Harga Xiaomi Redmi 2 Prime dan Spesifikasi

Spesifikasi  dan Harga Xiaomi Redmi 2 Prime – Xiaomi akhirnya merilis smartphone baru sebagai generasi penerus Redmi 2. Adalah Xiaomi Redmi 2 Prime yang dihadirkan oleh perusahaan asal Tiongkok tersebut. Hadir sebagai penyempurna Redmi 2 yang menjadi salah satu ponsel Xiaomi paling laris, tentunya Redmi 2 Prime memiliki sejumlah keunggulan teknis dari saudara tuanya itu. Secara fisik, Xiaomi Redmi 2 Prime ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan Redmi 2. Baik dari ukuran tubuh maupun luas bentangan layar, smartphone Redmi 2 Prime ini memiliki spesifikasi yang serupa dengan Redmi 2 versi lama. Namun meski begitu, Xiaomi Redmi 2 Prime tetap mempunyai beberapa pembeda dengan Redmi 2. Sesuai dengan label ‘Prime’ yang ada pada dirinya, Redmi 2 Prime hadir dengan komposisi hardware yang lebih berkualitas. Jadi, meski produk ini merupakan ‘saudara kembar’ dari Redmi 2, namun kualitas Xiaomi Redmi 2 Prime masih sedikit di atas versi lamanya. Kalau begitu, ketangguhan smartphone ini seperti apa ya?

xiaomi redmi 2 prime

Seperti yang sudah Begawei singgung tadi, smartphone Android Xiaomi Redmi 2 Prime ini mengusung beberapa komponen yang secara kualitas lebih baik dari Redmi 2. Perbedaan yang pertama adalah kapasitas memori internalnya. Kali ini, Xiaomi membekali Redmi 2 Prime dengan kapasitas memori sebesar 16 GB. Selain itu, kapasitas RAM pada Xiaomi Redmi 2 Prime juga lebih besar, yakni 2 GB. Dengan begitu, Redmi 2 Prime ini memang memiliki spesifikasi sedikit di atas Redmi 2 meski sama-sama menempati segmen smartphone kelas menengah ke bawah. Menurut kabar yang beredar, Xiomi sendiri juga akan membekali Xiaomi Redmi 2 Prime dengan user interface atau fitur tampilan antar muka generasi baru, yaitu MIUI 7. Nah kabarnya, jadwal rilis MIUI 7 akan berbarengan dengan tanggal peluncuran Xiaomi Redmi 2 Prime ini, yaitu pada pertengahan Agustus 2015 ini, yaitu pada tanggal 13. Dan untuk mengetahui performa dan kualitas smartphone terbaru racikan Xiaomi ini, kami sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Xiaomi Redmi 2 Prime pada segmen-segmen berikut ini.

hp xiaomi redmi 2 prime

Review  Xiaomi Redmi 2 Prime

Visual Tajam dengan Layar 4.7 Inci Berkerapatan Tinggi

Melongok ke desainnya, spesifikasi Xiaomi Redmi 2 Prime masih mengadopsi desain yang dibawa oleh generasi sebelumnya. Melihat desainnya, tak nampak berbeda dengan smartphone kebanyakan. Sudut-sudut lengkung yang atraktif dengan pinggiran yang tak begitu besar lalu dikombinasikan dengan ukuran layar ponsel nampak memenuhi bagian depan. Masih sama dengan versi lamanya, spesies baru Xiaomi Redmi 2 Prime ini tetap hadir dengan ukuran layar 4.7 inci. Meski resolusinya rendah, hanya 720 x 1280 pixels, namun tingkat kerapatan layar jenis IPS LCD itu cukup tinggi, mencapai 312 ppi pixel density. So, secara visual Xiaomi Redmi 2 Prime ini tetap memiliki tampilan gambar yahud dan enak dipandang mata. Untuk ukuran bodinya sendiri, Redmi 2 Prime ini memiliki spesifikasi fisik dengan ukuran 134 x 67 x 9 mm serta bobot mencapai 134 gram. Hal ini akan membuat Xiaomi Redmi 2 Prime sangat nyaman digunakan karena bodinya tak terlalu besar dan berat. Kemudian seperti yang sempat Begawei singgung tadi, Xiaomi memang ditengarai akan menyematkan teknologi tampilan antar muka terbarunya, yaitu MIUI 7 pada Xiaomi Redmi 2 Prime ini. Dengan user interface terbaru itu, dipastikan visualisasi smartphone ini akan berjalan semakin menarik. Sayangnya, Xiaomi hingga kini belum mengungkap teknologi proteksi layar yang akan digunakan pada Redmi 2 Prime. Namun yang pasti, spesifikasi Xiaomi Redmi 2 Prime ini akan ditanami dengan slot dua SIM Card ( Micro-SIM) pada tubuhnya yang akan membuat kamu tak perlu menenteng dua ponsel lagi saat bepergian.

