Harga Lenovo Zuk Z1 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Lenovo Zuk Z1 – Perkembangan teknologi smartphone dari waktu ke waktu semakin melaju pesat. Seri-seri lama yang telah meluncur di pasaran semakin dikembangakan dengan aneka fitur dan performa yang semakin baik. Lenovo, salah satu vendor asal Tiongkok ini juga tak mau ketinggalan. Mereka baru saja memperkenalkan perangkat baru dalam wujud Lenovo Zuk Z1 yang menurut rencana akan dirilis pada akhir Agustus ini. Smartphone yang diplot untuk menempati level menengah ke atas ini memiliki berbagai pengembangan fitur dan spesifikasi yang lebih baik dibanding dengan seri sebelumnya, yaitu Lenovo A2010. Dengan meluncurkan Lenovo Zuk Z1 ini, perusahaan asal Negeri Tirai Bambu itu akan semakin mempersengit persaingan dunia teknologi di segmen menengah atas. Sebagaimana kita tahu, Lenovo memang baru saja sukses dengan Lenovo A7000 yang laris manis di pasaran. Nah, Lenovo Zuk Z1 ini juga diharapkan mengikuti kesuksesan Lenovo A7000.

lenovo zuk z1

Biasanya, sebuah produk atau seri terbaru dari ponsel pintar akan memberikan spesifikasi dan fitur terbaru atau memberikan harga yang lebih terjangkau dari generasi sebelumnya. Seperti pada Lenovo Zuk Z1 ini, kehebatan jagoan baru dari Lenovo ini dapat dibuktikan dengan teknologi terbaru yang dimilikinya, yakni teknologi jaringan data 4G LTE. Bukan hanya itu saja, Lenovo Zuk Z1 ini juga memiliki memori internal hingga 64 GB. Tidak seperti generasi sebelumnya, smartphone Zuk Z1 ini juga dilengkapi dengan konektivitas navigasi GLONNAS yang tentunya akan memberikan kualitas pemetaan yang semakin baik. Dengan dilengkapi oleh berbagai teknologi dan komponen yang lebih berkualitas, maka Lenovo Zuk Z1 ini merupakan salah satu pilihan yang sanggup memenuhi kebutuhan gadget kawan Begawei. Sebagai pendatang baru yang siap bersaing, selain didukung dengan teknologi terbaru Lenovo Zuk Z1 ini juga memberikan desain yang pastinya akan disukai oleh penggunanya. Nah, bagi yang sudah penasaran dengan gadget terbaru ini, Begawei telah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Lenovo Zuk Z1 pada segmen-segmen berikut ini.

hp lenovo zuk z1

Review Lenovo Zuk Z1

Desain Sederhana Namun Stylish

Tampilan desain dari spesifikasi Lenovo Zuk Z1 di bagian fisik ini memiliki konsep yang terlihat sederhana, namun sangat berkelas dan pastinya punya gaya tersendiri. Pilihan warna yang tidak terlalu mencolok membuat smartphone ini terlihat begitu stylish. Selain itu, Lenovo Zuk Z1 pun tampil dengan sudut lengkung yang membuatnya mudah dioperasikan dan nyaman untuk digenggam. Dengan ukuran bodi berdimensi 155.7 x 77.3 x 8.9 mm ini serta berat 175 gram, menjadikannya mudah dibawa kemanapun meski bobotnya lumayan berat. Untuk sektor layar, Lenovo Zuk Z1 ini memiliki layar berukuran 5.5 inci dengan tipe layarnya adalah jenis IPS LCD Capacitive Touchscreen. Layar full HD dengan resolusi 1080 x 1920 pixels serta kerapatan sebesar 401 ppi itu akan menjadikan tampilan visual Lenovo Zuk Z1 begitu tajam dan nyaman untuk dilihat. Layar smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur Fingerprint Sensor yang dapat mendeteksi sidik jari sebagai fitur pengamannya. Selanjutnya, Lenovo Zuk Z1 juga dibekali dengan fitur deteksi multijari dengan support teknologi CyanogenMod 12.1 yang akan memberikan kemampuan multitouch yang responsif. Namun sayangnya, spesifikasi Lenovo Zuk Z1 pada bagian layarnya belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar kelas satu. Hal ini mengharuskan kawan Begawei untuk menambahkan pelindung layar tambahan pada ponsel ini.

