Harga Lenovo S580 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Lenovo S580 – Kali ini Begawei kembali hadir dengan ulasan tentang gadget yang rilis tahun lalu. Untuk para pengguna gadget, biasanya gadget yang telah lama rilispun masih banyak yang belum mengetahui informasi detail seputar spesifikasi dan harganya. Ya, kali ini Begawei akan mengulas tentang Lenovo S580 yang merupakan salah satu smartphone rilisan vendor asal Tiongkok, Lenovo. Jika kemarin kita mengupas tuntas produk yang benar-benar fresh yakni Lenovo Zuk Z1, maka kali ini Begawei akan mengajak kamu semua untuk sedikit flashback ke akhir tahun 2014 yang lalu. Benar sekali, Lenovo S580 ini sebenarnya telah dirilis pada September tahun 2014 yang lalu. Namun kala itu Lenovo baru merilis ponsel ini untuk pasar lokal serta beberapa negara di kawasan Amerika. Lenovo S580 ini pun masuk ke Indonesia jelang akhir tahun 2014 yang lalu. Seperti yang sudah Begawei ungkap tadi, tak ada salahnya kita sedikit menyegarkan ingatan kawan Begawei tentang Lenovo S580 karena banyak dari pecinta gadget yang belum tahu informasi detail mengenai ponsel pintar ini.

lenovo s580

Lenovo memang dikenal sebagai produsen ponsel pintar berkualitas namun berharga murah. Setelah merilis Lenovo S580 pada tahun lalu, perusahaan asal Negeri Tirai Bambu tersebut melebarkan sayapnya lewat cara mengakuisisi perusahaan teknologi Motorola. So, meski Lenovo S580 hanya ditempatkan di segmen kelas pemula, tetap saja Lenovo memberikan bekal yang berkualitas guna menjaga persaingannya di dunia gadget internasional. Kali ini, Lenovo menawarkan visualisasi yang mantap lewat layar berukuran 5 inci. Kemudian, Lenovo pun juga membekali Lenovo S580 dengan chipset Qualcomm Snapdragon 200 yang memiliki CPU Quad-core 1.2 GHz. Hal ini juga sangat menarik karena bisanya smartphone kelas pemula jarang ada yang menggunakan prosesor besutan Qualcomm. Sedangkan untuk keperluan fotografinya, Lenovo S580 dipersenjatai dengan duet kamera 8 MP serta 2 MP. Tak terlalu mengecewakan bukan? Nah untuk ulasan lebih lengkap mengenai spesifikasi dan harga Lenovo S580 ini, yuk simak review khas Begawei di segmen-segmen berikut ini!

hp lenovo s580

Review Lenovo S580

Smartphone 5 Inci dengan Bodi Ringan dan Desain Penuh Gaya

Mengulas tentang spesifikasi Lenovo S580 ini, kawan Begawei akan diberikan sebuah smartphone kelas low-end dengan desain tampilan yang cukup menarik dan sederhana. Namun dibalik kesederhanaan desain Lenovo S580, tetap saja ponsel ini memiliki ciri khas yang membuatnya terlihat penuh gaya. Smartphone ini memang cukup stylish karena memiliki konsep desain khas Lenovo dengan bentuk tubuh memanjang berpadu dengan sudut minimalis di keempat ujungnya. Secara fisik, Lenovo S580 memiliki ukuran tubuh sebesar 139.9 x 69.9 x 8.1 mm dengan berat 129 g. Dimensi tubuh ponsel ini menjadikannya nampak ramping dan ringan sehingga mudah dioperasikan. Untuk urusan visual, Lonovo mempercayakannya pada layar jenis IPS LCD Capacitive Touchscreen yang memiliki luas bentangan mencapai 5 inci. Meski resolusinya rendah, hanya sebesar 720 x 1280 pixels, namun tampilan visual yang dihadirkan oleh Lenovo S580 ini cukup baik karena tingkat kerapatan layarnya mencapai 294 ppi. Jadi, kawan Begawei tetap akan bisa menikmati tampilan layar yang lega dan tentunya enak dilihat. Namun sayangnya, karena hanya merupakan ponsel pintar kelas pemula, spesifikasi Lenovo S580 pada bagian layar ini belum dibekali dengan sistem proteksi layar yang mumpuni. So, kawan Begawei harus menambahkan screen guard manual guna melindungi layarnya.

Hardware Dapur Pacu Standar Andalkan CPU Quad-core 1.2 GHz

Untuk perangkat bagian dalam, spesifikasi Lenovo S580 ini memang telah disesuaikan untuk kelas pemula. Dengan mengandalkan prosesor setingkat Quad-core 1.2 GHz Cortex A7 dengan chipset Qualcomm Snapdargon 200 serta RAM berkapasitas 1 GB, Lenovo S580 memiliki performa yang cukup baik untuk smartphone kelas pemula. Jadi, untuk penggunaan normal smartphone ini tetap bisa diandalkan meski komponen hardware yang ada didalamnya merupakan komponen kelas pemula. Lalu untuk mengendalikan semua perangkat hardware di ruang dapur pacunya, Lenovo S580 dibekali dengan sistem operasi Android OS v4.3 Jelly Bean. Untuk sektor OS memang smartphone ini bisa dibilang ketinggalan jaman. Namun hal itu tak menjadi masalah karena OS Jelly Bean memiliki kemampuan yang baik dan kaya akan fitur menarik. Kinerja Lenovo S580 pun juga akan ditolong oleh keberadaan RAM berkapasitas 1 GB. Sedangkan untuk urusan grafis, spesifikasi Lenovo S580 ini diperkuat oleh kartu pengolah grafis atau GPU Andreno 302.

