Ingin Kalahkan Snapdragon, Mediatek Luncurkan Chipset Bertenaga 10 Core

Mediatek Luncurkan Chipset Generasi Baru Bernama X22 dan X30 – Selama ini, Mediatek memang kalah pamor jika dibandingkan dengan Qualcomm. Namun jangan salah, perusahaan perakit chipset asal Taiwan itu memiliki senjata baru guna mematahkan dominasi Qualcomm yang merajai sektor chipset smartphon lewat seri Snapdragon-nya.

mediatek-luncurkan-chipset-generasi-baru-bernama-x22-dan-x30

Seperti dilansir oleh laman Weibo pada Senin (3/8), Mediatek baru saja meluncurkan unit chipset terbaru yaitu Helio X22 dan juga X30. Kedua seri chipset terbaru racikan Mediatek tersebut akan melengkapi deretan chip terbaru milik Mediatek yang sebelumnya juga telah memperkenalkan Helio X20. Mediatek Helio X20 sendiri merupakan mobile processor pertama yang memiliki 10 core CPU.

Masih mengusung teknologi 10 core CPU, Mediatek menyiapkan Helio X22 dan Helio X30 dengan performa yang lebih dahsyat. Mediatek Helio X22 nantinya digadang-gadang akan menyempurnakan Helio X20 dengan clock speed yang lebih cepat. Sedangkan Mediatek Helio X30 menawarkan arsitektur yang lebih baru serta didukung oleh performa yang lebih baik.

Generasi baru Helio X ini memiliki kombinasi core CPU yang lebih cepat dengan core GPU yang sedikit lambat namun akan menghasilkan efisiensi konsumsi daya baterai yang lebih tinggi. Seperti halnya Exynos, Mediatek Helio X generasi terbaru disetting untuk menghasilkan performa dan kinerja yang sempurna, namun tetap hemat daya.

Karena mengusung jumlah core yang lebih banyak, Helio X terbaru pun dibagi ke dalam tiga atau empat kombinasi prosesor, bukan dua core CPU yang umum digunakan.

Untuk Mediatek Helio X30 kombinasinya adalah:

4 ARM Cortex-A72 cores berkecepatan 2.5 GHz
2 ARM Cortex-A72 cores berkecepatan 2 GHz
2 ARM Cortex-A53 cores berkecepatan 1.5 GHz
2 ARM Cortex-A53 cores berkecepatan 1 GHz

Mediatek Helio X30 sendiri akan didukung oleh GPU ARM Mali-T880 serta RAM 4 GB dan juga storage eMMC 5.1.

Sementara pengaturan Mediatek Helio X20 akan dibagi menjadi:

2 ARM Cortex-A72 cores berkecepatan 2.5 GHz
4 ARM Cortex-A53 cores berkecepatan 2 GHz
4 ARM Cortex-A53 cores berkecepatan 1.4 GHz

Mediatek Helio X20 disokong oleh GPU ARM Mali-T800 dan didukung oleh konektivitas 4G LTE serta prosesor ARM Cortex-M4 co-processor.

Namun sayangnya, hingga kini Mediatek belum merilis spesifikasi rangkaian yang digunakan pada Helio X22. Menurut rencana, Helio X30 dan HelioX22 akan diluncurkan pada awal tahun 2016. Sedangkan untuk Helio X20 akan diluncurkan pada akhir tahun ini. Baca juga Microsoft Kucurkan Dana Rp1,3 Triliun untuk Uber dan Wiko Rilis Smartphone Seri Ketiga di Indonesia.

Top