Harga Samsung Galaxy S5 Neo dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S5 Neo – Samsung akhirnya kembali memunculkan seri terbaru dari seri Galaxy S5. Sebelumnya, versi terakhir dari Samsung Galaxy S5 adalah Galaxy S5 Plus dan juga Galaxy S5 Mini. Nah kali ini, perusahaan raksasa asal Korea Selatan itu memperkenalkan Samsung Galaxy S5 Neo sebagai keluarga baru Galaxy S5. Sebagai penerus kesuksesan seri-seri S5 seperti Galaxy S5 Active, Galaxy S5 Plus dan juga Galaxy S5 Mini, Samsung Galaxy S5 Neo ini pun dibekali dengan spesifikasi kelas atas guna memberikan jaminan performa tangguh kepada penggunanya. Pada produk barunya ini, Samsung seolah mengikuti trend yang berkembang saat ini, yaitu smartphone berlayar lebar dengan daya tahan fisik yang tangguh. Berbicara soal daya tahan fisik, Samsung Galaxy S5 Neo ini memang memiliki daya tahan fisik yang sangat luar biasa. Hal ini tak lepas dari layar jenis AMOLED yang tersemat padanya. Kita tentu sudah sangat paham dengan kualitas layar AMOLED. Dahsyatnya lagi, Samsung pun membekali Samsung Galaxy S5 Neo ini dengan sertifikat IP67 serta teknologi water resistant yang akan membuatnya tahan terhadap air dan juga debu.

samsung galaxy s5 neo

Selain menawarkan kekuatan fisik yang luar biasa, Samsung Galaxy S5 Neo ini juga dibekali dengan jantung dapur pacu yang cukup tangguh. Pada ruang kendalinya, Samsung membekali handset Android terbarunya ini dengan komponen hardware kelas atas. Pada bagian central processing unit (CPU), Samsung Galaxy S5 Neo ditanami prosesor Octa-core 1.6 GHz dengan dukungan chipset Exynos Core. Sebagai informasi, chipset Exynos ini merupakan unit chipset yang dikembangkan secara mandiri oleh Samsung. Kehadiran chipset Exynos pada Samsung Galaxy S5 Neo ini juga menandakan keseriusan Samsung untuk lepas dari bayang-bayang Qualcomm. Selain itu, smartphone ini juga mengusung duet kamera 16 MP dan juga 5 MP yang menggawangi lini fotografinya. Bagaimana? Sudah tak sabar membedah smartphone ini lebih dalam? Nah untuk lebih jelasnya, kami sudah menyiapkan ulasan lengkapnya mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy S5 Neo pada segmen-segmen di bawah ini.

hp samsung galaxy s5 neo

Review Samsung Galaxy S5 Neo

Smartphone Berlayar AMOLED dengan Sertifikasi Tahan Air dan Debu

Walaupun sempat mendapatkan berbagai kritikan karena desain ponsel yang itu-itu saja, namun nyatanya Samsung tetap mempertahankan desain khasnya, termasuk pada spesifikasi Samsung Galaxy S5 Neo ini. Samsung percaya bahwa dengan desain khas ala Samsung yang dipadukan dengan spesifikasi kelas atas, maka produk-produknya tak akan luput dari perhatian pengguna gadget. Bicara soal desain, Samsung Galaxy S5 Neo masih hadir dengan bentang layar yang sama dengan versi Galaxy S5 standar, yakni berlayar 5.1 inci. Dengan ukuran tersebut, maka dimensi yang terbentuk adalah 142 x 72.5 x 8.1 mm dengan bobot 142 gram, sedikit lebih kecil dan ringan dibandingkan Galaxy S6. Tak sekedar menawarkan desain yang aduhai dengan satu pilihan warna hitam yang elegan, Samsung Galaxy S5 Neo juga dibekali dengan ketahanan fisik yang maksimal karena memiliki sertifikasi IP67. Sertifikasi yang satu ini membuat Samsung Galaxy S5 Neo tahan terhadap air dan debu. Ponsel ini akan kuat jika kawan Begawei masukkan ke dalam air selama 30 menit dengan kedalaman maksimal 1 meter. So, kamu tak perlu khawatir ketika secara tidak sengaja Samsung Galaxy S5 Neo ini terciprat air. Menakjubkan bukan? Tapi tunggu dulu. Keunggulan fisik Galaxy S5 Neo juga terlihat pada spesifikasi layar yang digunakannya. Layar yang digunakan untuk membesut perangkat ini adalah layar berjenis Super AMOLED Capacitive Touchscreen. Layar pada Samsung Galaxy S5 Neot ini memungkinkan pengguna tetap bisa menangkap apa yang ada pada layar meskipun dilihat dari sudut 180 derajat. Selain itu, tingkat kecerahannya pun mencapai 20% lebih cerah, namun tetap bisa menghemat daya. Layar pada Samsung Galaxy S5 Neo tersebut juga merupakan tipe layar berkualitas tinggi karena resolusinya mencapai 1080 x 1920 pixels. Tampilan visual pada smartphone ini juga semakin menawan karena tingkat kerapatan layarnya mencapai 432 ppi pixel density. Namun sayangnya, spesifikasi Galaxy S5 Neo pada bagian layarnya belum menggunakan sistem proteksi layar yang tangguh layaknya Corning Gorilla Glass.

