Harga Meizu MX4 Pro LTE dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Meizu MX4 Pro – Invasi vendor smartphone asal Tiongkok terus berlanjut. Setelah sebelumnya kita membahas deretan smartphone terbaru lansiran Oppo, kali ini kita akan berkenalan lebih jauh dengan Meizu MX4 Pro LTE yang merupakan ponsel pintar terbaru besutan Meizu. Sebenarnya, ponsel pintar seri MX4 Pro ini sudah dirilis pada akhir tahun 2014 yang lalu, tepatnya pada bulan Desember. Namun kali ini Begawei coba mengulas Meizu MX4 Pro LTE secara lebih mendetail karena smartphone ini ternyata memiliki spesifikasi kelas atas yang sangat sayang jika dilewatkan. Sedikit me-refresh ingatan kawan Begawei, produk terakhir Meizu yang rilis pada kuartal ketiga tahun 2015 ini adalah seri Meizu M2 Note yang diplot untuk menempati segmen smartphone kelas pemula. Berbeda dengan M2 Note, Meizu menempatkan Meizu MX4 Pro LTE di level smartphone kelas menengah atas, atau malah bisa dikatakan sebagai ponsel premium jika melihat spesifikasi dan juga harganya.

meizu mx4 pro

Bila melihat spesifikasinya, Meizu MX4 Pro LTE ini sepertinya memang sengaja dihadirkan untuk ‘merusak’ dominasi Samsung atau Sony di pasar smartphone terbaru. Berbeda dengan Xiaomi atau Lenovo yang memilih bermain di segmen menengah dan bawah, Meizu secara frontal menghadirkan Meizu MX4 Pro LTE untuk mendobrak pasar gadget dunia. Berbekal layar berukuran 5.5 inci yang memiliki resolusi sangat tajam, ponsel ini pastinya akan menjadi pilihan bagi kamu yang menginginkan gadget berpenampilan visual menawan. Selain itu, Meizu MX4 Pro LTE juga dibekali dengan chipset Exynos 5 Octa 5430 yang menjadi ‘motor’ utama di jantung dapur pacunya. Sedangkan untuk fitur yang paling diunggulkan, tentunya adalah lini fotografi dari Meizu MX4 Pro LTE ini. Tak main-main, Meizu membekali MX4 Pro dengan kamera utama berukuran 20.7 MP yang akan menghasilkan jepretan foto layaknya kamera profesional. Sekilas, smartphone ini memang benar-benar menduduki segmen high-end smartphone. Lantas, keunggulan apa lagi yang dimiliki ponsel ini? Jawabannya bisa kawan Begawei temukan pada ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Meizu MX4 Pro LTE di bawah ini.

meizu mx4 pro lte

Review Meizu MX4 Pro

Visual Menawan dengan Layar 5.5 Inci

Konsep desain pada spesifikasi Meizu MX4 LTE ini memang tergolong biasa-biasa saja. Namun dengan sentuhan material dari alumunium membuat smartphone yang satu ini tidak terlihat seperti ponsel murahan. Secara fisik, Meizu MX4 Pro LTE ini memiliki ukuran tubuh 150,1 x 77 x 9 mm dan berat 185 gram. Ukuran tersebut cukup pas untuk digenggam maupun di simpan dalam saku celana. Pada sektor visualnya, Meizu menyematkan layar berjenis IPS LCD Capacitive Touchscreen yang memiliki bentangan seluas 5.5 inci. Layar pada Meizu MX4 Pro LTE ini memiliki resolusi yang cukup tinggi, mencapai 1536 x 2560 pixels dengan tingkat kerapatan layar mencapai 546 ppi. So, meski jenis layarnya bukanlah layar AMOLED namun secara visual layar pada Meizu MX4 Pro LTE ini mampu menampilkan kualitas display yang bagus karena tingkat resolusi dan kerapatan layarnya sangat tinggi. Tak hanya memiliki tampilan visual yang bagus, namun layar pada ponsel ini juga memiliki teknologi yang sangat canggih. Guna memberikan tampilan yang menarik, Meizu membekali Meizu MX4 Pro LTE dengan user interface Flyme 4.0 yang merupakan fitur tampilan antar muka racikan Meizu sendiri. Lalu, Meizu pun menyematkan fitur Fingerprint Sensor untuk memberikan rasa aman kepada penggunanya. Tak ketinggalan, spesifikasi Meizu MX4 Pro LTE pada bagian layar juga telah dibekali dengan sistem proteksi layar Corning Gorilla Glass 2 yang akan melindungi layarnya dari resiko goresan saat penggunaannya.