Dapur Pacu Kelas Menengah yang Bertenaga dengan Chip Snapdragon 410

Dapur pacu merupakan sektor yang mengusung perbaikan pada spesifikasi Xiaomi Redmi 2 Prime ini. Dengan begitu, maka bisa mendapatkan gambaran bahwa tenaga yang disodorkan rangkaian komponen hardware pada smartphone ini memang memiliki kualitas lebih baik dari Redmi 2. Ketangguhan Xiaomi Redmi 2 Prime ini digawangi oleh chipset Qualcomm Snapdragon 410. Di dalam chipset tersebut tersemat prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53. Meski secara kelas komponen tersebut setara dengan CPU pada Redmi 2, namun ruang dapur pacu Xiaomi Redmi 2 Prime tetap lebih bertenaga karena mendapatkan sokongan dari RAM berkapasitas 2 GB. Sedangkan untuk urusan grafis, Xiaomi mempercayakan tampilan grafis pada smartphone terbarunya ini pada kartu pengolah grafis (GPU) Andreno 306. Hal ini juga menarik karena kebanyakan smartphone kelas menengah bawah tak dibekali dengan GPU yang kualitasnya baik. Kehadiran GPU Andreno 306 pada Xiaomi Redmi 2 Prime akan membantu meningkatkan kualitas grafisnya sehingga layar akan mampu menampilkan gambar terbaik saat memainkan game ataupun menonton video. Kemudian, semua perangkat hardware pada spesifikasi Xiaomi Redmi 2 Prime tadi akan berjalan pada sistem operasi OS Android KitKat. Meski fitur KitKat tidak sekaya Lollipop, namun hal itu sudah cukup untuk menghadirkan keseruan dunia Android pada pengguna smartphone ini.

spesifikasi xiaomi redmi 2 prime

Memori Internal Ekstra Luas 16 GB

Selain lini mesin yang hadir lebih baik daripada generasi pendahulunya, spesifikasi Xiaomi Redmi 2 Prime juga hadir dengan kemajuan di sektor penyimpanan atau memorinya. Jika pada Redmi 2 hanya ada internal memori berkapasitas 8 Gb, maka pada Xiaomi Redmi 2 Prime tersedia kapasitas penyimpanan internal yang lebih besar, yakni 16 GB. Untuk ukuran perangkat kelas menengah, kapasitas tersebut tergolong sangat besar dan mampu menampung berbagai aplikasi. Apalagi, kawan Begawei masih difasilitasi dengan external memory card slot pada Xiaomi Redmi 2 Prime ini. Benar sekali, smartphone ini selain memiliki memori internal yang sudah berukuran besar, masih dilengkapi dengan slot microSD external. Spesifikasi Xiaomi Redmi 2 Prime pada bagian memori ini dilengkapi dengan slot microSD yang mampu menampung kartu memori eksternal hingga kapasitas 32 GB.

