Harga Asus ZenPad 7 Z370CG dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Asus Zenpad 7 – Selain memperkenalkan Zenfone 2 Laser series, Asus pun masih memiliki satu unit gadget baru lagi. Jika sebelumnya perusahaan asal Tiongkok itu berfokus pada segmen smartphone, maka gadget baru yang akan kita bahas ini adalah sebuah tablet. Gadget terbaru racikan Asus ini memiliki nama resmi Asus ZenPad 7 Z370CG, yang merupakan versi baru dari tablet Asus di kelas 7 inci. Selain smartphone Zenfone 2 Laser series, Asus memang punya pertimbangan tersendiri mengapa mereka juga merilis tablet Asus ZenPad 7 Z370CG ini. Hal ini memang berhubungan dengan permintaan tablet di pasar gadget dunia yang semakin banyak. Bahkan, menurut sebuah riset permintaan tablet dunia pada kuartal ketiga tahun 2015 ini naik sebesar 8 persen. Kesempatan inilah yang tak ingin dilewatkan Asus, salah satunya dengan memperkenalkan Asus ZenPad 7 Z370CG ini. Asus sendiri menempatkan ZenPad 7 generasi baru ini di segmen pasar gadget kelas menengah ke bawah. Namun bukan Asus namanya jika tak mampu meracik gadget dengan kualitas tinggi.

asus zenpad 7

Bersaing di level tablet Android kelas menengah ke bawah, Asus ZenPad 7 Z370CG ini membawa bekal spesifikasi yang mencukupi. Tablet ini mengusung layar berukuran 7 inci. Meski resolusi layarnya hanya berukuran standar, namun tampilan visual pada tablet ini masih tertolong oleh tingkat kerapatan layarnya yang tergolong tinggi, yaitu mencapai 216 ppi. Selain itu, layar pada Asus ZenPad 7 Z370CG juga telah menggunakan sistem perlindungan layar Corning Gorilla Glas dengan sentuhan oleophobic coating yang akan melindungi layar dari resiko goresan atau debu. keudian, Asus ZenPad 7 Z370CG ini juga didukung oleh komponen hardware dapur pacu yang mengandalkan chipset Intel Atom yang terdiri dari empat inti (core). Meski kekuatan prosesornya tak seberapa, namun performa Asus ZenPad 7 Z370CG ini ditolong oleh kehadiran OS Android Lollipop serta RAM berkapasitas 2 GB. Tak terlalu mengecewakan bukan? Agar lebih jelas, yuk kita bedah spesifikasi dan harga Asus ZenPad 7 Z370CG ini secara lebih rinci!

asus zenpad 7 z370cg

Review Asus ZenPad 7

Tablet Berlayar 7 Inci dengan Proteksi Corning Gorilla Glass

Kita mulai review ini dari spesifikasi Asus ZenPad 7 Z370CG di bagian paling luar terlebih dahulu. Tablet yang satu ini menyodorkan tiga pilihan warna nan elegan untuk para fans setia Asus. Kawan Begawei bisa memilih antara warna hitam, putih dan aurora metallic. Warna-warna yang lux pada Asus ZenPad 7 Z370CG tersebut juga berpadu dengan desain yang begitu menarik. Tubuhnya tergolong big size, karena memiliki dimensi sebesar 189 x 110.9 x 8.7 mm dengan bobot mencapai 272 gram. Namun desainnya itu juga dilengkapi dengan teknologi-teknologi yang memadai. Asus mempercayakan urusan visua Asus ZenPad 7 Z370CG pada layar jenis IPS LCD Capacitive Touchscreen yang memiliki resolusi sebesar 800 x 1280 pixels. Untuk ukuran tablet, resolusi layar Asus ZenPad 7 Z370CG tersebut tergolong rendah. Namun hal itu tertolong oleh tingkat kerapatan layarnya yang cukup tinggi, yaitu mencapai 216 ppi pixel density. Ditambah dukungan ragam warna hingga 16M, membuat visual yang hadir semakin terlihat seperti benda aslinya. Meski tampilan visual Asus ZenPad 7 Z370CG akan sedikit pecah-pecah karena resolusinya yang rendah, namun hal itu tak akan terlalu menjadi masalah. Layar pada tablet ini termasuk layar yang memiliki sensitifitas tinggi, karena mampu mendeteksi hingga 10 sentuhan jari. Itu artinya, kemampuan multitouch Asus ZenPad 7 Z370CG tak perlu diragukan lagi. Sedangkan untuk urusan perlindungan layar, kawan Begawei tak perlu khawatir. Lapisan kaca supertipis Corning Gorilla Glass dihadirkan untuk melapisi layar dari goresan. Selain itu, spesifikasi Asus ZenPad 7 Z370CG di bagian layar juga hadir dengan sentuhan Oleophobic Coating yang melindungi layar dari minyak-minyak yang sangat mungkin terbawa oleh jari.