Dapur Pacu Garang Berkekuatan CPU Octa-core

Menempati segmen smartphone kelas menengah atas, pastinya spesifikasi Meizu MX4 Pro LTE mengusung komponen-komponen hardware terbaik di sektor ruang dapur pacunya. Kali ini, Meizu menanamkan chipset Exynos 5 Octa 5430 sebagai komponen utama di ruang kendali Meizu MX4 Pro LTE ini. Sebagai informasi, chipset Exynos sendiri merupakan unit hardware buatan Samsung yang juga digunakan oleh Samsung Galaxy series. Pada chipset tersebut, terdapat prosesor CPU Octa-core yang terdiri dari satu unit CPU Quad-core 2 GHz Cortex-A15 dan juga CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A7. Prosesor pada ruang mesin Meizu MX4 Pro LTE tersebut akan berkombinasi dengan RAM 3 GB sehingga menghasilkan performa yang optimal. Sedikit catatan mungkin hanya terletak pada sistem operasi yang digunakan oleh Meizu MX4 Pro LTE ini. Ya, ponsel ini masih berjalan pada sistem operasi Android OS KitKat. Sebagai penyempurna spesifikasi Meizu MX4 Pro LTE di ruang dapur pacu, disematkanlah kartu pengolah grafis atau GPU Mali-T628 yang akan membantu meningkatkan kualitas tampilan grafisnya.

spesifikasi meizu mx4 pro

Tiga Pilihan Kapasitas Memori Internal

Setelah membahas bagian mesinnya, sekarang saatnya kita membahas spesifikasi Meizu MX4 Pro LTE pada bagian storage atau ruang penyimpanan file. Seperti halnya pada sektor-sektor lain, kali ini Meizu pun membekali ponsel barunya ini dengan komponen-komponen terbaik guna memberikan ruang memori yang lega. Meizu MX4 Pro LTE ini memiliki tiga pilihan tipe yang masing-masing menawarkan kapasitas memori internal yang berbeda. Pada Meizu MX4 Pro LTE tipe pertama, kawan Begawei akan ditawari ruang memori internal seluas 16 GB. Sementara tipe kedua, dibekali dengan memori internal berkapasitas 32 GB. Sedangkan Meizu MX4 Pro LTE tipe ketiga memiliki memori internal dengan kapasitas paling besar, yakni 64 GB. Meziu memang memiliki alasan tersendiri dengan menghadirkan kapasitas memori yang besar dan beragam. Hal ini karena spesifikasi Meizu MX4 Pro LTE tak didukung oleh slot external memory.

Lini Fotografi Kelas Wahid Andalkan Duet Kamera 20.7 MP dan 5 MP

Seperti yang sudah Begawei sampaikan pada bagian awal tadi, spesifikasi Meizu MX4 Pro LTE ini memang membawa keunggulan utama di bagian fotografinya. Ya, lini fotografi MX4 Pro tampil dengan kekuatan penuh guna menghasilkan kualitas fotografi yang sempurna. Sebagai kamera utamanya, Meizu MX4 Pro LTE dibekali dengan kamera belakang berukuran 20.7 MP yang memiliki resolusi lensa sebesar 5248 x 3936 pixels. Berbekal kamera berukuran 20.7 MP, kawan Begawei pastinya akan bisa menghasilkan jepretan foto yang tajam dan berkualitas tinggi. Kualitas kamera utama Meizu MX4 Pro LTE juga masih ditambah dengan fitur-fitur fungsional seperti Autofocus, dual tone LED Flash serta kekuatan sensor kamera berukuran 1/2.3 inci. Selain itu, ada juga fitur-fitur umum di kamera Meizu MX4 LTE ini, seperti misalnya Geo-tagging, Touch Focus, Face Detection, HDR dan juga Panorama. Kemampuan recording video kamera utamanya pun juga sangat baik. Kamera utama Meizu MX4 Pro LTE ini mampu merekam video kualitas HD berukuran 2160 piksel. Selanjutnya, spesifikasi Meizu MX4 Pro LTE di sektor fotografi pun semakin lengkap dengan adanya kamera sekunder berukuran 5 MP. Meski kualitas kamera sekundernya tak sebagus kamera utama, namun kamera 5 MP yang terletak di sisi depan itu sangatlah fungsional.