Jaminan Performa Tangguh Berkat Komponen Dapur Pacu Berkualitas

Pada spesifikasi Lenovo Zuk Z1 bagian dapur pacu, Lenovo menyematkan komponen-komponen hardware berkualitas tinggi untuk menjamin performanya. Untuk memenuhi kualifikasi jenis smartphone masa kini, Lenovo Zuk Z1 chipset Qualcomm Snapdragon 801 yang di dalamnya terdapat CPU Quad-core 2.5 GHz Krait 400. Meski jumlah core-nya hanya empat, namun prosesor pada Lenovo Zuk Z1 ini memiliki kecepatan kelas dewa, mencapai 2.5 GHz. Hal ini pula lah yang membuat kemampuan operasional Zuk Z1 sangat cepat dan responsif. Smartphone terbaru racikan Lenovo ini juga berjalan pada sistem operasi Android OS Lollipop v5.1 yang akan membuat Lenovo Zuk Z1 kaya akan fitur-fitur unik yang pastinya menyenangkan. Berpindah ke urusan grafis, kali ini Lenovo mempercayakan sektor grafis Lenovo Zuk Z1 kepada kartu pengolah grafis atau GPU tipe Andreno 330. Kemampuan GPU Andreno memang sudah tak perlu diragukan lagi. Dengan tambahan komponen tersebut, spesifikasi Lenovo Zuk Z1 akan semakin sempurna karena memiliki performa olah data yang baik serta tampilan visualisasi grafis yang menawan.

spesifikasi lenovo zuk z1

Kapasitas Storage Ekstra Longgar

Berikutnya, kita akan mengupas spesifikasi Lenovo Zuk Z1 pada ruang penyimpanan filenya. Sebelumnya, perlu Begawei informasikan bahwa smartphone ini merupakan seri perangkat tanpa slot penyimpanan eksternal. Itu artinya, Lenovo Zuk Z1 hanya mengandalkan memori internal sebagai storage utamanya. Namun tak perlu khawatir, karena memang tak dibekali slot external memory maka internal memory pada Lenovo Zuk Z1 pun dipastikan akan sangat luas. Benar saja, internal memory ponsel ini berkapasitas 64 GB. Ruang seluas itu akan sanggup menampung file-file aplikasi berukuran besar. Kemudian, untuk keperluan sistem Lenovo membekali spesifikasi Lenovo Zuk Z1 dengan memori RAM seluas 3 GB. Kapasitas RAM tersebut akan membantu operasional komponen dapur pacu pada smartphone ini.

Duet Kamera 13 MP dan 8 MP Jadi Andalan Lini Fotografi

Untuk kualitas kamera pada spesifikasi Lenovo Zuk Z1 ini juga tidak kalah dengan perangkat lainnya. Smartphone ini memiliki dua buah kamera yang akan menghasilkan jepretan gambar dan video cukup bagus. Dengan ukuran kamera utama sebesar 13 MP dengan resolusi 4160 x 3120 pixels, kawan Begawei akan mampu menghasilkan jepretan foto yang tajam dan berkualitas tinggi. Selain itu, kamera utama Lenovo Zuk Z1 juga telah dilengkapi dengan fitur dual-LED Flash serta Optical Image Stabilization. Fitur lampu Flash pada smartphone ini akan membantu kamu dalam mengambil foto di tempat-tempat minim cahaya. Sementara itu, fitur Optical Image Stabilization pada Lenovo Zuk Z1 akan membantu kawan Begawei dalam mengambil obyek bergerak agar hasil jepretannya tetap fokus. Fitur pendukung lain juga terdapat pada kamera utama yang terletak di bagian belakang Lenovo Zuk Z1 ini, seperti fitur Geo-tagging, Touch Focus, Face Deterction serta Panorama yang akan memberikan efek pada gambar yang kawan Begawei ambil. Lalu, spesifikasi Lenovo Zuk Z1 pada lini fotografi juga disempurnakan dengan penambahan kamera sekunder berukuran 8 MP yang terletak di sisi depannya.

