Harga Oppo R7 Lite dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Oppo R7 Lite – Setelah Oppo R5S yang sudah kita sama-sama bahas kemarin, Oppo kembali meluncurkan satu lagi perangkat mobile terbarunya yang berasal dari keluarga Oppo R7 Series. Produk baru perusahaan asal Tiongkok tersebut adalah Oppo R7 Lite yang akan melengkapi seri R7 selain Oppo R7 dan juga R7 Plus. Smartphone ini sebenarnya telah di rilis untuk pasar internasional pada awal bulan Juli 2015 kemarin. Jika R7 dan R7 Plus menempati level smartphone premium, kali ini Oppo R7 Lite hadir sebagai perangkat kelas menengah atas. Namun, seri R7 Lite ini memiliki bekal yang tak kalah kerennya dengan dua saudara tuanya. Label ‘Lite’ yang ada pada Oppo R7 Lite menunjukkan bahwa ponsel yang satu ini adalah versi menengah dari dua seri R7 sebelumnya. Meski dianggap juga sebagai versi downgrade, namun kawan Begawei tak bisa memandang remeh Oppo R7 Lite ini. Berbekal nama besar Oppo serta kesuksesan R7 Series sebelumnya, smartphone ini benar-benar siap untuk mengikuti jejak kesuksesan generasi R7 lainnya.

oppo r7 lite

Jika dua seri R7 sebelumnya mengandalkan desain bodi super slim, maka kali ini Oppo R7 Lite hadir dengan konsep desain lebih compact. Hal ini tercermin dari penggunaan layar dengan luas yang lebih kecil, yakni hanya 5 inci saja. Sama seperti R7 dan R7 Plus, Oppo R7 Lite ini tetap mengusung layar jenis HD AMOLED yang akan memberikan kualitas visual kelas atas kepada penggunanya. Layar pada smartphone ini pun juga telah mendapatkan proteksi layar dari Corning Gorilla Glass 3, sama seperti kedua saudara tuanya. Selain itu, Oppo R7 Lite juga membawa bekal yang berkualitas pada jantung dapur pacunya. Kali ini, Oppo menanamkan chipset Snapdragon 615 dengan teknologi Octa-core (delapan inti) sebagai mesin utama ponsel ini. Namun sayangnya, smartphone Android yang satu ini hanya mengusung kapasitas daya yang cukup rendah, yakni 2320 mAh. So, apakah smartphone ini cukup bagus untuk bersaing di kelas menengah atas? Temukan jawabannya melalui ulasan spesifikasi dan harga Oppo R7 Lite pada segmen-segmen di bawah ini!

hp oppo r7 lite

Review Oppo R7 Lite

Smartphone 5 Inci dengan Display Visual Menawan

Untuk masalah desain dan display, spesifikasi Oppo R7 Lite ini tidak perlu diragukan lagi. Poduk Oppo sudah sejak pertama kali rilis memang terbukti telah memberikan desain-desain yang digemari para pecinta gadget karena selalu memberikan desain yang elegan dan berkelas. Ponsel dengan dimensi sebesar 143 x 71 x 6.3 mm dan memiliki bobot 143 gram ini termasuk dalam kategori yang slim dan nyaman untuk digenggam. Selain tampilan desain yang elegan, Oppo R7 Lite juga dibekali dengan layar jenis HD AMOLED Capacitive Touchscreen yang memiliki bentangan seluas 5 inci. Layar berkualitas tinggi tersebut memiliki resolusi 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan layar sebesar 441 ppi. Spesifikasi layar Oppo R7 Lite ini pastinya akan memberikan tampilan visualisasi yang bagus dan memanjakan mata. Layar dengan kemampuan multitouch sangat baik ini dilengkapi dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3 yang akan membuat layar Oppo R7 Lite semakin aman dan terlindungi dari berbagai macam resiko goresan. Lalu, Oppo juga menanamkan fitur Color 0S 2.1 yang akan menghasilkan user interface yang lebih menarik. Kemudian, Oppo R7 Lite juga dibekali dengan fitur Support for Gloved and Wet Touch Input yang akan meningkatkan kemampuan deteksi jari meski penggunanya menggunakan sarung tangan sekalipun. Spesifikasi Oppo R7 Lite di bagian fisik disempurnakan dengan penggunaan fitur Metal Unibody Design yang menciptakan tampilan bodi yang lebih kokoh.

