Hati-hati…! Smartphone Adalah Sarang Bakteri

Ada Belasan Ribu Bakteri di Smartphone – Apa yang ada dalam pikiran anda, jika kita bicara soal bakteri? Tempat yang kotor? Ya…! Bakteri memang identik dengan tempat-tempat yang kotor. Sebut saja toilet dan tempat sampah. Tapi ternyata, bakteri tak sekedar jadi monopoli tempat-tempat kotor. Smartphone juga merupakan lahan subur bagi perkembangbiakan banyak sekali jenis bakteri. Wow…! Hal tersebut bukan isapan jempol belaka, karena kesimpulan tersebut diambil dari hasil sebuah penelitian. Begawei punya ulasannya untuk anda.

Smartphone Adalah Sarang Bakteri

Peneliti melakukan pengujian mengenai hal tersebut,  dengan mengambil sampel 30 smartphone dan tablet yang telah digunakan sehari-hari. Barang-barang tersebut kemudian diseka menggunakan kapas,  yang telah dilumuri dengan pembersih khusus. Zat-zat yang terkandung dalam pembersih tersebut, bisa membantu untuk melihat seberapa kotor barang yang ada. Kemudian, peneliti melakukan penghitungan jumlah bakteri.

Ternyata hasilnya cukup mencengangkan. Tak tanggung-tanggung, satu tablet dapat memiliki 600 bakteri staphylococcus aureus. Itu dilihat dari kapas yang digunakan untuk menyeka (membersihkan) perangkat tersebut.

Yang lebih mengerikan lagi, pada tablet yang paling kotor, tak kurang dari 15.000 bakteri enterobacteria, bersarang pada tiap satu sekaan kapas. Namun untuk kasus tablet dan smartphone yang tidak terlalu kotor, hasilnya 8 dari 30 tablet dan 7 dari 30 smartphone, bisa memiliki 1.000 bakteri enterobacteria per satu kali seka. Lalu, apa yang menyebabkan jumlah bakteri pada gadget menjadi begitu besar?

Kebersihan menjadi satu alasan utama yang menyebabkan hal tersebut. Seperti yang kita ketahui bersama sebagian besar orang jarang membersihkan tablet atau smartphone mereka. Kalaupun dibersihkan,  kebanyakan orang  tidak melakukannya dengan benar.

Hal tersebut melatarbelakangi Corning untuk mendesain layar Gorilla Glass antimikroba untuk konsumen. Perusahaan mengklaim layar tersebut mampu membunuh hingga 99 persen bakteri di layar. Layar tersebut akan diterapkan pada smartphone ZTE Axon.

Senada dengan Corning, Microsoft juga tengah mendesain sebuah fitur yang dinamakan UV light system di perangkat pintar. Fitur tersebut secara otomatis membunuh bakteri yang ada di perangkat mobile. Mereka akan menempatkan teknologi tersebut pada generasi masa depan Lumia tablet Surface. Baca juga Aran Khanna, Mahasiswa Harvard yang  Bikin Facebook Marah dan Booming Periscope, Durasi Streamingnya Setara 40 Tahun.

 

Top