Harga Meizu M2 Note dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Meizu M2 Note – Perusahaan teknologi asal Tiongkok yang namanya mulai berkibar di jagad gadget dunia ternyata bukan hanya Xiaomi saja. Meizu, yang bisa dibilang sebagai nama baru di dunia teknologi nyatanya berhasil membuktikan bahwa umur muda tak lantas hanya hadir sebagai penggembira saja. Kali ini, Meizu menghadirkan Meizu M2 Note yang merupakan produk terbaru dari salah satu perusahaan asal Negeri Tirai Bambu tersebut. Meski nama Meizu belum sepopuler Xiaomi atau HTC, namun mereka memiliki unit produk baru yang tak bisa dipandang sebelah mata. Ya, Meizu M2 Note ini bisa dibilang sebagai salah satu smartphone dengan teknologi terbaik untuk ukuran ponsel pintar kelas menengah ke bawah atau pemula. Mau bukti? Salah satu teknologi canggih yang dibawa oleh Meizu M2 Note adalah layar 5.5 inci yang sudah dibekali dengan tampilan antarmuka (user interface) Flyme 4.5. UI ini merupakan fitur antarmuka yang dirancang secara mandiri oleh Meizu. Penggunaan UI racikan sendiri pada Meizu M2 Note membuktikan bahwa Meizu juga bisa berinovasi, tak hanya mengandalkan suplai software dari perusahaan lain.

meizu m2 note

Selain layar yang luas dengan tampilan interface menarik, Meizu M2 Note juga dibekali dengan prosesor Mediatek-T720MP3 yang memiliki jumlah core (inti) CPU sebanyak delapan inti atau Octa-core. Kecepatan prosesornya pun cukup baik, yaitu 1.3 GHz. Sedangkan untuk sektor fotografi, Meizu pun juga mengusung komponen fotografi terbaik pada Meizu M2 Note ini. Hal ini terwujud dalam bentuk kamera utama berukuran 13 MP serta kamera sekunder 5 MP. Penggunaan duet kamera 13 MP dan 5 MP tersebut pastinya akan meningkatkan kemampuan fotografi pada Meizu M2 Note ini. Meizu sendiri sengaja menghadirkan M2 Note untuk segmen ponsel pintar kelas pemula atau menengah ke bawah. Itu artinya M2 Note akan duel langsung melawan Xiaomi Redmi dan yang lainnya. Nah untuk mengetahui seberapa tangguh ponsel ini, Begawei sudah menyiapkan ulasan lengkap tentang spesifikasi dan harga Meizu M2 Note pada segmen-segmen berikut ini.

hp meizu m2 note

Review Meizu M2 Note

Smartphone Berkonsep Minimalis Elegan dengan Bezel Tipis

Kita mulai perkenalan kita dengan membahas spesifikasi Meizu M2 Note di bagian desainnya. Pada produk barunya ini, Meizu mengusung konsep desain minimalis elegan. Hal ini terlihat pada bentuk bodi Meizu M2 Note yang memiliki sudut tumpul berpadu dengan bezel tipis pada pinggir layarnya. Kemudian, secara fisik smartphone ini juga memiliki ukuran tubuh yang tak terlalu bongsor. Ukuran tubuhnya mencapai 150,9 x 75,2 x 8,7 mm dengan bobot seberat 149 gram dan ketebalan 8,7 mm. Pada layarnya, Meizu membekali Meizu M2 Note dengan layar Capacitive Touchscreen berukuran 5.5 inci. Jenis layar yang digunakan oleh Meizu adalah layar IGZO. Meski layar jenis IGZO bukanlah jenis layar yang umum digunakan, namun layar tersebut mampu menampilkan kualitas visual yang baik pada Meizu M2 Note ini. Apalagi, layar tersebut memiliki resolusi yang cukup besar, yaitu 1080 x 1920 pixels dengan tingkat kerapatan layar mencapai 403 ppi pixel density. So, meski jenis layarnya bukan layar jenis terbaik, nyatanya secara kualitas layar pada Meizu M2 Note ini tak kalah dengan layar pada smartphone lainnya. Selain itu, Meizu pun menyematkan fitur tampilan antarmuka (user interface) Flyme 4.5 yang akan membuat tampilan visual pada smartphone ini akan menjadi lebih menarik. Sayangnya, Meizu belum mengungkap jenis sistem proteksi layar yang digunakan untuk melengkapi spesifikasi Meizu M2 Note ini. Kemungkinan besar, Meizu akan menggunakan proteksi layar Corning Gorilla Glass atau yang levelnya mendekati.