Lini Fotografi Standar Andalkan Duet Kamera 8 MP dan 2 MP

Selanjutnya kita akan membahas spesifikasi Xiaomi Redmi 2 Prime pada sektor fotografinya. Jangan samakan smartphone dengan ponsel konvensional karena kemampuannya jelas berbeda. Salah satu yang cukup menonjol adalah kemampuan di sektor fotografinya. Ponsel jadul biasanya digawangi dengan kamera VGA yang menghasilkan banyak noise pada fotonya. Hal-hal seperti inilah yang coba dihindari oleh Xiaomi Redmi 2 Prime ini. Smartphone terbaru asal Negeri Tirai Bambu ini dibekali dengan kamera utama 8 MP yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 3264 x 2448 pixels. Kamera utama pada Xiaomi Redmi 2 Prime tersebut telah dibekali dengan fitur Autofocus dan juga LED Flash. Kamera yang terletak pada sisi belakang itu juga telah dipersenjatai dengan fitur fotografi modern yang sangat lengkap, seperti geo-tagging, touch focus, face/smile detection, serta fitur HDR. Sedangkan untuk melengkapi spesifikasi Xiaomi Redmi 2 Prime, disematkan pula kamera sekunder berukuran 2 MP yang terletak di bagian depan. Jadi, meski merupakan perangkat fotografi standar, namun kualitas fotografi pada Redmi 2 Prime ini cukup bagus.

spesifikasi hp xiaomi redmi 2 prime

Koneksi Internet Gunakan Teknologi 4G LTE

Pada segmen ini, kita akan membahas spesifikasi Xiaomi Redmi 2 Prime pada sektor konektivitas data selulernya. Konektivitas menjadi hal yang begitu penting bagi sebuah smartphone. Hal ini juga sangat disadari Xiaomi. Walau hanya ditempatkan pada level gadget kelas menengah, namun Xiaomi Redmi 2 Prime di sektor konektivitas kali ini sudah mengusung teknologi terbaik guna menghadirkan akses data kencang pada penggunanya. Sebagai koneksi andalan, smartphone ini dibekali dengan jaringan utama 4G LTE. Penggunaan jaringan 4G pada Xiaomi Redmi 2 Prime ini juga menunjukkan komitmen Xiaomi yang memang berfokus untuk menyediakan gadget 4G berharga murah. Selain jaringan super cepat 4G, Xiaomi Redmi 2 Prime juga dilengkapi dengan teknologi jaringan yang lain. Mulai dari jaringan EDGE hingga HSPA. Selain lini koneksi data seluler yang lengkap, spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor konektivitas juga sudah dibekali dengan fitur-fitur pendukung lainnya, seperti; Bluetooth A2DP, slot microSD, WiFi, serta portable hotspot. Kemudian, spesifikasi Xiaomi Redmi 2 Prime pada bagian konektivitas juga telah dilengkapi dengan teknologi navigasi A-GPS dan juga GLONASS serta Beidou yang sangat bermanfaat untuk keperluan pemetaan penggunanya.

Kapasitas Baterai Cukup Besar 2.200 mAh

Terakhir, kita akan membahas Xiaomi Redmi 2 Prime 4i di sektor pemasok daya. Pada sektor ini, ternyata Xiaomi juga membekali produk terbarunya ini dengan kapasitas baterai yang cukup besar, yaitu 2.200 mAh. Meski kapasitasnya tak sebesar smartphone kelas premium, namun baterai yang tertanam di dalam Xiaomi Redmi 2 Prime ini mampu mencukupi kebutuhan dayanya. Dengan kapasitas yang lumayan besar, smartphone ini mampu bertahan hidup selama seharian penuh jika digunakan secara normal. Namun jika kawan Begawei memiliki tingkat penggunaan gadget yang tinggi, kami sarankan untuk selalu menyipakan power bank saat menggunakan Xiaomi Redmi 2 Prime sebagai partner berkualitas.  Selain memiliki kapasitas yang terhitung besar, spesifikasi Xiaomi Redmi 2 Prime di bagian baterai pun sudah menggunakan teknologi baru karena jenis baterainya merupakan jenis baterai Lithium-Polymer.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 2 Prime

