Harga Samsung Galaxy S4 Mini dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S4 Mini – Persaingan sengit vendor-vendor smartphone Asia terus berlanjut. Setelah sebelumnya kita membahas Sony yang baru saja memperkenalkan duet Xperia M5 dan juga C5 Ultra, sekarang kita akan mengulas produk baru yang berasal dari seteru Sony, siapa lagi kalau bukan Samsung. Seakan tak mau kalah dengan Sony, Samsung pun menghadirkan lagi satu produk barunya. Kali ini yang menjadi senjata Samsung adalah Samsung Galaxy S4 Mini yang merupakan versi downgrade dari Galaxy S4. Embel-embel ‘mini’ yang tertera di belakangnya pasti mengindikasikan bahwa smartphone tersebut akan membawa kualitas Galaxy S4, tapi versi minimalisnya. Mendengar nama Samsung Galaxy S4 Mini, janganlah kawan Begawei kecewa dulu. Kecewa karena hanya merupakan versi downgrade? Jangan sampai! Meski Samsung Galaxy S4 Mini hanya merupakan versi terbawah dari Galaxy S4, namun dengan nama besar Samsung yang meraciknya bisa dipastikan bahwa ponsel tersebut memiliki kualitas yang patut diperhitungkan. Seri Galaxy S4 sebenarnya sudah menghilang sejak dua tahun yang lalu. Kini, setelah vakum selama dua tahun, Samsung mencoba menghidupkan kembali seri Galaxy 4 lewat Samsung Galaxy S4 Mini ini.

samsung galaxy s4 mini

Mengusung nama besar Galaxy S4 yang dulu sempat sukses, pastinya Samsung Galaxy S4 Mini tak bisa dipandang sebagai ponsel pintar sembarangan. Jaminan performa tangguh khas Samsung sudah pasti ada pada smartphone ini. Meski hanya mengandalkan prosesor Quad-core 1.2 GHz yang menggawangi ruang dapur pacunya, namun dari segi performa sebenarnya Samsung Galaxy S4 Mini tak kalah dengan ponsel lain di kelas yang sama. Selain itu, smartphone ini juga sudah menggunakan teknologi jaringan data 4G LTE yang akan menyajikan akses internet secepat kilat. Tak berhenti sampai di sini, Samsung Galaxy S4 Mini juga mengusung layar seluas 4.3 inci dengan resolusi 540 x 960 pixels. Meski resolusinya tergolong rendah, namun dengan luas layar mencapai 4.3 inci kawan Begawei bisa mendapatkan tampilan visual yang puas dan lega. Bagaimana? Sudah tak sabar untuk membedah smartphone ini lebih lanjut? Yuk kita bedah spesifikasi dan harga Samsung Galaxy S4 Mini ini di segmen-segmen berikut ini!

hp samsung galaxy s4 mini

Review Samsung Galaxy S4 Mini

Desain Elegan Khas Samsung Dengan Dukungan Layar AMOLED 4.3 Inci

Pada situs resminya, Samsung menyebut desain Galaxy S4 Mini sebagai ‘minimal design for enjoyable use’. Secara fisik, spesifikasi Samsung Galaxy S4 Mini memang tergolong kecil karena memiliki ukuran tubuh sebesar 124.6 x 61.3 x 8.9 mm dengan bobot 107 gram. Kesan minimalis pada Galaxy S4 Mini juga semakin terlihat jelas pada layarnya. Ukuran layar Samsung Galaxy S4 Mini ini hanya seluas 4.3 inci, meski sebenarnya ukuran tersebut cukup lebar untuk smartphone kelas menengah. Walaupun hanya berukuran 4.3 inci, namun layar tersebut mampu menciptakan tampilan visual yang lega kepada penggunanya. Selain itu, jenis layar yang digunakan pada Samsung Galaxy S4 Mini ini merupakan jenis layar Super AMOLED yang biasa digunakan pada ponsel pintar kelas premium. Sudah tahu kualitas layar AMOLED kan? Jadi, meski resolusi dan tingkat kerepatannya rendah, hanya 540 x 960 pixels dengan kerapatan 256 ppi, namun karena layarnya adalah Super AMOLED maka kualitas visualnya pun akan cukup baik. Namun sedikit catatan mengenai layar Samsung Galaxy S4 Mini ini. Karena jenis layarnya yang bermutu tinggi, dipastikan konsumsi daya pada smartphone ini juga akan tinggi. Selanjutnya, meski belum diumumkan secara resmi, ada kemungkinan besar bahwa spesifikasi Galaxy S4 Mini pada bagian layar akan disematkan pula sistem proteksi sekelas Corning Gorilla Glass guna melindungi layar berkualitas tinggi tadi.