spesifikasi lenovo s580

Memori Internal 8 GB Bisa Diekspansi Hingga 32 GB

Sekarang kita masuk ke spesifikasi Lenovo S580 di bagian ruang penyimpanan atau storage. Untuk memenuhi keperluan penyimpanan file penggunanya, kali ini Lenovo menanamkan memori internal seluas 8 GB pada Lenovo S580 ini. Untuk smartphone kelas pemula, kapasitas memori internal itu sudah cukup besar. Keberadaan memori seluas 8 GB pada Lenovo S580 ini akan memberikan ruang yang cukup besar agar kawan Begawei bisa menyimpan file-file penting dalam satu perangkat gadget saja. Selain itu, spesifi8kasi Lenovo S580 pada bagian memori ini juga dilengkapi dengan slot external memory yang bisa diekspansi hingga mencapai kapasitas 32 GB. Ukuran ini lebih dari cukup untuk menyimpan file-file seperti foto, audio, video dan lain-lain.

Lini Fotografi Kelas Pemula Andalkan Duet Kamera 8 MP dan 2 MP

Untuk spesifikasi Lenovo S580 pada bagian fotografi memang sesuai dengan segmentasinya. Sebagai kamera utama, Lenovo menyematkan kamera berukuran 8 MP yang memiliki resolusi lensa 3264 x 2448 pixels. Kamera utama Lenovo S580 tersebut sudah dilengkapi dengan fitur Autofocus dan juga LED Flash. Fitur-fitur fotografi modern pun juga sudah disematkan pada ponsel ini, seperti misalnya fitur Geo-tagging, Touch Focus serta Face Detection yang bisa digunakan untuk melakukan pengambilan gambar dengan hasil yang lebih bagus. Selain bisa digunakan untuk menghasilkan jepretan foto yang bagus, kamera utama pada Lenovo S580 ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas yang cukup baik. Perangkat terakhir yang melengkapi spesifikasi Lenovo S580 di bagian kamera ini adalah kamera sekunder berukuran 2 MP yang pastinya bisa kawan Begawei gunakan untuk mengambil foto selfie atau melakukan video call.

spesifikasi hp lenovo s580

Akses Internet Masih Berjalan pada Koneksi 3G HSDPA

Saatnya masuk ke spesifikasi Lenovo S580 di bagian konektivitasnya. Tak seperti smartphone generasi baru yang sudah mengusung teknologi jaringan 4G LTE, kali ini Lenovo masih membekali produk barunya ini dengan teknologi jaringan data 3G HSDPA. Meski Lenovo S580 masih mengandalkan jaringan 3G, namun akses internetnya cukup bisa diandalkan. Untuk keperluan download, smartphone ini bisa dipacu hingga mencapai kecepatan maksimal 42.5 Mbps. Sementara untuk download, Lenovo S580 ini bisa meraih kecepatan akses hingga mencapai 5.76 Mbps. Perangkat ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mendeteksi keberadaan suatu wilayah. Lenovo S580 memang sudah dilengkapi dengan GPS yang memanfaatkan teknologi A-GPS. Teknologi tersebut satu step lebih baik daripada jenis GPS biasa sehingga navigasi akan berjalan dengan lebih akurat. Selain konektivitas data tersebut, spesifikasi Lenovo S580 juga dilengkapi dengan Bluetooth A2DP dan juga fitur microUSB v2.0. guna mendukung keperluan transfer data jarak dekat secara nirkabel.

Baterai Standar Berkapasitas 2.150 mAh

Terakhir, kita akan menilik spesifikasi Lenovo S580 pada sektor pemasok dayanya. Sesuai dengan dapur pacunya yang masuk dalam kategori mesin kelas menengah ke bawah, maka Lenovo S580 kali ini juga dibekali dengan kapasitas baterai yang seimbang dengan dapur pacunya. Pada ponsel pintar terbarunya ini, Lenovo menanamkan baterai jenis Lithium Polymer berkapasitas 2.150 mAh. Baterai tersebut mampu bertahan hidup hingga 312 jam dalam posisi stand-by di jaringan 3G. Selain kapasitas Lenovo S580 yang tergolong kuat, penggunaan baterai jenis Li-Po juga menjadi keunggulan lain dari smartphone ini. Biasanya, ponsel pintar kelas menengah lain hanya menggunakan baterai Li-Ion yang kualitasnya tak sebagus Li-Po. Namun, spesifikasi Lenovo S580 kali ini menghadirkan teknologi baterai yang jamak digunakan pada smartphone kelas atas.

