Harga Samsung Galaxy Note 5 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note5 – Setelah sukses dengan Galaxy Note 4 dan seri-seri Galaxy Note sebelumnya, akhirnya vendor smartphone ternama asal Korea Selatan, Samsung merilis generasi baru dari deretan phone tablet andalannya. Kali ini amunisi baru Samsung di kelas phablet adalah Samsung Galaxy Note 5 yang konon kabarnya akan dirilis resmi pada medio Agustus 2015 ini. Sebagai generasi penerus nama besar Galaxy Note series, pastinya Galaxy Note 5 memiliki spesifikasi mumpuni lengkap dengan teknologi paling mutakhir. Komponen hardware memang dipastikan akan ada pada Samsung Galaxy Note5 ini. Sebagai gadget kelas premium, selain tampilan sederhana namun elegan khas perangkat Samsung, keunggulan phablet asal Negeri Ginseng ini adalah performa kelas atas yang disokong oleh komponen berkualitas tinggi. Segmentasi Samsung Galaxy Note 5 pun sudah jelas, yaitu pengguna gadget kelas atas.

samsung galaxy note 5

Kemewahan langsung tersaji di bagian luar phone tablet ini. Samsung mengusung layar jenis Super AMOLED berukuran 5.7 inci untuk menggawangi tampilan visual Samsung Galaxy Note 5 ini. So, selain jernih dan tajam, layar pada phablet ini dipastikan memiliki daya tahan fisik yang tangguh. Kemudian, untuk menjamin performanya, Samsung menanamkan chipset Exynos 7420 pada Samsung Galaxy Note 5 ini. Rangkaian chipset tersebut memiliki jumlah core (inti) CPU sebanyak delapan inti. Tak berhenti sampai di situ saja, Samsung Galaxy Note 5 pun dibekali dengan RAM berkapasitas ekstra besar, mencapai 4 GB. Sedangkan untuk lini fotografi, Samsung mengandalkan kamera utama berukuran 16 MP pada phablet barunya ini. Sudah terbayang kualitas Samsung Galaxy Note5 ini? Nah agar kawan Begawei semakin mengenali phablet terbaru dari Samsung ini, kami sudah menyiapkan ulasan mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Note 5 pada segmen-segmen di bawah ini.

samsung galaxy note5

Review Samsung Galaxy Note 5

Layar Super AMOED 5.7 Inci Hadirkan Visualisasi Super Jernih

Dimulai dari penampilan luar pada spesifikasi Samsung Galaxy Note 5, phablet yang satu ini memang memiliki ciri khas desain Galaxy Note Series yang kuat. Samsung tetap mempertahankan bentuk persegi panjang dengan ujung berupa lengkungan tipis. Desain fisik Samsung Galaxy Note 5 ini terlihat sederhana, namun memiliki aura kemewahan yang lebih kuat dari seri Galaxy Note lainnya. Samsung Galaxy Note5 mempertahankan bentang layar yang sama, yaitu 5.7 inci dengan tipe layar Super AMOLED yang memiliki resolusi Full HD 2K (1440 x 2560 piksel) dan berkerapatan layar sangat tinggi, mencapai 518 ppi. Berkat resolusi dan tingkat kerapatan layarnya yang sangat tinggi, Samsung Galaxy Note 5 akan menghadirkan visualisasi yang tajam dan jernih. Selain itu, karena layar tersebut merupakan jenis layar Super AMOLED maka konsumsi dayanya tak akan terlalu boros. Layar berkualitas tinggi pastinya harus diimbangi oleh fisik yang oke. Untuk mendukung operasionalnya, Samsung merancang phablet ini dengan ukuran tubuh yang pas, yakni 153.2 x 76.1 x 7.6 mm. Sayangnya, Samsung Galaxy Note 5 ini memiliki bobot yang cukup berat, mencapai 171 gram. Sedangkan untuk menyempurnakan spesifikasi Samsung Galaxy Note5 pada bagian visual dan fisiknya, Samsung menyematkan teknologi proteksi layar Corning Gorilla Glass 4 yang akan memberikan perlindungan prima kepada phablet ini.