Dapur Pacu Kelas Menengah Andalkan Prosesor Quad-core 1.2 GHz

Seperti yang sudah Begawei singgung di awal review, performa Galaxy S4 Mini tetaplah tangguh meski hanya versi turunan dari Galaxy S4. Spesifikasi Samsung Galaxy S4 Mini memang memiliki kualitas untuk menampilkan performa yang tangguh. Hal ini tak lepas dari penggunaan komponen-komponen yang disematkan pada Samsung Galaxy S4 Mini memang memiliki kualitas yang cukup baik. Masih setia dengan prosesor Quad-core 1.5 GB sama seperti generasi awalnya, kinerja Galaxy S4 Mini diperkuat oleh chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410. Racikan hardware yang ada pada Samsung Galaxy S4 Mini ini akan mendukung kemampuan multitasking dan juga juga operasionalnya. Guna semakin meningkatkan performanya, Samsung pun menyematkan RAM berkapasitas 1.5 GB. Sedangkan untuk masalah grafis, Samsung menyerahkan sepenuhnya urusan grafis pada GPU Andreno 306. Hasil kolaborasi antara GPU Andreno 306 dan RAM 1.5 GB pada Samsung Galaxy S4 Mini menghasilkan tampilan grafis yang cukup halus dan memanjakan mata. Sebagai sajian penutup di sektor dapur pacu, Samsung melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy S4 Mini di ruang dapur pacu dengan sistem operasi Android OS KitKat. Meski masih di bawah Lollipop, namun OS pada Galaxy S4 Mini ini merupakan suatu peningkatan mengingat Galaxy S4 versi lama menggunakan OS Android Jellybean.

spesifikasi samsung galaxy s4 mini

Storage Internal 8 GB Didukung External Memory Hingga 64 GB

Sekarang saatnya kita membahas spesifikasi Samsung Galaxy S4 Mini pada ruang penyimpanan datanya. Pada sektor ini, Samsung masih mengusung spesifikasi yang sama dengan Galaxy S4 versi lama. Samsung Galaxy S4 Mini masih dibekali dengan memori internal seluas 8 GB. Untuk smartphone kelas menengah ke bawah, memori internal seluas 8 GB memang sudah jamak digunakan. Ruang seluas 8 GB pada Samsung Galaxy S4 Mini itu sebenarnya sudah cukup untuk menampung keperluan file dalam sistem serta mampu mewadahi file-file pribadi penggunanya. Namun jika pengguna smartphone ini memiliki file atau aplikasi yang berukuran besar, spesifikasi Galaxy S4 Mini pada ruang memori juga dilengkapi dengan slot microSD yang bisa menampung kartu external memory hingga kapasitas 64 GB.

Kamera Standar 8 MP dan 1.9 MP

Salah satu yang membuat handset-handset Samsung menjadi berkasta tinggi, adalah keberadaan kamera berkualitas. Begitu pula yang ada pada spesifikasi Samsung Galaxy S4 Mini ini. Bagian utama pada sektor fotografinya dimotori oleh kamera beresolusi 8 MP yang bersanding dengan teknologi LED flash. Dalam rilisnya, Samsung menulis bahwa kamera utama pada Samsung Galaxy S4 Mini tersebut mampu membuat kawan Begawei menikmati hasil jepretan foto dan rekaman video dengan detail keindahan yang maksimal. Kualitas fotografi pada Samsung Galaxy S4 Mini tak lepas dari resolusi kamera utamanya yang mencapai 3264 x 2448 pixels. Dengan dukungan LED Flash, kawan Begawei juga akan lebih mudah untuk mengambil foto di tempat-tempat minim cahaya. Sedangkan untuk kebutuhan selfie, Samsung melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy S4 Mini pada lini fotografi dengan kamera sekunder 1.9 MP yang terletak pada sisi depannya. Oh ya, pada lini fotografi ini Samsung juga menyematkan teknologi CMOS (Complimentary Metal-Oxide Semiconductor) yang mampu membuat kedua kamera tidak menyedot banyak daya sehingga konsumsi daya tak terlalu boros.