Dapur Pacu Kelas Pemula Andalkan Chip Mediatek MT6753

Kualitas spesifikasi Meizu M2 Note juga nampak pada ruang dapur pacunya. Pada ruang kendali, Meizu mempercayakan proses olah data dan operasional smartphone barunya ini prosesor Mediatek-MT6753 yang didukung oleh delapan inti (core) CPU, yaitu Octa-core berkecepatan 1.3 GHz. Meski bukanlah kombinasi chip dan prosesor kelas premium, namun kehadiran kedua komponen Meizu M2 Note mampu menyajikan performa serta kinerja olah data yang cukup baik. Operasional smartphone ini juga didukung oleh kehadiran sistem operasional Android OS v5.0 Lollipop. Selain itu, Meizu M2 Note juga diperkuat oleh RAM berkapasitas cukup besar, yaitu 2 GB. Kehadiran RAM 2 GB tersebut akan menyediakan ruang dan space yang cukup luas untuk mesinnya mengolah segala macam aplikasi yang dijalankan oleh penggunanya. Sementar untuk urusan grafis, dapur pacu Meizu M2 Note dibekali dengan kartu pengolah grafis (GPU) Mali-T720MP3. Jika melihat komponen yang ada di dalamnya, sebenarnya smartphone ini memiliki kualitas layaknya gadget kelas menengah ke atas. Hal ini tak lepas dari spesifikasi Meizu M2 Note di ruang dapur pacu yang mengusung hardware-hardware berkualitas tinggi.

spesifikasi meizu m2 note

Memori Internal Bervariasi 16 GB dan 32 GB

Bagian mesin sudah, sekarang saatnya kita membahas spesifikasi Meizu M2 Note pada sektor ruang penyimpanan data atau storagenya. Seperti halnya pada sektor-sektor lain, kali ini Meizu pun membawa komponen-komponen terbaiknya guna mendukung kualitas Meizu M2 Note di bagian memorinya. Sedikit berbeda dengan smartphone kebanyakan, M2 Note racikan Meizu ini dibekali dengan memori internal yang cukup bervariasi. Pada Meizu M2 Note tipe pertama, kawan Begawei akan ditawari ruang memori internal seluas 16 GB. Sementara tipe kedua, dibekali dengan memori internal berkapasitas 32 GB. Sebenarnya tanpa menggunakan memori eksternal pun kapasitas memori pada Meizu M2 Note ini sudah cukup luas. Baik untuk keperluan file sistem ataupun mewadahi file pribadi penggunanya, kedua pilihan memori yang disediakan oleh Meizu itu sudah cukup. Namun jika kawan Begawei ingin ruang yang lebih longgar, spesifikasi Meizu M2 Note di bagian memori juga dilengkapi dengan slot external memory yang bisa diekspansi menggunakan kartu microSD hingga kapasitas 128 GB.

Kamera Utama 13 MP Didukung Kamera Sekunder 5 MP

Sudah sedikit Begawei singgung di awal, bahwa sektor fotografi pada spesifikasi Meizu M2 Note berjalan dengan kualitas yang tak perlu diragukan. Pada smartphone baru racikan Meizu ini erdapat duo kamera digital dengan kemampuan yang sangat baik. Sebagai kamera utama, Meizu M2 Note dibekali dengan kamera berukuran 13 MP yang bertandem dengan dual-LED (dual tone) flash. Kamera tersebut memiliki resolusi sebesar 4208 x 3120 pixels. Selain fitur dual tone LED Flash yang akan membantu kamu dalam mengambil obyek gambar di tempat gelap, kamera utama pada Meizu M2 Note juga mengusung fitur Autofocus yang memiliki ukuran 1/3.06″ sensor size. Fitur ini akan membuat kualitas foto yang dihasilkan oleh Meizu M2 Note semakin bagus. Selain itu, kamera utama pada smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur Geo-Tagging, Touch Focus dan juga Face Detection. Kamera utama pada Meizu M2 Note juga mampu digunakan untuk menghasilkan rekaman video berukuran 1080 pixels. Sebagai pelengkap spesifikasi Meizu M2 Note pada lini fotografi, disematkanlah kamera sekunder berukuran 5 MP yang terletak di sisi depannya.