Performa Kelas Wahid Andalkan CPU Octa-core

Sekarang saatnya kita beralih ke sistem dapur pacu dari spesifikasi Samsung Galaxy Note 5 ini. Selain mengusung layar berkualitas tinggi, ternyata Galaxy Note 5 juga menyuguhkan hardware kelas atas di dalam jantung ruang dapur pacunya. Sebagai inti ruang mesinnya, Samsung Galaxy Note 5 dibekali dengan chipset Exynos 7420. Chipset hasil racikan Samsung sendiri itu memiliki jumlah core (inti) CPU yang akan menghasilkan performa tangguh pada Samsung Galaxy Note5 ini. CPU tersebut terdiri dari kombinasi prosesor Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan juga prosesor Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57. Kombinasi kedua prosesor tersebut berjalan pada sistem operasi Android OS Lollipop v5.1.1. Hasil kolaborasi OS Android Lollipop dengan perangkat hardware yang berkualitas pada Samsung Galaxy Note 5 akan menyuguhkan tampilan yang halus disertai dengan proses operasional yang responsif. Pada bagian hardware ini juga Samsung menyematkan RAM berkapasitas sangat besar, yaitu 4 GB. Sedangkan untuk masalah grafis, spesifikasi Samsung Galaxy Note5 mengandalkan GPU Mali-T760MP8. Meski bukanlah GPU kelas atas layaknya Andreno series, namun GPU Mali tersebut mampu meningkatkan kualitas grafis pada phablet ini.

spesifikasi samsung galaxy note 5

Memori Internal Tersedia Dalam Dua Pilihan 32 GB dan 64 GB

Pada pembahasan spesifikasi Samsung Galaxy Note 5 berikutnya, kita akan menilik ruang memori yang disediakan Samsung pada phablet terbarunya ini. Untuk mengakomodasi keperluan penyimpanan penggunanya, Samsung Galaxy Note5 ini dibekali dengan memori internal yang tersedia dalam dua pilihan. Untuk Galaxy Note 5 tipe pertama, kawan Begawei akan diberi ruang seluas 32 GB. Sedangkan Samsung Galaxy Note 5 tipe yang kedua, kamu akan mendapatkan memori seluas 64 GB. Untuk ukuran phablet modern, ruang seluas itu pastinya sudah lebih dari cukup untuk menyimpan berbagai aplikasi maupun file-file lainnya. Namun sayangnya, kawan Begawei tidak bisa untuk menambah ruang memori karena spesifikasi Samsung Galaxy Note5 ini tak dilengkapi dengan slot external memory.

Kamera Utama 16 MP Hasilkan Jepretan Foto Berkualitas Tinggi

Berbicara mengenai fotografi, spesifikasi Samsung Galaxy Note 5 ini pun memiliki kemampuan fotografi yang mumpuni karena mengandalkan duet kamera berkualitas. Mulai dari kamera belakangnya yang memiliki resolusi 16 MP, Samsung Galaxy Note5 dipastikan bisa menghasilkan jepretan foto yang berkualitas tinggi, mendetail dan tentunya menarik. Hal tersebut dikarenakan kamera utama pada Samsung Galaxy Note 5 ini memiliki fitur optical image stabilization, autofocus, LED Flash, dan berbagai macam fitur fotografi standar lainnya. Untuk kemampuan rekaman videonya, Samsung Galaxy Note 5 ini juga memiliki kemampuan video recording yang sangat bagus, karena dapat menghasilkan video Full HD 2K (2160p) dengan kecepatan 30 fps yang begitu memanjakan mata saat ditonton kembali. Tidak ketinggalan juga, Samsung membekali spesifikasi Samsung Galaxy Note5 pada lini fotografi dengan kamera sekunder yang memiliki resolusi 5 MP. Kamera yang terletak pada sisi depan ini pun dapat menghasilkan jepretan foto yang berkualitas sehingga cocok untuk keperluan selfie.