spesifikasi galaxy s4 mini

Koneksi Data Super Cepat 4G LTE

Sekarang saatnya kita membahas spesifikasi Samsung Galaxy S4 Mini pada sektor konektivitasnya. Lini konektivitas pada sebuah smartphone dewasa ini memang menjadi salah satu bagian yang sangat penting. Oleh karena itulah Samsung pun membekali Samsung Galaxy S4 Mini dengan teknologi koneksi data terbaik saat ini. Dengan smartphone ini, kawan Begawei akan merasakan akses internet super kencang via jaringan data 4G LTE. Untuk keperluan download, smartphone ini bisa meraih kecepatan hingga 150 Mbps. Sementara untuk upload, Samsung Galaxy S4 Mini bisa dipacu hingga mencapai kecepatan maksimal 50 Mbps. Tempat kamu belum tercover jaringan 4G LTE? Tak usah khawatir! Samsung juga melengkapi smartphone barunya ini dengan teknologi jaringan data lainnya, mulai dari EDGE hingga HSPA. Kawan Begawei juga bisa menikmati akses internet gratis melalui fitur WiFi yang telah ada pada Samsung Galaxy S4 Mini ini. Sedangkan untuk keperluan transfer data jarak dekat, Samsung pun melengkapi ponsel barunya ini dengan fitur Bluetooth dan juga slot microUSB. Spesifikasi Galaxy S4 Mini di sektor teknologi konektivitas juga dibekali dengan fitur navigasi A-GPS, GLONASS dan juga Beidou.

Kapasitas Baterai Hanya 1.900 mAh

Terakhir, kita akan mengupas mengenai spesifikasi Samsung Galaxy S4 Mini di bagian ruang penyuplai dayanya. Jika mengacu pada spesifikasi mesinnya, bisa dibilang bahwa smartphone ini membutuhkan suplai daya yang besar. Hal ini karena layar Samsung Galaxy S4 Mini merupakan jenis layar Super AMOLED yang lumayan boros tenaga. Selain itu, ruang dapur pacu pada ponsel ini juga menggunakan komponen hardware yang cukup berkualitas. Namun sayangnya, Samsung Galaxy S4 Mini ini ternyata tak dibekali dengan baterai berkapasitas besar. Tercatat, Samsung hanya membekali ponsel barunya ini dengan baterai berkapasitas 1.900 mAh. Kapasitas tersebut mampu bertahan selama kurang lebih 14 jam dalam kondisi stand-by di jaringan 3G. Jadi, jika kawan Begawei merupakan pengguna gadget aktif, kami sarankan untuk selalu menyediakan pemasok daya cadangan seperti power bank karena spesifikasi Samsung Galaxy S4 Mini di ruang suplai daya tak dibekali dengan baterai berkapasitas besar.

Spesifikasi Samsung Galaxy S4 Mini

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA / LTE
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bands HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G bands LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800)
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
Pengumuman
Pengumuman 2015, June
Status Available. Released 2015, June
Bodi
Dimensi 124.6 x 61.3 x 8.9 mm (4.91 x 2.41 x 0.35 in)
Berat 107 g (3.77 oz)
SIM Micro-SIM
Layar
Tipe Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 4.3 inches (~66.7% screen-to-body ratio)
Resolusi 540 x 960 pixels (~256 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Perlindungan To be confirmed
Dapur Pacu
OS Android OS, v4.4.4 (KitKat)
Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 306
Memori
Card slot microSD, up to 64 GB
Internal 8 GB, 1.5 GB RAM
Kamera
Kemera Belakang 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video 1080p@30fps
Kamera Depan 1.9 MP
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP, EDR, LE, apt-X
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, Beidou
NFC Yes
Radio FM radio
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor Accelerometer, gyro, proximity, compass
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Baterai
Li-Ion 1900 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S4 Mini