spesifikasi hp lenovo zuk z1

Koneksi Internet Cepat dan Stabil Menggunakan Teknologi 4G LTE

Berlanjut pada bagian konektivitas, spesifikasi Lenovo Zuk Z1 ini sudah sudah cukup canggih karena selain memiliki slot dual SIM, smartphone ini juga sangat membantu memenuhi keperluan kawan Begawei dalam berinternet ria. Teknologi komunikasi GSM yang menjadi andalan Lenovo Zuk Z1 ini memiliki akses internet data terbaik yang ada saat ini, yaitu teknologi data seluler 4G LTE. Dengan teknologi jaringan data 4G LTE, Lenovo Zuk Z1 bisa dipacu untuk keperluan download hingga mencapai kecepatan maksimal 150 Mbps. Sedangkan untuk kebutuhan upload, smartphone ini mampu menembus kecepatan hingga 50 Mbps. Kecepatan akses internet Lenovo Zuk Z1 pastinya akan sengat memudahkan penggunanya. Selain itu, ponsel ini juga telah dilengkapi dengan pilihan koneksi alternatif lainnya, yaitu jaringan data 3G HSPA. Keberadaan jaringan HSPA pada Lenovo Zuk Z1 ini akan memudahkan kebutuhan akses data bagi kawan Begawei yang daerahnya belum terjangkau jaringan 4G LTE. Meski kecepatan jaringan 3G tak sekencang LTE, namun jaringan tersebut sangat bisa diandalkan. Lalu, tak lupa pula Lenovo Zuk Z1 dibekali dengan fitur-fitur koneksi jarak dekat yang fungsional, mulai dari fitur WiFi, WiFi Direct, Bluetooth v4.1 dan juga microSUB serta USB on the Go. Keberadaan fitur-fitur tersebut akan memudahkan pengguna Lenovo Zuk Z1 saat ingin berinternetan menggunakan koneksi wireless atau saat ingin mentransfer data. Sebagai penyempurna spesifikasi Lenovo Zuk Z1 di bagian konektivitas, disematkan pula teknologi navigasi A-GPS dan juga GLONASS untuk memudahkan kebutuhan pemetaan kawan Begawei.

Pasokan Daya Andalkan Baterai 4.100 mAh

Untuk perangkat penyedia daya, spesifikasi Lenovo Zuk Z1 memiliki penyedia daya yang cukup tinggi, yakni hingga mencapai kapasitas 4.100 mAh. Kapasitas sebesar itu dipastikan lebih dari cukup untuk menjalankan segala aplikasi yang ada pada Lenovo Zuk Z1 ini. Baterai jenis Lithium-Polymer 4.100 mAh ini akan mampu membuat Zuk Z1 bertahan selama seharian penuh. Untuk waktu bicara atau talk time di jaringan 3G, ponsel ini bisa bertahan hidup selama kurang lebih 38 jam. Sedangkan untuk waktu stand-by di jaringan 3G, Lenovo Zuk Z1 bisa bertahan selama kurang lebih 526 jam. So, buat kamu yang memiliki aktifitas tinggi, pastinya baterai berkapasitas besar pada spesifikasi Lenovo Zuk Z1 ini akan sangat membantu kamu.

Spesifikasi Lenovo Zuk Z1

Jaringan
Teknologi GSM / CDMA / HSPA / LTE
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
CDMA 800
3G bands HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
TD-SCDMA
4G bands LTE band 1(2100), 3(1800), 7(2600), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500)
Kecepatan HSPA, LTE
GPRS Yes
EDGE Yes
Pengumuman
Pengumuman 2015, August
Status Coming soon. Exp. release 2015, August
Bodi
Dimensi 155.7 x 77.3 x 8.9 mm (6.13 x 3.04 x 0.35 in)
Berat 175 g (6.17 oz)
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
– Fingerprint sensor
Layar
Tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 5.5 inches (~69.3% screen-to-body ratio)
Resolusi 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density)
Multitouch Yes
– CyanogenMod 12.1
Dapur Pacu
OS Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
Chipset Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801
CPU Quad-core 2.5 GHz Krait 400
GPU Adreno 330
Card slot No
Internal 64 GB, 3 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang 13 MP, 4160 x 3120 pixels, autofocus, optical image stabilization, dual-LED flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama
Video Yes
Kamera Depan 8 MP
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot
Bluetooth v4.1
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
Radio No
USB microUSB v3.0, Type-C reversible connector, USB On-The-Go
Fitur
Sensor Accelerometer, gyro, proximity, compass
Pengumuman SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Baterai
Non-removable Li-Po 4100 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Zuk Z1