Dapur Pacu Kelas Atas Berintikan Prosesor Exynos Octa-core 1.6 GHz

Sekarang saatnya kita membedah spesifikasi Samsung Galaxy S5 Neo pada bagian jantung dapur pacunya. Sebagai bagian dari keluarga Galaxy S5 yang terkenal tangguh, pastinya Samsung Galaxy S5 Neo ini juga membawa bekal hardware berkualitas tinggi. Performa kelas atas memang menjadi jaminan ponsel terbaru lansiran Samsung ini. Pada ruang dapur pacunya, Samsung Galaxy S5 Neo ditanamai chipset Exynos yang memiliki jumlah core (inti) CPU sebanyak delapan inti atau Octa-core. Clock speed prosesornya pun juga sangat tinggi, yakni 1.6 GHz. Soal penggunaan chipset Exynos, seperti yang sudah Begawei singgung pada bagian awal tadi, hal ini memang merupakan upaya menghadirkan smartphone yang ‘Samsung banget’, termasuk Samsung Galaxy S5 Neo ini. Selain itu, Samsung pun juga menanamkan sistem operasi Android OS Lollipop pada produk barunya ini. Namun sayangnya, hingga kini Samsung belum mengungkap jenis GPU yang digunakan. Satu yang pasti, spesifikasi Samsung Galaxy S5 Neo pada bagian dapur pacu ini akan disupport oleh RAM berkapasitas 2 GB.

spesifikasi samsung galaxy s5 neo

Memori Internal Berkapasitas 16 GB

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi Samsung Galaxy S5 Neo pada bagian ruang penyimpanan data atau file-nya. Kapasitas penyimpanan memori yang ada pada Samsung Galaxy S5 Neo lebih tinggi daripada pendahulunya yaitu Samsung Galaxy S4 Active. Kali ini, Samsung membekali Galaxy S5 Neo dengan kapasitas memori mencapai 16 GB. Kombinasi memori ROM 16 GB dengan RAM 2 GB pastinya akan berjalan sangat lancar, termasuk jika kawan Begawei ingin menyimpan file-file berukuran besar. Selain kapasitas memori internal yang besar, Samsung Galaxy S5 Neo juga masih dilengkapi dengan slot external memory yang bisa digunakan untuk mengekaspansi ruang storage-nya. Benar sekali, spesifikasi Galaxy S5 Neo pada bagian memori ini dilengkapi dengan slot microSD yang mampu menampung hingga kapasitas 128 GB.

Duet Kamera 16 MP dan 5 MP Jadi Andalan Lini Fotografi

Selain memiliki performa kecepatan dan kapasitas yang tinggi, spesifikasi Samsung Galaxy S5 Neo juga tidak kalah pada kemampuan fotografinya. Lini fotografi pada smartphone ini dilengkapi dengan kamera belakang yang memiliki resolusi sebesar 16 MP dengan dukungan fitur LED Flash, geo-tagging, serta touch focus. Kamera utama pada Samsung Galaxy S5 Neo itu mampu menghasilkan jepretan foto beresolusi maksimal 5312 x 2988 pixels. Selain mampu menghasilkan jepretan foto yang keren, kamera yang terletak pada sisi belakang Samsung Galaxy S5 Neo itu juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas HD beresolusi 1080 piksel. Sebagai pelengkap sektor fotografinya, Samsung pun menyematkan kamera sekunder berukuran 5 MP pada Galaxy S5 Neo ini. Kamera sekunder pada spesifikasi Samsung Galaxy S5 Neo ini bisa digunakan untuk selfie ataupun melakukan video call.