Spesifikasi Lenovo S580

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bands HSDPA 900 / 2100
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
Pengumuman
Pengumuman 2014, September
Status Available. Released 2014, September
Bodi
Dimensi 139.8 x 69.9 x 8.1 mm (5.50 x 2.75 x 0.32 in)
Berat 129 g (4.55 oz)
SIM Dual SIM (Mini-SIM, dual stand-by)
Layar
Tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 5.0 inches (~70.5% screen-to-body ratio)
Resolusi 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Dapur Pacu
OS Android OS, v4.3 (Jelly Bean)
Chipset Qualcomm Snapdragon 200
CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7
GPU Adreno 302
Memori
Card slot microSD, up to 32 GB
Internal 8 GB, 1 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection
Video Yes
Kamera Depan 2 MP
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth v4.0
GPS Yes, with A-GPS
Radio To be confirmed
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor Accelerometer, proximity
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML
Baterai
Li-Po 2150 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo S580

Salah satu nilai jual yang dimiliki oleh Lenovo S580 ini adalah konektivitas dual SIM yang dimilikinya. Meski belum mengusung teknologi jaringan data 4G LTE, namun dengan ketersediaan slot dua SIM Card pastinya akan memudahkan komunikasi penggunanya. Selain itu smartphone ini juga memiliki ukuran layar yang luas, mencapai 5 inci. Hal ini pasti akan memberikan tampilan visual yang lega. Namun sayangnya, smartphone terbaru dari Lenovo ini masih berjalan pada OS Android Jell Bean yang dikatakan ketinggalan jaman. Untuk gambaran jelasnya, berikut ini adalah tabel kelebihan Lenovo S580 dan kekurangan Lenovo S580:

Kelebihan Lenovo S580
  • Dual SIM
  • Kamera depan 8MP
  • Baterai Removable
  • Slot Memori Eksternal 32 GB
  • Bluetooth v4.0
  • MicroUSB v2.0
  • Adreno 302
  • Harga Terjangkau
Kekurangan Lenovo S580
  • Belum menggunakan 4G LTE
  • Baterai 2150 mAh
  • OS Android Jelly Bean
  • Navigasi hanya menggunakan A-GPS

Harga Lenovo S580

Setelah kita membahas ‘jeroannya’, di segmen terakhir ini kita akan membahas mengenai harga Lenovo S580 yang hingga kini masih menjadi salah satu produk yang menjadi andalan Lenovo. Melalui Lenovo S580, vendor ponsel pintar asal Tiongkok ini menyajikan spesifikasi yang cukup berkualitas untuk para pengguna gadget kelas pemula. Desainnya yang mengandalkan layar berukuran 5 inci, membuat handset ini sangat nyaman digenggam karena tak terlalu lebar. Mutu visual yang dihadirkan pun juga mempengaruhi harga Lenovo S580 di pasaran. Visualisasi smartphone ini cukup bagus karena hadirnya panel layar IPS dengan tingkat kerapatan layar yang tinggi. Sementara itu, dapur pacu ponsel pintar ini juga tampil baik dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 200 serta prosesor Quad-core 1.2 GHz dan juga RAM 1 GB. So, dengan spesifikasi seperti itu kira-kira harga Lenovo S580 ini berapa ya?

harga lenovo s580

harga lenovo s580 terbaru

Seperti dilansir oleh GSM Arena, banderol harga Lenovo S580 ini adalah sekitar 170 euro, atau setara dengan sekitar Rp 2,7 jutaan. Untuk smartphone kelas pemula, sebenarnya banderol harga Lenovo S580 ini tergolong cukup mahal. Apalagi, smartphone ini belum menggunakan teknologi jaringan data 4G LTE. Namun meski begitu, Begawei berpendapat bahwa Lenovo S580 ini sangat cocok bagi kamu pengguna gadget Android pemula yang menginginkan perangkat berlayar lebar. Selain itu, banderol harga Lenovo S580 ini pun juga dipengaruhi oleh komponen dapur pacunya yang cukup berkualitas untuk ukuran ponsel pintar kelas menengah ke bawah. Jika dibandingkan dengan kisaran harga para pesainganya seperti dari Xiaomi atau HTC, harga jual Lenovo seri S580 ini juga cukup bersaing.

Harga Lenovo S580
Sekitar Rp 2.700.000,-

Sebagai produk smartphone kelas menengah atas dengan harga yang cukup mahal, mungkin konsumen tak melirik produk baru Lenovo ini. Ya, harga Lenovo S580 ini memang cukup mahal. Faktor yang cukup mempengaruhi sukses tidaknya Lenovo S580 ini pastinya adalah kekuatan brand Lenovo sendiri. Hal ini pula lah yang membuat banderol harga Lenovo S580 terhitung cukup tinggi di pasaran. Tak bisa dipungkiri, nama Lenovo memang cukup diperhitungkan di pasar gadget kelas menengah ke bawah. So, buat kawan Begawei yang tertarik dengan harga Lenovo S580 ini, segeralah kunjungi outlet-outlet gadget terdekat sebelum kehabisan! Baca juga review Begawei mengenai Lenovo A6000 dan Asus Zenfone Go ZC500TG.

Top