Prosesor Octa-core Hadirkan Performa Mesin Kelas Tinggi

Menelisik ke bagian dalam komponen hardware bagian dalam, spesifikasi Oppo R7 Lite ini memiliki perangkat dapur pacu yang super tangguh. Guna menjamin performanya, Oppo membekali R7 Lite dengan chipset Qualcomm Snapdragon 615 yang di dalamnya terdapat prosesor Octa-core (delapan inti). CPU Octa-core dalam Oppo R7 Lite ini terdiri dari satu unit prosesor Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 yang didukung oleh prosesor kedua yaitu Quad-core 1.0 GHz Cortex-A53. Kombinasi CPU di dalam Oppo R7 Lite akan menghasilkan kinerja optimal baik untuk menjalankan aplikasi maupun keperluan lainnya. Selain itu, performa CPU pada smartphone ini juga ditopang oleh keberadaan RAM berkapasitas sangat besar, yakni 2 GB. Kehadiran RAM 2 GB akan memberikan ruang yang cukup luas saat CPU menjalankan perintah atau aplikasi. Semua komponen yang ada di dalam ruang dapur pacu Oppo R7 Lite ini akan berjalan pada sistem operasi Android OS v5.1 Lollipop. Sedangkan untuk urusan grafis, Oppo menyerahkan sektor grafis pada kartu pengolah grafis atau GPU Andreno 405. Kehadiran GPU Andreno 405 ini melengkapi spesifikasi Oppo R7 Lite yang akan memberikan tampilan grafis yang halus dan optimal.

spesifikasi oppo r7 lite

Storage Ekstra Luas 16 GB

Apabila ditengok ke bagian ruang penyimpanan, spesifikasi Oppo R7 Lite ini memiliki ruang penyimpanan yang memadai. Dari memori internal dengan kapasitas 16 GB saja sudah dapat dipastikan semua aplikasi sistem mampu ditampung di dalamnya. Dengan adanya luas ruang penyimpana yang memadai, kawan begawei tak perlu ragu lagi untuk menyimpan berbagai file yang dibutuhkan ke dalam Oppo R7 Lite ini. Bukan hanya itu saja, Oppo pun menambahkan slot external memory pada smartphone barunya ini agar penggunanya semakin leluasa untuk menyimpan berbagai macam file. Kemampuan daya tampung Oppo R7 Lite ini mencapai 128 GB jika kawan Begawei menambahkan kartu microSD. Dengan adanya tambahan slot external memory yang melengkapi spesifikasi Oppo R7 Lite ini, pastinya hal ini juga akan menjadi keunggulan tersendiri di saat banyak smartphone yang tak dilengkapi dengan slot external memory.

Lini Fotografi Maksimal Berkat Duet Kamera 13 MP dan 8 MP

Untuk bagian fotografi, spesifikasi Oppo R7 Lite ini menghadirkan duet kamera dengan kualitas tinggi, yakni kamera utama yang berada di bagian belakang ponsel dengan ukuran 13 MP. Kamera utama Oppo R7 Lite tersebut mampu memberikan resolusi sebesar 4128 x 3096 pixels. Selain itu, kamera itu juga sudah dilengkapi dengan fitur LED Flash dan juga Autofocus yang akan membantu kawan Begawei dalam menghasilkan jepretan foto yang sangat berkualitas. Lalu, kamera utama Oppo R7 Lite juga dibekali dengan fitur-fitur fotografi menarik lainnya, seperti Schneider-Kreuznach Lens, Aperture F/2.2, Sloe Shutter, Ultra HD, RAW, Double Exposure, Super Macro, Geo-tagging, Touch focus, Face Detection, Digital Zoom, Panorama dan juga HDR. Fitur-fitur yang ada pada kamera Oppo R7 Lite tersebut akan memberikan efek menarik pada hasil gambar atau video yang diambil. Untuk fasilitas video record, Oppo R7 Lite ini memiliki kemampuan perekaman video 1080 piksel pada 30 fps. Keunggulan fotografi smartphone ini juga didukung oleh kamera sekunder atau kamera depan dengan ukuran 8 MP. Kamera depan pada spesifikasi Oppo R7 Lite ini juga telah dipersenjatai dengan fitur Aperture F/2.4 yang akan semakin meningkatkan hasil fotonya.