Dapur Pacu Kelas Menengah Digawangi Chipset Intel Atom x3-C3230

Asus benar-benar tak ingin mempertaruhkan nama besarnya dengan memberikan komponen dapur pacu yang abal-abal pada spesifikasi Asus ZenPad 7 Z370CG ini. Untuk itulah Asus menghadirkan serangkaian hardware yang bermutu tinggi. Contohnya adalah chipset Intel Atom x3-C3230 yang menggawangi unit dapur pacu Asus ZenPad 7 Z370CG ini. Chip tersebut memiliki jumlah core (inti) sebanyak empat inti (Quad-core). Meski speednya tak terlalu tinggi, dengan adanya dukungan prosesor ala Intel pasti akan membantu performa Asus ZenPad 7 Z370CG ini menjadi lebih baik. Kinerja pengolahan data tablet ini juga didukung oleh RAM berkapasitas 2 GB. Kehadiran RAM yang cukup besar pada Asus ZenPad 7 Z370CG ini akan membantu menjalankan aplikasi-aplikasi secara lancar. Kesemua perangkat keras yang terpasang pada tablet ini akan berjalan pada sistem operasi Android OS v5.0 Lollipop. Sedangkan untuk urusan grafis, spesifikasi Asus ZenPad 7 Z370CG didukung oleh kartu pengolah grafis (GPU) Mali-450MP4.

spesifikasi asus zenpad 7

Memori Internal Berkapasitas 16 GB

Selain menyuguhkan bodi yang lebar, spesifikasi Asus ZenPad 7 Z370CG juga menyodorkan kapasitas penyimpanan yang luas bagi para penggunanya. Internal memory yang ada pada tablet ini memiliki kapasitas sebesar 16 GB. Dengan kapasitas memori internal pada Asus ZenPad 7 Z370CG yang mencapai 16 GB tersebut, kawan Begawei tak perlu ragu lagi untuk membawa file-file berukuran besar ke dalam smartphone ini. Jika ruang seluas 16 GB yang disediakan oleh Asus ZenPad 7 Z370CG terasa masih kurang, kawan Begawei bisa memanfaatkan slot external memory yang telah disediakan pada tablet ini. Spesifikasi Asus ZenPad 7 Z370CG pada ruang penyimpanan file ini mampu menampung microSD card hingga kapasitas 128 GB.

Lini Fotografi Andalkan Kamera 8 MP dan 2 MP

Banyak hal yang dimanfaatkan oleh para vendor untuk menggaet para pembeli. Salah satunya adalah dengan membekali handset besutannya dengan kemampuan fotografi yang memadai. Hal ini pula lah yang nampak pada spesifikasi Asus ZenPad 7 Z370CG di lini fotografi. Saat ini kebutuhan masyarkat akan fotografi memang sangat tinggi. Untuk itu, Asus membekali ZenPad 7 Z370CG dengan kamera utama 8 MP. Kamera berukuran standar itu cukup ampuh untuk menghasilkan foto dengan resolusi 3264 x 2448 pixels. Namun memang sangat disayangkan, kamera yang terletak di bagian belakang bodi Asus ZenPad 7 Z370CG itu belum dilengkapi dengan fitur LED Flash. Dengan begitu, kawan Begawei akan cukup kesusahan ketika membidik obyek yang pencahayaannya kurang bagus dengan menggunakan Asus ZenPad 7 Z370CG ini. Selain mampu menjalankan fungsi fotografi, kamera utama pada tablet ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas yang cukup bagus. Sedangkan untuk melengkapi spesifikasi Asus ZenPad 7 Z370CG pada lini fotografinya, Asus menyematkan kamera sekunder 2 MP pada sisi depan.