spesifikasi meizu mx4 pro lte

Koneksi Internet Melaju Kencang di Jaringan 4G LTE

Selanjutnya kita akan melihat kemampuan spesifikasi Meizu MX4 Pro LTE di bagian konektivitas. Sebagai ponsel  kelas atas, smartphone ini hadir dengan kemampuan terbaik di sektor konektivitas. Smartphone ini menampilkan teknologi jaringan data 4G LTE sebagai pilihan koneksi utamanya. Dengan kemampuan canggih yang diusung oleh teknologi LTE, Meizu MX4 Pro LTE mampu menjalankan download dengan kecepatan hingga 150 Mbps. Sementara itu, kecepatan uploadnya berjalan hingga 50 Mbps. Selain itu, daerah-daerah yang belum tersentuh koneksi 4G akan terback-up dengan koneksi 3G yang sudah ada pada smartphone ini. Meizu MX4 Pro LTE juga menyediakan teknologi WiFi yang membuat kawan Begawei tetap bisa terkoneksi dengan internet tanpa menggunakan paket data. Sedangkan untuk keperluan koneksi jarak dekat, smartphone ini juga dibekali dengan fitur Bluetooth dan juga slot microUSB serta USB On-The-Go. Keperluan navigasi pun juga dipenuhi oleh spesifikasi Meizu MX4 Pro LTE ini. Jika kawan Begawei ingin berpergian, bisa memanfaatkan teknologi navigasi A-GPS, GLONASS,Beidou, dan juga navigasi QZSS yang sudah ada pada smartphone ini.

Baterai Tahan Lama Berkekuatan 3.350 mAh

Pada segmen terakhir ini, kita akan membahas spesifikasi Meizu MX4 Pro LTE di bagian ruang suplai dayanya. Pada bagian yang satu ini, sepertinya Meizu menyadari bahwa smartphone terbarunya memang memiliki komponen-komponen hardware yang butuh suplai daya besar. Untuk itu, Meizu MX4 Pro LTE pun dibekali dengan baterai berkapasitas besar. Tercatat, Meizu menanamkan baterai berkapasitas 3.350 mAh pada ponsel barunya ini. Dengan kapasitas mencapai 3.350 mAh, Meizu MX4 Pro LTE akan mampu bertahan hidup selama seharian penuh, jika digunakan secara normal. Jadi, kawan Begawei tak akan cepat kehabisan daya baterai karena spesifikasi Meizu MX4 Pro LTE ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas sangat besar.

Spesifikasi Meizu MX4 Pro

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA / LTE
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bands HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
TD-SCDMA 1880 / 2010 – China Mobile
4G bands LTE band 1(2100), 3(1800), 7(2600)
LTE band 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500) – China Mobile
Kecepatan HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
Pengumuman
Pengumuman 2014, October
Status Available. Released 2014, December
Bodi
Dimensi 150.1 x 77 x 9 mm (5.91 x 3.03 x 0.35 in)
Berat 158 g (5.57 oz)
SIM Yes
– Fingerprint sensor
Layar
Tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 5.5 inches (~73.7% screen-to-body ratio)
Resolusi 1536 x 2560 pixels (~546 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Perlindungan Corning Gorilla Glass 3
– Flyme 4.0
Dapur Pacu
OS Android OS, v4.4.4 (KitKat)
Chipset Exynos 5 Octa 5430
CPU Quad-core 2 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.5 GHz Cortex-A7
GPU Mali-T628
Memori
Card slot No
Internal 16/32/64 GB, 3 GB RAM
Kamera
Kamera Depan 20.7 MP, 5248 х 3936 pixels, autofocus, dual-LED (dual tone) flash, check quality
Fitur 1/2.3” sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video 2160p@30fps, 1080p@30fps, check quality
Kamera Belakang 5 MP, 1080p@30fps
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, Beidou, QZSS
NFC Yes
Radio No
USB microUSB v2.0, USB On-The-Go
Fitur
Sensor Accelerometer, gyro, proximity, compass
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Baterai
Non-removable 3350 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan Meizu MX4 Pro LTE

