kasus semacam ini sudah setidaknya sudah terjadi sebanyak tiga kali di Amerika Serikat. Demikian seperti yang dikabarkan oleh Fast Company, Kamis (5/8/2015).

Kalau kita berbicara soal drone, alangkah baiknya jika teknologi ini justru dimanfaatkan untuk hal-hal yang berguna bagi khalayak ramai. Seperti apa yang dilakukan oleh Facebook. Perusahaan milik Mark Zuckerberg itu, membesut sebuah drone, untuk misi pemerataan internet. Tak seperti pesawat tanpa awak di Ohio yang bermuatan narkoba, drone buatan Facebook itu justru mengusung sinyal WiFi. Nantinya, drone tersebut bakal dioperasikan untuk melewati berbagai wilayah, terutama yang masih belum bisa menikmati sinyal internet. Hal ini memang sesuai dengan keinginan Zuckerberg, untuk bisamengkoneksikan seluruh orangdi dunia melalui internet. Baca juga Aquila, Drone Penyebar WiFi Milik Facebook dan Seperti Apa Aturan Penggunaan Drone di Indonesia?.

Top