spesifikasi hp meizu m2 note

Koneksi Data Usung Teknologi 4G LTE

Saatnya kita melihat kemampuan spesifikasi Meizu M2 Note di bagian konektivitas. Sebagai ponsel  kelas menengah ke bawah, smartphone ini hadir dengan kemampuan yang tinggi di sektor koneksi. Adalah koneksi super cepat 4G yang menjadi garda terdepan Meizu M2 Note di sektor akses internet. Dengan kemampuan canggih yang diusung oleh teknologi LTE, Meizu M2 Note mampu menjalankan download dengan kecepatan hingga 150 Mbps. Sementara itu, kecepatan uploadnya berjalan hingga 50 Mbps. Selain itu, daerah-daerah yang belum tersentuh koneksi 4G akan terback-up dengan koneksi 3G yang sudah ada pada smartphone ini. Meizu M2 Note juga menyediakan teknologi WiFi yang membuat kawan Begawei tetap bisa terkoneksi dengan internet tanpa menggunakan paket data. Sedangkan untuk keperluan koneksi jarak dekat, smartphone ini juga dibekali dengan fitur Bluetooth dan juga slot microUSB serta USB Host. Keperluan navigasi pun juga dipenuhi oleh spesifikasi Meizu M2 Note ini. Jika kawan Begawei ingin berpergian, kamu bisa memanfaatkan teknologi navigasi A-GPS dan GLONASS yang sudah ada pada smartphone ini.

Kapasitas Baterai Ekstra Besar 3.100 mAh

Terakhir kita akan membahas spesifikasi Meizu M2 Note di bagian ruang suplai dayanya. Pada bagian yang satu ini sepertinya Meizu menyadari bahwa smartphone racikannya memiliki komponen-komponen hardaware yang butuh suplai daya besar. Untuk itu Meizu M2 Note pun dibekali dengan baterai berkapasitas besar. Tercatat, Meizu menanamkan baterai berkapasitas 3.100 mAh pada M2 Note ini. Dengan kapasitas mencapai 3.100 mAh, Meizu M2 Note akan mampu bertahan hidup selama seharian penuh, jika digunakan secara normal. Jadi, kawan Begawei tak akan cepat kehabisan daya baterai karena spesifikasi Meizu M2 Note ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas sangat besar.

Spesifikasi Meizu M2 Note

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA / LTE
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bandsHSDPA 900 / 1900 / 2100
4G bandsLTE
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
GPRSYes
EDGEYes
Pengumuman
Pengumuman2015, June
StatusAvailable. Released 2015, June
Bodi
Dimensi150.9 x 75.2 x 8.7 mm (5.94 x 2.96 x 0.34 in)
Berat149 g (5.26 oz)
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
TipeIGZO capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.5 inches (~72.8% screen-to-body ratio)
Resolusi1080 x 1920 pixels (~403 ppi pixel density)
MultitouchYes
PerlindunganTo be confirmed
– Flyme 4.5
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v5.0 (Lollipop)
ChipsetMediatek MT6753
CPUOcta-core 1.3 GHz Cortex-A53
GPUMali-T720MP3
Memori
Card slotmicroSD, up to 128 GB (uses SIM 2 slot)
Internal16/32 GB, 2 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang13 MP, 4208 x 3120 pixels, autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Fitur1/3.06” sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video1080p, 1080p@30fps
Kamera Depan5 MP, 1080p
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
RadioNo
USBmicroUSB v2.0, USB Host
Fitur
SensorAccelerometer, gyro, proximity, compass
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML5
Baterai
Non-removable 3100 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan Meizu M2 Note