Tak bisa dipungkiri, kelebihan utama Lenovo Zuk Z1 ini adalah suplai dayanya yang cukup besar karena mengandalkan baterai berkapasitas 4.100 mAh. Selain itu smartphone ini juga telah menggunakan teknologi CyanogenMod 12.1 yang akan meningkatkan kemampuan deteksi multi jarinya. Sedangkan catatan minus smartphone ini nampak pada belum adanya sistem proteksi layar sejenis Corning Gorilla Glass atau yang lainnya. Agar lebih jelas, berikut ini adalah tabel kelebihan Lenovo Zuk Z1 dan kekurangan Lenovo Zuk Z1:

Kelebihan Lenovo Zuk Z1
  • Jaringan 4G LTE
  • Dual SIM
  • Fingerprint sensor
  • Layar full HD (1080 X 1920) kerapatan 401 ppi
  • CyanogenMod 12.1
  • OS Lollipop v5.1.1
  • Processor Quad-core 2.5 GHz Krait 400 (snapdragon 801)
  • 3GB RAM
  • GPU Adreno 330
  • Memori Internal 64 GB
  • Kamera belakang 13 MP, kamera depan 8 MP
  • Navigasi AGPS dan GLONNAS
  • MicroUSB v3.0 tipe C
  • Baterai Li-Po 4100 mAh
  • Harga cukup terjangkau
  • Fast battery charging
Kekurangan Lenovo Zuk Z1
  • Tidak ada slot memori eksternal
  • Bobot agak berat (175 g)
  • Baterai non-removable
  • Belum menggunakan proteksi layar

Harga Lenovo Zuk Z1

Tak terasa, sekarang kita telah masuk ke segmen harga Lenovo Zuk Z1 setelah tadi kita puas memberedel spesifikasinya sektor demi sektor. Seperti yang sudah sempat Begawei singgung di bagian awal tadi, kisaran harga Lenovo Zuk Z1 ini akan masuk dalam level menengah atas. Namun, sebelum kita lebih jauh berbicara mengenai harganya, ada baiknya kita sedikit menyimpulkan dari pembahasan spesifikasinya. Jika melihat spesifikasinya, rasanya kualitas Lenovo Zuk Z1 ini tak perlu diragukan lagi. Hadir dengan layar 5.5 inci, pastinya smartphone ini akan memberikan tampilan visual yang menawan. Selain itu, performa mesin ponsel ini juga menjanjikan karena mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 801, plus didukung oleh kehadiran RAM berkapasitas 3 GB. So, dengan spesifikasi kelas atas tersebut, kira-kira banderol harga Lenovo Zuk Z1 ini berapa ya?

harga lenovo zuk z1

harga lenovo zuk z1 terbaru

Seperti dilansir oleh laman GSM Arena pada Kamis (27/8), banderol harga Lenovo Zuk Z1 ini berkisar di level 250 euro, atau sekitar Rp 4 jutaan. Untuk pasar gadget Indonesia, harga tersebut memang tergolong mahal. Namun jika kita melihat kualitas yang ada di dalamnya, banderol harga Lenovo Zuk Z1 ini memang sudah sesuai. Mulai dari layar, komponen mesin hingga perangkat suplai daya, Lenovo Zuk Z1 ini memiliki kualitas yang sangat bagus. Meski belakangan pamor Lenovo mulai terusik oleh para pendatang baru di pasar gadget, namun jika berbicara kualitas memang nama Lenovo tak bisa diremehkan. Hal ini pula lah yang membuat harga Lenovo Zuk Z1 berada di level tinggi.

Harga Lenovo Zuk Z1
Sekitar Rp 4.000.000,-

Banderol harga Lenovo Zuk Z1 yang masuk kategori sangat mahal tadi memang cocok bagi kawan Begawei yang mementingkan kualitas sebuah produk. Bayang-bayang kesuksesan Lenovo A7000 pasti masih memayungi Lenovo Zuk Z1 ini, meski sebenarnya secara spesifik A7000 tak lebih baik dari Zuk Z1. Jika dibandingkan dengan produk dari para pesaingnya pun sebenarnya spesifikasi mesin dan harga Lenovo Zuk Z1 ini sangat kompetitif. So, lagi-lagi kembali kepada keinginan sobat Begawei sekalian. Jika ingin gadget berkualitas dengan layar yang luas, banderol harga Lenovo Zuk Z1  dan juga spesifikasinya bisa menjadi pilihan kamu. Baca juga ulasan Begawei mengenai Xiaomi Redmi Note 2 dan Huawei Honor 7i.

Top