spesifikasi galaxy s5 neo

Koneksi Data Gunakan Teknologi LTE

Salah satu amunisi yang bisa diandalkan pada spesifikasi Samsung Galaxy S5 Neo adalah kelengkapan konektivitasnya. Untuk yang stu ini, Galaxy S5 Neo mengandalkan koneksi 4G LTE sebagai jaringan terdepannya. Dengan menggunakan jaringan 4G pada smartphone ini, kawan Begawei bisa meraih kecepatan akses mencapai 300 Mbps untuk download. Sedangkan untuk upload, Samsung Galaxy S5 Neo bisa dipacu hingga mencapai kecepatan 50 Mbps. Selain jaringan utama 4G LTE, ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan pilihan jaringan lainnya, mulai dari jaringan 2G hingga 3G HSPA. Untuk jaringan HSPA, Samsung Galaxy S5 Neo ini bisa meraih kecepatan maksimal hingga 42.2 Mbps. Tak hanya soal koneksi internet saja, kelengkapan fitur juga menjadi andalan Samsung Galaxy S5 Neo ini. Pada smartphone ini juga sudah tersemat fitur-fitur macam Bluetooth v4.1, NFC, WiFi, dan juga WiFi Direct dan hotspot. Spesifikasi Galaxy S5 Neo pada sektor konektivitas juga telah dibekali dengan fitur navigasi A-GPS dan juga GLONASS.

Kapasitas Baterai Ekstra Besar 2.800 mAh

Spesifikasi Samsung Galaxy S5 Neo yang gesit dan tangguh pada fisik dan mesinnya tentu kurang lengkap dengan tanpa adanya tenaga baterai yang memadai. Baterai yang digunakan dalam Samsung Galaxy S5 Neo ini adalah baterai tipe Li-Ion berkapasitas 2800 mAh. Baterai ini memiliki kemampuan stand-by pada jaringan 3G hingga mencapai 480 jam. Hal ini tentunya akan membuat kawan Begawei merasa nyaman untuk membawa Samsung Galaxy S5 Neo beraktivitas di luar rumah. Jika melihat spesifikasi mesin dan layarnya, sebenarnya komponen hardware pada smartphone ini merupakan komponen yang cukup hemat daya. Sedikit catatan pada spesifikasi Samsung Galaxy S5 Neo di bagian baterai mungkin hanya terletak pada jenis baterainya yang masih menggunakan tipe Lithium-Ion, bukan Lithium Polymer seperti pada produk kelas atas lainnya.

Spesifikasi Samsung Galaxy S5 Neo

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA / LTE
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bands HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G bands LTE
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
Pengumuman
Pengumuman 2015, August
Status Coming soon. Exp. release 2015, August
Bodi
Dimensi 142 x 72.5 x 8.1 mm (5.59 x 2.85 x 0.32 in)
Berat 142 g (5.01 oz)
SIM Micro-SIM
– IP67 certified – dust and water resistant
– Water resistant up to 1 meter and 30 minutes
Layar
Tipe Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 5.1 inches (~69.6% screen-to-body ratio)
Resolusi 1080 x 1920 pixels (~432 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Dapur Pacu
OS Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
Chipset Exynos Octa
CPU Octa-core 1.6 GHz
Memori
Card slot microSD, up to 128 GB
Internal 16 GB, 2 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang 16 MP, 5312 x 2988 pixels, autofocus, LED flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, HDR
Video 1080p@30fps
Kamera Depan 5 MP
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.1, A2DP, EDR, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
NFC Yes
Radio FM radio
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor Accelerometer, gyro, proximity, compass
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Baterai
Li-Ion 2800 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S5 Neo

Hadir sebagai penerus kejayaan generasi Galaxy S5, pastinya kali ini Samsung Galaxy S5 Neo mengusung spesifikasi kelas wahid layaknya versi S5 yang lain. Salah satu unggulan utama smartphone ini adalah fisiknya yang kuat karena tahan air. Selain itu, layar pada smartphone ini juga memiliki sertifikat IP67. Sedangkan untuk catatan minusnya hampir tidak ada. ‘Cacat’ smartphone ini mungkin hanya jenis baterainya yang masih menggunakan tipe Lithium-Ion. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami hadirkan kelebihan Samsung Galaxy S5 Neo dan kekurangan Samsung Galaxy S5 Neo:

Kelebihan Samsung Galaxy S5 Neo
  • Layar cukup luas 5.1 inci
  • Resolusi layar tinggi, mencapai 1080 x 1920 pixels (432 pixels)
  • Tipe layar AMOLED
  • CPU Octa-core 1.6 GHz
  • OS Android v5.1.1 Lollipop
  • Kapasitas RAM 2 GB
  • Kamera utama 16 MP
  • Jaringan data sudah menggunakan teknologi 4G LTE
  • Kapasitas baterai mencapai 2.800 mAh
  • Sertifikasi layar IP67
  • Fisik tahan air dan debu
Kekurangan Samsung Galaxy S5 Neo
  • Chip Exynos belum familier
  • Kamera depan hanya 5 MP, sementara kamera belakang 16 MP
  • Perlindungan fisik tangguh, tapi layar tanpa sistem proteksi khusus
  • Baterai masih tipe Lithium-Ion

Harga Samsung Galaxy S5 Neo

Itulah keistimewaan-keistimewaan pada ponsel kelas atas Galaxy S5 Plus ini. Benar-benar menunjukkan spesifikasi yang tangguh bukan? Namun review ini menjadi belum lengkap apabila kita belum mengetahui harga Samsung Galaxy S5 Neo yang menurut rencana akan dirilis pada Agustus 2015 ini. Jika menilik spesifikasi mesinnya, smartphone ini memang pantas berdiri pada level menengah ke atas. Samsung Galaxy S5 Neo memang menyajikan performa menawan berkat kehadiran prosesor Quad-core 1.6 GHz dan juga RAM 2 GB. Selain itu, kisaran harga Samsung Galaxy S5 Neo juga dipengaruhi oleh daya tahannya yang sangat luar biasa karena memiliki sertifikat IP67. Selain itu, kualitas lini fotografi yang mengandalkan kamera utama 16 MP pun akan berpengaruh juga pada banderol harga Samsung Galaxy S5 Neo di pasaran.

harga samsung galaxy s5 neo

harga galaxy s5 neo

Sesuai informasi yang Begawei dapatkan, banderol harga Samsung Galaxy S5 Neo ini adalah sekitar 440 euro, atau sama dengan Rp 6,1 jutaan. Wah, mahal banget ya? Memang. Kisaran harga Samsung Galaxy S5 Neo ini memang masuk kategori ‘sangat mahal’ karena di dalamnya tersemat berbagai hardware kelas atas. Apalagi, smartphone terbaru racikan Samsung ini memiliki daya tahan fisik yang sangat kuat. Jika dibandingkan dengan harga seri S5 lainnya, banderol harga Samsung Galaxy S5 Neo ini sebenarnya menjadi yang paling murah. Sebagai pembanding, Samsung melepas Galaxy S5 Active dengan harga Rp 8,3 jutaan. Sementara Galaxy S5 Plus dibanderol dengan harga sekitar Rp 8 jutaan. Menurut Begawei, banderol harga Samsung Galaxy S5 Neo di atas memang merupakan harga terbaik, karena secara spesifikasi smartphone ini sedikit di bawah S5 Active dan S5 Plus.

Harga Samsung Galaxy S5 Neo
Sekitar Rp 6.100.000,-

Meski secara kualitas di bawah seri Galaxy S5 lainnya, namun performa Galaxy S5 Neo tak bisa dianggap remeh. So, dengan harga Samsung Galaxy S5 Neo yang cukup mahal di atas, kawan Begawei juga akan mendapatkan performa yang sepadan. Jika bandingkan dengan harga smartphone non-Samsung, maka harga Galaxy S5 Neo ini termasuk yang paling mahal untuk segmen kelas menengah ke atas. Sebagai contohnya, ZTE Nubia My Prague dilepas dengan banderol harga sekitar Rp 4,9 jutaan. Harga tersebut lebih murah dari Samsung Galaxy S5 Neo meski spesifikasinya satu level. Kesimpulannya, spesifikasi dan banderol harga Samsung Galaxy S5 Neo ini cocok bagi kawan Begawei yang menginginkan smartphone tangguh dan memiliki daya tahan fisik mumpuni, selain tentunya fans berat Samsung. Baca juga review Begawei lainnya mengenai Galaxy S5 Plus dan ZTE Nubia My Prague.

Top