Biacar soal keunggulan Samsung Galaxy S4 Mini ini, pastinya kawan Begawei langsung menunjuk pada bagian layarnya. Memang benar, layar pada smartphone ini termasuk yang terbaik karena sudah menggunakan layar jenis Super AMOLED. Selain itu, ponsel ini juga sudah didukung oleh teknologi jaringan data 4G LTE. Namun sayangnya, smartphone terbaru dari Samsung ini memiliki nilai minus di bagian baterainya. Agar lebih jelas, berikut ini kami rangkum kelebihan Samsung Galaxy S4 Mini dan kekurangan Samsung Galaxy S4 Mini:

Kelebihan Samsung Galaxy S4 Mini
  • Layar menggunakan jenis Super AMOLED
  • Resolusi layar tinggi 540 x 960 pixels
  • Bobot ringan, hanya 107 gram
  • Prosesor didukung chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
  • GPU Andreno 306
  • Jaringan data sudah 4G LTE
Kekurangan Samsung Galaxy S4 Mini
  • Kamera standar 8 MP dan 1.9 MP
  • Baterai lemah, hanya 1900 mAh
  • OS masih Android KitKat
  • Single SIM Card

Harga Samsung Galaxy S4 Mini

Hadir dengan konsep minimalis fungsional, smartphone terbaru dari Samsung ini diplot untuk menempati segmen kelas menengah ke bawah. Oleh karena itu, banderol harga Samsung Galaxy S4 Mini pun tak akan semahal ponsel Samsung seri premium. Berbicara soal harga, pastinya kita harus melihat spesifikasi hardware yang dibawa oleh Samsung Galaxy S4 Mini ini. Meski embel-embelnya adalah ‘Mini’ namun ternyata ponsel ini tetap memiliki performa yang ‘maxi’. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan prosesor Quad-core 1.2 GHz dengan dukungan RAM 1.5 GB. Walau hanya merupakan versi turunan, namun Galaxy S4 Mini juga punya spek melebihi kakaknya Galaxy S4, yaitu penggunaan OS Android KitKat. Berbekal spesifikasi yang ternyata tak terlalu ‘mini’, banderol harga Samsung Galaxy S4 Mini pun juga ikut terkoreksi naik. Lalu, berapakah sebenarnya harga Samsung Galaxy S4 Mini ini ya?

harga samsung galaxy s4 mini

harga galaxy s4 mini

Berdasarkan informasi yang beredar, banderol harga Samsung Galaxy S4 Mini ini adalah sekitar 200 euro, atau sama dengan Rp 2,8 jutaan. Untuk pasar Indonesia, banderol harga Galaxy S4 Mini ini memang tergolong harga kelas menengah, tak terlalu murah namun juga tidak mahal-mahal banget. Jika mengacu pada spesifikasi di dalamnya, banderol harga yang ada pada Samsung Galaxy S4 Mini tersebut sebenarnya sudah sesuai. Meski spesifikasi mesin dan baterainya lemah, namun hal itu bisa ditutupi oleh nama besar Samsung yang sudah teruji kualitasnya. Kemudian, jika dibandingkan dengan smartphone dari vendor lain di kelas yang sama, kisaran harga Samsung Galaxy S4 Mini ini juga cukup kompetitif.

Harga Samsung Galaxy S4 Mini
Sekitar Rp 2.800.000,-

Dengan harga Samsung Galaxy S4 Mini yang berada di kelas menengah ini, Samsung sepertinya telah memiliki jawaban untuk Infinix Zero 2 dan juga Motorola X Play. Sebelumnya, pasar gadget kelas menengah memang baru saja dipanaskan oleh kedua produk tersebut. Lewat Samsung Galaxy S4 Mini ini, Samsung memang menunjukkan bahwa mereka tak mau ketinggalan bersaing di pangsa pasar gadget kelas menengah ke bawah. Berbekal harga Galaxy S4 Mini yang cukup kompetitif, perusahaan raksasa asal Korea Selatan itu pasti akan mampu menarik minat para penggemar gadget di level menengah. Nah untuk kamu yang sedang berburu gadget keren berharga tak terlalu mahal, pastinya kisaran harga Samsung Galaxy S4 Mini di atas sangat pas untukmu. Baca juga Infinix Zero 2 dan Motorola Moto X Play.

Top