spesifikasi hp oppo r7 lite

Akses Internet Anti Lemot dengan Jaringan 4G LTE

Sekarang kita akan membahas spesifikasi Oppo R7 Lite di sektor konektivitasnya. Sebagai ponsel pintar di kelas menengah atas, sudah sewajarnya bila produk terbaru dari Oppo ini membawa teknologi jaringan terbaik guna memenuhi kebutuhan internet cepat penggunanya. Kali ini, Oppo R7 Lite hadir dengan membawa teknologi jaringan 4G LTE yang mampu membawa kawan Begawei untuk berseluncur secara cepat dan stabil di dunia internet. Melalui jaringan 4G pada Oppo R7 Lite, kamu bisa menikmati kecepatan download hingga mencapai 150 Mbps dan upload hingga 50 Mbps. Selain koneksi cepat 4G LTE, smartphone asal Negeri Tirai Bambu ini juga dilengkapi dengan pilihan jaringan data seluler lainnya, mulai dari jaringan GSM dan juga HSDPA. Keberadaan konektivitas alternatif yang ada pada Oppo R7 Lite ini akan sangat berguna saat kawan Begawei sedang berada di area yang belum tercover jaringan 4G LTE. Sementara itu, untuk keperluan koneksi nirkabel jarak dekat, ponsel yang satu ini juga sudah dibekali dengan fitur Bluetooth A2DP, WiFi, serta thetering Hotspot dan slot microUSB dan USB on the Go 1.3. Tidak lupa juga, spesifikasi Oppo R7 Lite di sektor konektivitas ini juga telah dilengkapi dengan teknologi navigasi A-GPS yang akan membantu kebutuhan pemetaan penggunanya.

Kapasitas Suplai Daya Standar  2320 mAh

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi Oppo R7 Lite di sektor sistem pemasok dayanya. Dibekali dengan komponen mesin berkualitas serta layar berteknologi tinggi, maka Oppo R7 Lite ini termasuk dalam golongan ponsel pintar yang boros tenaga. Kebutuhan daya paling besar tentunya berada pada bagian layarnya yang merupakan layar jenis HD AMOLED. Selain itu, konsumsi ruang dapur pacu Oppo R7 Lite pun juga cukup besar. Namun sangat disayangkan, dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang super seperti itu, Oppo hanya membekali smartphone ini dengan kapasitas baterai yang terhitung standar, yakni 2.320 mAh. Jika melihat kembali spesifikasinya, maka baterai tersebut terhitung pas-pasan untuk menunjang aktivitas Oppo R7 Lite ini. Jadi, kami menyarankan agar kawan Begawei selalu menyiapkan unit pemasok daya cadangan atau power bank saat membawa ponsel ini beraktivitas di luar rumah karena spesifikasi Oppo R7 Lite ini hanya didukung baterai berkapasitas standar.

Spesifikasi Oppo R7 Lite

Jaringan
Teknologi GSM / HSDPA / LTE
Pengumuman
Pengumuman 2015, May
Status Released on July 08, 2015
Bodi
Dimensi 143 x 71 x 6.3 (height x width x thickness)(mm)
Berat 143 g
SIM Dual SIM
Layar
Tipe HD AMOLED
Ukuran 5 inch
Resolusi 1080 x 1920 pixels (~441 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Perlindungan Corning Gorilla Glass 3
Color 0S 2.1
Dapur Pacu
OS Android OS v5.1 (Lollipop)
Chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615
CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 and Quad-core 1.0GHz Cortex-A53
GPU Andreno 405
Memori
Card slot microSD, up to 128 GB
Internal 16 GB internal. RAM 2 GB
Kamera
Kamera Belakang 13 MP (4128 x 3096 pixels), Autofocus, LED Flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Video 1080p@30fps
Secondary 8 MP
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5 mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth v4.0
GPS Yes, with A-GPS
Radio TBC
USB microUSB v2.0, USB Host
Fitur
Sensor Accelerometer, proximity, compass
Pesan SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
Browser HTML5
Baterai
Non-removable 2320 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan Oppo R7 Lite