spesifikasi samsung galaxy note5

Akses Internet Dijamin Lancar dengan Koneksi 4G LTE

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai konektivitas pada speisfikasi Samsung Galaxy Note 5 ini. Sebagai phablet modern yang fungsional, pastinya gadget terbaru dari Samsung ini juga dibekali dengan lini konektivitas yang sangat lengkap guna memberikan akses internet yang lancar kepada penggunanya. Sebagai jaringan data utama, Samsung Galaxy Note5 ini mengandalkan teknologi jaringan data 4G LTE yang mampu dipacu hingga kecepatan maksimal 300 Mbps. Kecepatan akses data 4G LTE pada Samsung Galaxy Note 5 memang salah satu yang terbaik karena sudah mengusung teknologi 4G LTE level Cat6. Sedangkan kawan Begawei yang belum tercover jaringan 4G LTE, kamu bisa memanfaatkan pilihan jaringan alternatif yang tersedia pada Samsung Galaxy Note 5 ini, mulai dari jaringan EDGE hingga HSPA. Phablet ini juga telah dibekali dengan beragam fitur koneksi jarak dekat yang sangat fungsional, mulai dari fitur WiFi, hotspot, NFC, hingga Bluetooth v4.2 untuk keperluan transfer data jarak dekat. Sebagai pelengkap spesifikasi Samsung Galaxy Note5 pada bagian konektivitas, Samsung juga telah membekali perangkat barunya ini dengan teknologi navigasi A-GPS dan juga GLONASS.

Pasokan Daya Andalkan Baterai 3.000 mAh

Terakhir, kita akan mengupas spesifikasi Samsung Galaxy Note 5 pada bagian penyuplai dayanya. Untuk mendukung kebutuhan dayanya, Samsung membekali Samsung Galaxy Note5 dengan baterai berkapasitas cukup besar, yakni 3.000 mAh. Untuk kebutuhan daya sebuah phablet berlayar Super AMOLED 5.7 inci, baterai tersebut sebenarnya sudah mencukupi. Apalagi, layar AMOLED yang tersemat pada Samsung Galaxy Note 5 ini dikenal memiliki konsumsi daya yang tak terlalu boros. Namun, karena komponen hardware yang ada pada spesifikasi Samsung Galaxy Note5 ini merupakan perangkat keras kelas tinggi yang memiliki konsumsi daya tinggi, kawan Begawei ada baiknya selalu menyiapkan pemasok daya portable saat menggunakan phablet ini beraktivitas.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 5

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA / LTE
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bands HSDPA
4G bands LTE
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps/ LTE Cat9 450/50 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
Pengumuman
Pengumuman 2015, August
Status Coming soon. Exp. release 2015, August
Bodi
Dimensi 153.2 x 76.1 x 7.6 mm (6.03 x 3.00 x 0.30 in)
Berat 171 g (6.03 oz)
SIM Yes
– Fingerprint sensor (PayPal certified)
– S Pen stylus
Layar
Tipe Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 5.7 inches (~75.9% screen-to-body ratio)
Resolusi 1440 x 2560 pixels (~518 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Perlindungan Corning Gorilla Glass 4
Dapur Pacu
OS Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
Chipset Exynos 7420
CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57
GPU Mali-T760MP8
Memori
Card slot No
Internal 32/64 GB, 4 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang 16 MP, 5312 x 2988 pixels, optical image stabilization, autofocus, LED flash
Fitur Dual Shot, Simultaneous HD video and image recording, geo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, HDR
Video 2160p@30fps, 1080p@60fps, optical stabilization, dual-video rec.
Kamera Depan 5 MP
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.2, A2DP, EDR, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, Beidou
NFC Yes
Radio To be confirmed
USB microUSB v2.0, USB Host
Fitur
Sensor Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Baterai
Non-removable Li-Po 3000 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note 5

Membawa nama besar Galaxy Note 5 series, pastinya Samsung Galaxy Note5 ini dilengkapi dengan komponen-komponen berkualitas tinggi. Salah satunya adalah layar Super AMOLED berukuran 5.7 inci. Selain itu, keunggulan utama pada phablet ini adalah kamera utamanya yang berukuran 16 MP. Sedangkan untuk catatan kekurangannya, phablet ini tak memiliki slot external memory, dan hanya menggunakan GPU Mali. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tabel kelebihan Samsung Galaxy Note 5 dan kekurangan Samsung Galaxy Note 5:

Kelebihan Samsung Galaxy Note5
  • Jenis layar Super AMOLED
  • Layar luas 5.7 inci
  • Resolusi dan kerapatan layar tinggi
  • Proteksi Corning Gorilla Glass 4
  • Prosesor Exynos 7420
  • CPU Octa-core
  • Memori internal luas 32 GB dan 64 GB
  • RAM kapasitas 4 GB
  • Kamera utama 16 MP
  • Sudah menggunakan Fingerprint Sensor (sertifikasi PayPal)
  • Lengkap dengan S Pen Stylus
  • Baterai 3000 mAh
Kekurangan Samsung Galaxy Note5
  • Bobot lumayan berat (171 gram)
  • GPU hanya menggunakan Mali-T760MP8
  • Tanpa slot external memory
  • Kamera depan 5 MP, padahal kamera belakang 16 MP

Harga Samsung Galaxy Note 5

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai spesifikasi Galaxy Note 5 dari berbagai sisinya. Tak terasa kita telah sampai pada segmen harga yang merupakan segmen terakhir pada rubrik review kali ini. Namun sebelum masuk ke segmen harga Samsung Galaxy Note 5, Begawei akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai  phablet Samsung terbaru yang satu ini. Sesuai ulasan di atas, phablet Samsung teranyar ini memang memiliki performa rata-rata karena mengusung spesifikasi yang sama persis seperti flagship Samsung terbaru yaitu Samsung Galaxy S6 Edge Plus. Dimana untuk hal performa, Samsung Galaxy Note 5 ini tidak perlu diragukan lagi untuk berbagai macam keperluan, mulai dari multitasking sampai dengan bermain game HD terbaru dengan kualitas terbaik. Banderol harga Samsung Galaxy Note5 pun juga akan dipengaruhi oleh kualitas lini fotografinya yang sangat baik. Sementara sektor desain, layar, konektivitas dan kameranya pun begitu diunggulkan. Sayangnya untuk sektor penyimpanan dan baterai phablet Samsung teranyar ini kurang begitu memuaskan. Nah dengan kondisi tersebut, berapakah harga Samsung Galaxy Note 5 terbaru ini?

harga samsung galaxy note 5

harga samsung galaxy note5

Sesuai dengan informasi yang santer berkembang, banderol harga Samsung Galaxy Note 5 ini mencapai 900 euro atau sekitar Rp 13,7 jutaan. Wow, mahal sekali! Bahkan, harga Samsung Galaxy Note5 ini jauh di atas Galaxy Note 3 dan Note 4. Harga selangit tersebut memang dipengaruhi oleh banyak hal, terutama pada kualitas layar, mesin, dan juga fitur-fitur canggih yang ada pada Samsung Galaxy Note 5 ini. Jika dibandingkan dengan produk lain dengan spesifikasi yang mendekati, harga Samsung Galaxy Note 5 ini masih terpaut tinggi. Tak bisa dipungkiri, nama besar Samsung sangat berpengaruh pada harga jual produk barunya ini.

Harga Samsung Galaxy Note5
Sekitar Rp 13.700.000,-

Menempati segmen premium, pastinya harga Samsung Galaxy Note 5 juga akan ‘premium’. Dan hal tersebut memang terbukti. Menurut Begawei, harga Samsung Galaxy Note5 ini sudah menunjukkan kualitas yang ada di dalamnya. Lagi-lagi, nama besar Samsung masih sangat berperan dalam pemasaran Samsung Galaxy Note 5 ini. Perangkat ini sangat cocok bagi kawan Begawei yang menginginkan sebuah gadget pintar dengan performa tangguh serta fitur canggih. Tentunya pula kawan Begawei harus merogoh kocek cukup dalam karena harga Samsung Galaxy Note 5 ini memang sangat membumbung tinggi. Baca juga ulasan menarik lainnya tentang Samsung Galaxy Note 4 dan Samsung Galaxy Note 3.

Top