spesifikasi asus zenpad 7 z370cg

Akses Data Gunakan Jaringan 3G HSPA

Tablet ZenPad 7 Z370CG memang bukan merupakan perangkat berteknologi jaringan 4G. Namun bukan berarti pula spesifikasi Asus ZenPad 7 Z370CG ini tak dibekali dengan teknologi jaringan data yang mampu menghadirkan koneksi internet cepat. Untuk keperluan akses internet, Asus ZenPad 7 Z370CG mengandalkan jaringan 3G HSPA yang mampu meraih kecepatan akses hingga 21.1 Mbps. Selain memiliki jaringan data yang cukup kencang, tablet ini pun juga dibekali dengan fitur-fitur koneksi nirkabel jarak dekat yang fungsional. Misalnya adalah fitur WiFi dan juga thetering hotspot. Sedangkan untuk keperluan transfer data jarak dekat, Asus ZenPad 7 Z370CG dibekali dengan slot microUSB v2.0. Tak lupa, tablet ini juga telah dipasangi dengan fitur Bluetooth v4.0. Kemudian, spesifikasi Asus ZenPad 7 Z370CG pada sektor konektivitas ditutup oleh kehadiran teknologi navigasi A-GPS dan GLONASS yang akan membantu keperluan pemetaan penggunanya.

Pasokan Daya Berkekuatan Baterai 13 Wh

Hal lain yang tak kalah pentingnya pada spesifikasi Asus ZenPad 7 Z370CG ini adalah kapasitas baterai yang ada di dalamnya. Karena merupakan jenis tablet, jelas konsumsi daya terbesar pada Asus ZenPad 7 Z370CG adalah pada layarnya. Hal ini karena layar tablet ini berukuran sangat luas, mencapai 7 inci. Sedangkan untuk komponen lain, misalnya pada mesin, konsumsi dayanya tak akan terlalu tinggi karena hanya merupakan perangkat keras berkualitas standar. Hal itu pula lah yang akhirnya membuat Asus ZenPad 7 Z370CG hanya dibekali dengan baterai berkapasitas menengah, yaitu 13 Wh. Dengan kapasitas sebesar 13 Wh, tablet ini mampu bertahan hingga selama kurang lebih 8 jam saat menjalankan fungsi multimedia. Kabar baiknya, spesifikasi Asus ZenPad 7 Z370CG pada sektor suplai daya ini sudah menggunakan baterai jenis Lithium Polymer (Li-Po) yang memiliki kualitas lebih baik dari jenis baterai Lithium-Ion (Li-On).

Spesifikasi Asus ZenPad 7

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bandsHSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
KecepatanHSPA 21.1/5.76 Mbps
GPRSYes
EDGEYes
Pengumuman
Pengumuman2015, August
StatusAvailable. Released 2015, August
Bodi
Dimensi189 x 110.9 x 8.7 mm (7.44 x 4.37 x 0.34 in)
Berat272 g (9.59 oz)
SIMMicro-SIM
Display
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran7.0 inches (~67.8% screen-to-body ratio)
Resolusi800 x 1280 pixels (~216 ppi pixel density)
MultitouchYes, up to 10 fingers
PerlindunganCorning Gorilla Glass, oleophobic coating
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v5.0 (Lollipop)
ChipsetIntel Atom x3-C3230
CPUQuad-core
GPUMali-450MP4
Memori
Card slotmicroSD, up to 128 GB
Internal16 GB, 2 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus
FiturYes
VideoYes
Kamera Depan2 MP
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
– DTS sound
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetoothv4.0
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
RadioTo be confirmed
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorAccelerometer, proximity, compass
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML5
Baterai
Non-removable Li-Po battery (13 Wh)