Oppo menghadirkan Oppo R7 Lite ini sebagai jawaban kebutuhan gadget masa kini yang mengunggulkan sektor layarnya. Display visual ponsel ini memang sangat baik karena layar 5 incinya memiliki resolusi dan kerapatan tinggi. Selain itu, smartphone ini juga telah didukung oleh teknologi jaringan data 4G LTE yang akan memberikan akses internet super kencang. Namun sayangnya, ponsel ini hanya didukung oleh baterai berkapasitas standar, hanya 2.320 mAh. Agar lebih jelas, di bawah ini sudah kami rangkum kelebihan Oppo R7 Lite dan kekurangan Oppo R7 Lite:

Kelebihan Oppo R7 Lite
  • Dual SIM
  • Jaringan 4G LTE
  • Teknologi layar AMOLED capacitive touchscreen
  • Proteksi layar Corning gorilla glass 3
  • KameraBelakang 13 MP dan Kamera depan 8 MP
  • OS Android Lollipop v5.1
  • Processor Octa-Core 64 Bit
  • Memori internal 16 GB
  • Slot Memori eksternal 128 GB
  • Sistem Navigasi GPS Built-in, A-GPS, GLONNAS
  • Bluetooth v4.0 A2DP
  • GPU Adreno 405
Kekurangan Oppo R7 Lite
  • Kapasitas baterai rendah (Li-Po 2320 mAh)
  • Baterai masih bersifat non-removable

Harga Oppo R7 Lite

Secara spesifik, komponen yang ada pada R7 Lite ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan dengan dua seri R7 Lainnya. Lalu, bagaimana dengan harga Oppo R7 Lite ini ya? Berbicara mengenai harga, tentunya kita harus melihat kembali spesifikasi yang dibawa oleh smartphone terbaru besutan Oppo ini. Oppo R7 Lite memang membawa luas layar yang lebih kecil dari R7 dan juga R7 Plus. Meski layarnya lebih kecil, namun kualitasnya tetap sama karena sama-sama layar berjenis HD AMOLED. Penggunaan layar kelas satu inilah yang akhirnya juga akan mempengaruhi banderol harga Oppo R7 Lite di pasaran. Kualitas display memang menjadi andalan Oppo karena banyak produk lain di kelas menengah atas yang kualitas layarnya di bawah produk-produk Oppo. Selain itu, kisaran harga Oppo R7 Lite pun juga ditentukan oleh lini dapur pacu yang mengusung prosesor Octa-core serta RAM 2 GB.

harga oppo r7 lite

harga oppo r7 lite terbaru

Dari data yang masuk ke redaksi Begawei, banderol harga Oppo R7 Lite ini berada di level Rp 4 jutaan. Harga ini memang berada di bawah harga seri Oppo R7 dan juga R7 Plus. Untuk pasar smartphone kelas menengah atas, banderol harga Oppo R7 Lite ini memang sudah cukup kompetitif. Kehadiran R7 Lite ini pun juga akan menjadi pesaing untuk Xiaomi Redmi series yang saat ini menjadi salah satu ponsel yang digemari publik. Berbekal segudang kecanggihan yang ada di dalamnya, Oppo R7 Lite ini memang sangat cocok bagi kawan Begawei yang membutuhkan partner gadget berkualitas. Meski harga Oppo R7 Lite ini masuk kategori mahal, namun secara kualitas ponsel ini memang masuk level ponsel kelas satu.

Harga Oppo R7 Lite
Sekitar Rp 4.000.000,-

Jika dicermati, banderol harga Oppo R7 Lite ini memang cukup kompetitif. Kami pun berpendapat bahwa kehadiran Oppo R7 Lite ini akan menjadi solusi yang tepat bagi kawan Begawei yang menginginkan unit gadget dengan visualisasi menawan serta didukung performa mesin tangguh. Uniknya, dengan harga Oppo R7 Lite yang lebih murah dari seri R7 lainnya, kami pun memperkirakan bahwa R 7 Lite ini bisa menyalip kesuksesan R7 dan R7 Plus. So, dengan menebus harga Oppo R7 Lite yang cukup menguras kocek, kamu akan mendapatkan unit ponsel pintar yang tangguh secara fisik dan memiliki kualitas hardware yang bagus. Baca juga ulasan Begawei mengenai Oppo R7 dan Oppo R7 Plus.

Top