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA / LTE
2G bandsGSM 900 / 1800 – SIM 1 & SIM 2
3G bandsHSDPA 900 / 2100
4G bandsLTE
KecepatanHSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps
GPRSYes
EDGEYes
Pengumuman
Pengumuman2015, August
StatusComing soon
Bodi
Dimensi134 x 67 x 9 mm (5.28 x 2.64 x 0.35 in)
Berat
SIMDual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran4.7 inches (~67.8% screen-to-body ratio)
Resolusi720 x 1280 pixels (~312 ppi pixel density)
MultitouchYes
PerlindunganTo be confirmed
– MIUI
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v4.4.4 (KitKat)
ChipsetQualcomm MSM8916 Snapdragon 410
CPUQuad-core 1.2 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 306
Memori
Card slotmicroSD, up to 32 GB
Internal16 GB, 2 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
Fitur1.4 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR
Video1080p@30fps
Kamera Depan2 MP, 720p
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, Beidou
RadioFM radio
USBmicroUSB v2.0, USB Host
Fitur
SensorAccelerometer, gyro, proximity, compass
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML5
Baterai
Li-Po 2200 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 2 Prime

Dihadirkan sebagai penerus versi Redmi 2, Xiaomi Redmi 2 Prime tampil dengan membawa sejumlah kelebihan dari versi lamanya. Salah satunya adalah kapasitas RAM 2 GB dan memori internal 16 GB yang lebih besar dari Redmi 2. Sedangkan catatan minus pada smartphone ini adalah resolusi layarnya rendah, meski akhirnya mampu ditutupi dengan kerapatan yang cukup tinggi. Nah untuk mengetahui kelebihan Xiaomi Redmi 2 Prime dan kekurangan Xiaomi Redmi 2 Prime, kami sudah merangkum semuanya dalam tabel berikut ini:

Kelebihan Xiaomi Redmi 2 Prime
  • Layar 4.7 inci cukup luas
  • Tingkat kerapatan layar mencapai 312 ppi
  • Tampilan antarmuka MIUI
  • Dimensi bodi tak terlalu bongsor
  • Chip menggunakan Snapdragon 410
  • GPU Andreno 306
  • Internal memory 16 GB
  • Sudah menggunakan jaringan 4G LTE
Kekurangan Xiaomi Redmi 2 Prime
  • Resolusi layar hanya 720 x 1280 pixels
  • OS masih Android KitKat
  • Kamera hanya 8 MP dan 2 MP

Harga Xiaomi Redmi 2 Prime

Tak terasa, sekarang kita telah sampai pada pembahasan harga Xiaomi Redmi 2 Prime ini. Namun, sebelum Begawei menginformasikan kisaran harga resminya, kami akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai Xiaomi Redmi 2 Prime yang baru saja kita bahas tadi. Meski hanya gadget kelas menengah, namun siapa sangka smartphone terbaru racikan Xiaomi ini memiliki spesifikasi yang terhitung tangguh dan tentunya berkualitas. Komponen tangguh berupa chip Snapdragon 410 yang yang terdiri dari CPU Quad-core 1.2 GHz serta didukung oleh RAM 2 GB, dipastikan akan memberikan kinerja tangguh pada ponsel pintar ini. Komponen mesin itulah yang sedikit banyak akan mempengaruhi harga Xiaomi Redmi 2 Prime di pasaran, selain beberapa hardware tangguh pada lini fotografi serta layarnya. Dengan komposisi spesifikasi seperti itu, kira-kira harga Xiaomi Redmi 2 Prime ini berapa ya?

harga xiaomi redmi 2 prime

harga xiaomi redmi 2 prime terbaru

Jika melihat spesifikasi yang lebih baik dari Redmi 2, maka banderol harga Xiaomi Redmi 2 Prime ini dipastikan juga akan lebih mahal dari Redmi 2. Sebelumnya, Redmi 2 dilepas ke pasaran dengan harga sekitar Rp 1,3 jutaan. Nah kali ini, kemungkinan besar harga Xiaomi Redmi 2 Prime akan berada pada level Rp 1,4 jutaan hingga Rp 1,6 jutaan. Harga Redmi 2 Prime memang akan lebih mahal dari Redmi 2 generasi awal. Hal ini bisa terjadi karena Xiaomi Redmi 2 Prime memiliki ‘jeroan’ yang lebih baik, seperti yang sudah Begawei singgung tadi. Untuk pasar smartphone kelas menengah bawah di Indonesia, banderol harga Xiaomi Redmi 2 Prime itu memang terasa wajar karena banyak produk lain dengan spesifikasi setingkat yang dijual dengan banderol harga hampir sama.