Meski namanya belum setenar Lenovo atau Xiaomi, namun ternyata Meizu berhasil menghadirkan smartphone berteknologi tinggi dalam diri Meizu M2 Note ini. Salah satu teknologi tinggi yang diusung oleh Meizu sektor visual yang telah menggunakan fitur tampilan antarmuka Flyme 4.5. Selain itu smartphone asal Negeri Tirai Bambu ini juga sudah menggunakan teknologi jaringan data 4G LTE. Sementara untuk catatan minusnya, ponsel ini ternyata menggunakan layar jenis IGZO Capacitiver Touchscreen yang memang jarang digunakan oleh pabrikan lain. Nah agar mendapatkan gambaran lebih jelas, kami sudah merangkum kelebihan Meizu M2 Note dan kekurangan Meizu M2 Note dalam tabel berikut ini:

Kelebihan Meizu M2 Note
  • Luas layar mencapai 5.5 inci
  • Resolusi layar cukup tinggi 1080 x 1920 pixels
  • Kerapatan layar bagus 403 ppi
  • Sudah menggunakan tampilan antarmuka Flyme 4.5
  • Prosesor Octa-core 1.3 GHz
  • RAM 2 GB
  • Memori internal bervariasi 16 GB dan 32 GB
  • Kapasitas baterai 3.100 mAh
  • Sudah menggunakan jaringan data 4G LTE
Kekurangan Meizu M2 Note
  • Tipe IGZO Capacitive Touchscreen belum teruji
  • Slot microSD menyatu dengan slot SIM Card 2
  • GPU hanya menggunakan Mali-T720MP3

Harga Meizu M2 Note

Kali ini Meizu menghadirkan smartphone dengan spesifikasi kelas menengah yang secara kualitas tak kalah dengan smartphone kelas atas. Lalu, berapakah harga Meizu M2 Note ini? Sebelum kita membahas benderol harganya lebih lanjut, kami akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai spesifikasi Meizu M2 Note ini. Jika dilihat dari kualitas layarnya, smartphone ini sebenarnya memiliki kualitas ‘fifty-fifty’. Jenis layar M2 Note memang hanya berupa layar IGZO, namun resolusi dan kerapatannya sangat tinggi. Hal ini pastinya berpengaruh pada harga Meizu M2 Note di pasaran. Selain itu, smartphone ini juga memiliki teknologi jaringan data 4G LTE dan juga kapasitas baterai 3.100 mAh. Lini fotografi pada ponsel ini pun juga memiliki kualitas fotografi yang cukup bagus lewat kamera 13 MP dan 5 MP. Namun dengan kualitas tinggi pada spesifikasinya, harga Meizu M2 Note ini ternyata adalah harga kelas menengah.

harga meizu m2 note

harga meizu m2 note terbaru

Benar sekali. Banderol harga Meizu M2 Note ternyata tak semahal yang dikira. Meizu membanderol M2 Note dengan harga sekitar 120 euro, atau setara dengan Rp 1,6 jutaan. Jika kita kembali menilik spesifikasinya, sebenarnya Meizu M2 Note ini pantas dihargai dengan banderol harga lebih tinggi. Namun akhirnya Meizu memutuskan untuk menempatkan harga Meizu M2 Note di level menengah ke bawah. Meski banderol harganya murah, kualitas smartphone ini tak serta merta menjadi murahan juga. Jadi, jika kita melihat banderol harga Meizu M2 Note dengan kualitas spesifikasinya, maka harga yang berada pada level Rp 1,6 jutaan itu merupakan harga terbaik untuk ponsel pintar kelas menengah bawah dengan spek bermutu cukup baik.

Harga Meizu M2 Note
Sekitar Rp 1.600.000,-

Strategi Meizu dengan menempatkan harga Meizu M2 Note di level menengah ke bawah memang sangat menarik. Bagaimanapun juga, Meizu belum memiliki porsi besar di pasar gadget Indonesia, termasuk Indonesia. Jadi wajar jika akhirnya Meizu M2 Note dilepas dengan harga yang tak terlalu mahal. Namun sekali lagi, harga Meizu M2 Note ini tak berarti membuatnya menjadi smartphone bermutu rendah. Spesifikasi ponsel ini jelas tak bisa dipandang remeh. So, buat kawan Begawei yang merupakan pengguna smartphone pemula, menebus harga Meizu M2 Note yang tak terlalu mahal tersebut merupakan pilihan yang bagus. Baca juga review Begawei mengenai Advan M6 dan Asus Zenfone Max ZC550KL.

Top