Ini Dia Pusat Industri Teknologi Baru di AS

Mengenal Silicon Beach, Pusat Industri Teknologi Baru di AS – Taukah anda, bahwa berbagai macam perusahaan raksasa di bidang teknologi, punya kantor yang bisa dikatakan berdekatan. Perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Facebook, Apple dan lain sebagainya, terpusat di wilayah Silicon Valley, California, Amerika Serikat. Tak heran, jika wilayah tersebut begitu tersohor. Namun saat ini, ternyta pusat industri teknologi di negeri adidaya itu, mengalami pergeseran. Sehingga, muncullah “markas” baru bagi para pelaku industri hi-tech di negeri Paman Sam itu.

Ini Dia Pusat Industri Teknologi Baru di AS

Adalah sebuah tempat usaha bernama Silicon Beach, yang sekarang mulai diramaikan oleh perusahaan-perusahaan teknologi. Mereka memang mulai bergeser dari Teluk San Francisco—lokasi Silicon Valley, ke wilayah kota Los Angeles dan sekitarnya

Berubahnya wilayah Silicon Beach menjadi markas industri teknologi, diawali dengan keberadaan perusahaan teknologi bernama VNTANA. Tempat usaha itu didirikan di komunitas pantai Santa Monica, dan menciptakan hologram, gambar tiga dimensi untuk pendidikan, pemasaran, dan hiburan. Insinyur Ashley Crowder ikut mendirikan perusahaan itu. “Pekerjaan ini dikerjakan oleh dua orang dan dibutuhkan kurang dari satu jam untuk mengeset gambar ini, yang dapat dikirim ke mana saja di dunia,” katanya.

Sistem yang diolah oleh perusahaan tersebut, memungkinkan penampilan jarak jauh secara langsung dan penyelenggaraan konser virtual. Sistim itu sifatnya interaktif dan para pengguna dapat mengontrol gambar-gambar yang diproyeksikan dengan gerakan. Selain VNTANA, banyak perusahaan lain di Silicon Beach, yang memanfaatkan kedekatan tempat itu dengan Hollywood. Dengan demikina, kita bisa menyimpulakan perbedaan utama antara Silicon Valley dangan Silicon Beach. Pusat industri tekno baru di AS itu, lebih fokus pada teknologi yang menunjang sektor hiburan.

“Kami berfokus pada dunia hiburan dan konten. Dan itulah yang benar-benar dipahami oleh masyarakat dunia hiburan,” kata Ben Conway, salah satu pendiri VNTANA.

Sektor perusahaan teknologi di Los Angeles itu menyebar dari kota ke pantai dan pinggiran kota. Para analis mengatakan besarnya sektor itu sulit diukur, karena teknologi menembus begitu banyak industri di Los Angeles, tetapi Silicon Beach menjadi pusat bagi ratusan perusahaan teknologi pemula, dan terus berkembang. Baca juga UPQ, Xiaomi dari Jepang. Seperti Apa Performanya? dan Google Patenkan Sistem Pencarian Secara Mendalam.

Top