Kelebihan dan Kekurangan Asus ZenPad 7

Sebagai tablet modern, pasti hal yang paling unggul pada Asus ZenPad 7 Z370CG ini adalah luas layarnya yang mencapai 7 inci. Selain itu, tablet ini juga memiliki RAM berkapasitas cukup besar, mencapai 2 GB. Sedikit catatan terletak pada resolusi layarnya yang tergolong rendah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tabel kelebihan Asus ZenPad 7 Z370CG dan kekurangan Asus ZenPad 7 Z370CG:

Kelebihan Asus ZenPad 7 Z370CG
  • Ukuran layar luas 7 inci
  • Layar sudah menggunakan proteksi Corning Gorilla Glass
  • Keraoatan layar cukup tinggi 216 ppi
  • OS Android Lollipop
  • Kapasitas RAM 2 GB
  • Memori internal 16 GB
  • Grafis didukung GPU Mali-450
  • Baterai mampu bertahan 8 jam multimedia
  • Baterai jenis Lithium Polymer
Kekurangan Asus ZenPad 7 Z370CG
  • Single SIM Card
  • Resolusi layar rendah
  • Prosesor hanya Quad-core
  • Kamera standar 8 MP dan 2 MP

Harga Asus ZenPad 7

Itulah tadi ulasan Begawei mengenai produk baru dari Asus. Sekarang kita akan membahas kisaran harga Asus ZenPad 7 Z370CG ini.  Jika mengacu pada spesifikasinya, kedua tablet terbaru buatan Asus ini memang masuk dalam level tablet kelas menengah ke bawah. Kisaran harga Asus ZenPad 7 Z370CG pun dipengaruhi oleh penggunaan komponen-komponen berkualitas standar yang ada di dalamnya, misalnya layar 7 inci yang telah dilindungi oleh sistem proteksi kelas atas, yaitu Oleophobic Coating Corning Gorilla Glass. Hal ini pasti menjadi keunggulan tersendiri bagi Asus ZenPad 7 Z370CG karena biasanya tablet kelas menengah ke bawah tak memiliki sistem proteksi layar seperti tablet ini. Selain itu, banderol harga Asus ZenPad 7 Z370CG juga akan dipengaruhi oleh performa mesinnya yang meski menggunakan komponen standar namun mampu memberikan kinerja stabil.

harga asus zenpad 7

harga asus zenpad 7 z370cg

Seperti yang dilansir oleh laman GSM Arena pada Sabtu (8/8), banderol harga Asus ZenPad 7 Z370CG ini adalah sekitar 160 euro. Jika dikonversikan ke mata uang Rupiah, maka banderol harga Asus ZenPad 7 Z370CG tadi akan sama dengan sekitar Rp 2,2 jutaan. Namun, perlu kawan Begawei ketahui bahwa harga tersebut merupakan harga jual Asus ZenPad 7 Z370CG untuk pasar lokal Tiongkok dan juga pasar Eropa. Jika nanti tablet ini sampai di Indionesia, kami memprediksi akan terjadi sedikit penyesuaian harga, namun harga Asus ZenPad 7 Z370CG nanti tak akan jauh dari perkiraan tadi. Asus sendiri rencananya akan merilis tablet ini secara resmi pada pertengahan Agustus ini.

Harga Asus ZenPad 7
Sekitar Rp 2.200.000,-

Jualan utama dari tablet ini pastinya adalah layarnya yang cukup luas. Selain itu, banderol harga Asus ZenPad 7 Z370CG pun memang cukup bersahabat untuk kantong masyarakat Indonesia. Jika kita kembali menilik spesifikasinya, kisaran harga Asus ZenPad 7 Z370CG yang berada pada level Rp 2,2 jutaan tadi sudah cukup pas. Meski memiliki beberapa catatan minus, namun secara umum Asus ZenPad 7 Z370CG ini memiliki kualitas yang bagus. Berbekal spesifikasi yang cukup bagus, banderol harga Asus ZenPad 7 Z370CG yang cukup bersahabat di atas akan menjadi pilihan yang baik bagi kawan Begawei yang butuh gadget berlayar lebar, baik untuk keperluan fungsional ataupun entertainment. Baca juga ulasan Begawei mengenai Asus ZenPad C dan Asus ZenPad S 8.

Top