Harga Xiaomi Redmi 2 Prime
Sekitar Rp 1.400.000,- s/d Rp 1.600.000,-

Kisaran harga Xiaomi Redmi 2 Prime yang masuk level menengah ini juga akan menjadi pesaing serius bagi kompetitornya. Selain akan bersaing dengan ‘kakaknya’ sendiri, yakni Redmi 2, smartphone ini juga akan menjadi pesaing bagi jagoan-jagoan baru Asus Zenfone 2 Laser series yang sebentar lagi juga akan segera dirilis. Berbekal harga Xiaomi Redmi 2 Prime yang tak terlalu mahal dengan spesifikasi yang cukup baik, kami rasa ponsel terbaru dari Xiaomi ini akan meneruskan kegemilangan Redmi 2 yang sangat laris di pasaran. Selain itu, daya jual Xiaomi Redmi 2 Prime juga akan ditolong oleh semakin menguatnya brand Xiaomi di pasar gadget dunia, termasuk di Indonesia. So, siap menebus harga Xiaomi Redmi 2 Prime ini? Baca juga review Begawei mengenai Xiaomi Redmi 2 dan Meizu M2 Note.

  • Raafi Rezkia (R2P)

    Klo boleh nanya bagusan xiaomi redmi 2 atw yg prime?

    • Niko

      ya prime lah

      • dinudin

        Lha yg bner mana nih..xiomi redmi 2 prime klo tdk sesuai speak yg tertera pd label kardusnya..mohon di kembalikan kpd toko saat anda membeli…siapa tau kita di tipu sm penjualnya…

        • Muhammad Pranaditta

          kalo ragu gausah beli gan,
          emang namanya xiaomi tu untung2an, kadang bisa dpt perfec,t kadang biasa, kadang malah kurang pas.
          tapi saya beli dan hasilnya memuaskan

  • faraz

    Wah baru tau saya ada yg prime nya,rugi dah beli yg xiomi redmi 2s dg harga 1,7

  • Oka

    Saya nyesal beli resmi 2 prime. Katanya internal 16gb. Saat di cek cm 13.5gb. Ram 2gb yg bs digunakan cm 1gb. Kamera depan 2mp tp hasil foto setara kamera VGA, kamera blkg katanya 8mp hasil jepret pakai flash setara 1mp. ( asli warna orange setelah di foto jadi kuning.) penipuan atw gmna nih…

    • toni

      Asli itu mba tadi nya saya mau beuli xiomi 2 prime tapi denger keluhan dari mba ini saya jadi ragu

    • rizal

      bisa jadi anda d tipu saat membeli
      saya pake redmi 2 prime, tapi hasil foto nya bener2 bagus..

    • Ayu

      Iya saya juga 13,57GB, tp berfungsi dgn bagus, kamera, kecepatan, penyimpanan gada masalah. Tp pas di tentang ponselnya memang 16GB

      • http://Aiiez.com

        dmana2 smua hp jg internal.a gabakalan pas ama spek misal.a 16gb pasti kepotong buat system haduhhh nora kya bru megang android

    • jak

      mungkin xiaomi yg di bli mbak kw

    • robi

      Itu ke mungkin, pnya saya bagus aju tuhh

  • ale verdy

    oka : beli dimana hpnya? dimana mana emang kapasitas hp ga bakal full 16 gb pasti kepotong buat system.. teman saya pakai hp ini fine aja kamera belakang sama depan bagus

  • Janatun Solikah

    aq punya redmi 2 prime.. tolong dong gimana cara hapus aplikasinya.. kok ga bisa d hapus

Top