Berbicara keunggulan dari Meizu MX4 Pro LTE, tentunya kita harus melihat spesifikasi layarnya yang luas serta memiliki tingkat resolusi yang tinggi. Selain itu ponsel yang satu ini juga dibekali dengan CPU Octa-core serta baterai berkapasitas 3.350 mAh. Namun sayangnya, smartphone ini hanya menggunakan kamera depan 5 MP padahal kamera belakangnya mencapai 20.7 MP. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini kami rangkum kelebihan Meizu MX4 Pro LTE dan kekurangan Meizu MX4 Pro LTE:

Kelebihan Meizu MX4 Pro LTE
  • Layar luas 5.5 inci
  • Resolusi layar tinggi 1536 x 2560 pixels
  • Tingkat kerapatan layar mencapai 546 ppi
  • Sistem proteksi layar Corning Gorilla Glass 3
  • UI Flyme 4.0
  • Kamera depan 20.7 MP
  • CPU Octa-core
  • GPU Mali-T628
  • Baterai ekstra besar 3350 mAh
  • RAM 3 GB
  • Teknologi 4G LTE
Kekurangan Meizu MX4 Pro LTE
  • OS Android KitKat
  • Kamera depan hanya 5 MP
  • Tanpa slot external memory

Harga Meizu MX4 Pro

Selama ini, Meizu memang termasuk jarang merilis smartphone kelas atas atau premium. Kehadiran smartphone Meziu seri MX4 Pro LTE ini pun sebenarnya sangat mengejutkan. Berbekal spesifikasi kelas atas, pastinya harga Meizu MX4 Pro LTE ini juga akan melambung tinggi. Jika kita kembali mengacu kepada spesifikasi fisik Meizu MX4 Pro LTE ini, harga tinggi memang sudah terasa. Bagaimana tidak, smartphone ini memiliki layar luas dengan resolusi tinggi sehingga tampilan visualnya pun sangat menawan. Selain itu, kualitas komponen dapur pacu pun juga akan mempengaruhi kisaran harga Meizu MX4 Pro LTE  ini. Jika melihat dapur pacunya, performa tinggi memang menjadi jaminan ponsel ini. Hal ini karena Meizu menyematkan CPU Octa-core dan RAM 3 GB yang akan menghasilkan kinerja optimal. Pun begitu dengan lini fotografinya. Keberadaan kamera utama 20.7 MP pasti akan sangat mempengaruhi banderol harga Meizu MX4 Pro LTE ini.

harga meizu mx4 pro

harga meizu mx4 pro lte

Hadir pada medio Desember tahun 2014 yang lalu, harga Meizu MX4 Pro LTE ini dipatok pada kisaran 400 euro. Jika dikonversikan ke mata uang rupiah, mak banderol harga Meizu MX4 Pro LTE ini akan berada pada level Rp 6 jutaan. Harga yang sangat mahal memang. Namun lagi-lagi, harga jual smartphone ini memang sangatlah mahal karena diracik dengan kombinasi hardware mumpuni. Jika dibandingkan dengan produk-produk baru di kelas yang sama, harga jual Meizu MX4 Pro LTE ini pun juga lebih mahal. Apalagi, kekuatan branding Meizu di dunia gadget belum sekuat Xiaomi atau Lenovo yang kini memiliki porsi besar di segmen ponsel pintar kelas menengah. Tapi, secara kualitas memang harga Meizu MX4 Pro LTE ini sudah sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Harga Meizu MX4 Pro LTE
Sekitar Rp 6.400.000,-

Di pasar gadget internasional, kisaran harga Meizu MX4 Pro LTE ini akan bersaing ketat dengan Samsung Galaxy S5 Neo atau ZTE Nubia seri My Prague. Jika dibandingkan dengan kedua smartphone tersebut, harga Meizu MX4 Pro LTE ini memang sangat kompetitif, seimbang dengan harga Galaxy S5 Neo namun lebih mahal dari ZTE Nubia My Prague. Selain itu, kehadiran Meizu MX4 Pro LTE ini juga akan menjadi pesaing ponsel pintar berbeda platform lainnya, seperti misalnya seri iPhone 6 lansiran Apple. So, banderol harga Meizu MX4 Pro LTE ini sangat cocok bagi kawan Begawei yang sedang berburu gadget berbodi compact dengan kemampuan mesin dan fotografi kelas atas. Baca juga ulasan Begawei mengenai Samsung Galaxy S5 Neo dan ZTE Nubia My Prague.

  • Wijaya P Surya

    Supporter dual SIM kah?

  • Wijaya P Surya

    Maksud dari dual LTE?

Top