Harga Asus Zenfone Go ZC500TG dan Spesifikasi

Spesifikasi Dan Harga Asus Zenfone Go ZC500TG – Nama Asus sempat menggebrak pasar gadget dunia lewat seri smartphone Zenfone Laser yang mengusung teknologi kamera dilengkapi sensor laser. Kali ini, vendor asal Taiwan itu kembali memunculkan satu keluarga baru lagi yang akan menggenapi seri Asus Zenfone. Ponsel baru besutan Asus kali ini adalah Asus Zenfone Go ZC500TG yang merupakan produk terbaru Asus untuk pangsa pasar smartphone kelas menengah ke bawah. Meski statusnya hanyalah gadget kelas low-end, namun sobat Begawei janganlah kecewa dulu. Diplot di kelas menengah bawah, Asus Zenfone Go ZC500TG bukan berarti hadir dengan bekal seadanya. Nama besar Asus Zenfone pasti menjadi alasan mengapa smartphone yang akan kita bahas kali ini tak boleh diremehkan. Sebelumnya, seri Zenfone Laser sendiri cukup diperhitungkan di kelas menengah atas. Nah kali ini, Asus mencoba memperkuat porsi pasarnya di kelas low-end lewat Asus Zenfone Go ZC500TG ini.

asus zenfone go zc500TG

Mendengar label ponsel menengah bawah pada Asus Zenfone Go ZC500TG, pasti sobat Begawei akan mengasosiasikannya dengan gadget ‘murahan’. Tapi tunggu dulu! Smartphone terbaru buatan Asus ini tak bisa dipandang sebelah mata karena mengusung spesifikasi yang terhitung baik untuk ponsel kelas menengah bawah. Dari bagian terluarnya, Asus Zenfone Go ZC500TG tampil dengan layar IPS berukuran 5 inci. Hal ini akan menjadi keunggulan tersendiri karena kebanyakan ponsel kelas pemula mengusung layar di bawah 5 inci. Didukung dengan resolusi layar dan kerapatan yang cukup baik, maka tampilan visual pada Asus Zenfone Go ZC500TG pun akan semakin enak dipandang mata. Masuk ke bagian jantung dapur pacunya, Asus menanamkan chipset Mediatel MT 6580 guna mendukung operasional ponsel ini. Kinerja Asus Zenfone Go ZC500TG juga semakin stabil berkat kehadiran RAM berkapasitas 2 GB. Sementara untuk lini fotografinya, Asus membekali Zenfone Go ini dengan duet kamera 8 MP dan 2 MP yang minimalis namun fungsional. Dari sedikit gambaran spesifikasi tersebut, smartphone ini ternyata memang tak terlalu mengecewakan. Nah untuk lebih jelasnya, di bawah ini sudah kami siapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Asus Zenfone Go ZC500TG yang menurut rencana akan dirilis pada bulan Agustus 2015 ini.

hp asus zenfone go zc500TG

Review Asus Go ZC500TG

Desain Minimalis Khas Asus Zenfone Series

Desain yang menjadi bagian dari spesifikasi Asus Zenfone Go ZC500TG ini masih mengusung pakem desain khas Asus seperti seri-seri sebelumnya. Smartphone terbaru racikan Asus ini memiliki dimensi 144,5 X 71 X 10 mm dengan bobot 135 gram. Secara fisik, dimensi ini tidak akan memakan banyak tempat ketika Asus Zenfone Go ZC500TG ditaruh di saku celana atau digenggam. Material bodi smartphone ini masih didominasi oleh plastik yang membuatnya terlihat agak terlihat ringkih. Namun sekali lagi, hal tersebut adalah demi menekan biaya produksi Asus Zenfone Go ZC500TG ini. Selain itu, penggunaan material plastik pada ponsel ini juga tetap memberikan kenyamanan ketika dipegang meski terasa agak licin pada sudut-sudut tertentu. Dengan ukuran layar mencapai 5.0 inci dengan resolusi sebesar 720 X 1280 pixel dan tingkat kerapatan mencapai 294 ppi pixel density, layar pada Asus Zenfone Go ZC500TG akan mampu menampilkan kualitas visual yang cukup baik. Adapun jenis layar yang digunakan Asus pada produk barunya ini adalah layar berjenis IPS LCD Capacitive Touchscreen yang memiliki kekayaan warna mencapai 16 M. Namun sayangnya, spesifikasi Asus Zenfone Go ZC500TG pada bagian layar belum dilengkapi sistem proteksi layar seperti Corning Gorilla Glass sehingga kawan Begawei harus menambakan screen guard tambahan sebagai pelindung layarnya.

Smartphone Low-end Level dengan Komponen Dapur Pacu Berkualitas

Sekarang kita akan membahas spesifikasi Asus Zenfone Go ZC500TG pada sektor dapur pacunya. Seperti yang sudah Begawei singgung di bagian awal tadi, meski hanya merupakan smartphone kelas pemula namun Zenfone Go ini dibekali dengan komponen hardware yang cukup berkualitas. Kualitas spesifikasi mesin Asus Zenfone Go ZC500TG dapat dilihat dari penguunaan chipset Mediatek MT6580 yang memiliki inti Quad-core berckecepatan 1.3 GHz. Untuk smartphone kelas pemula, kombinasi CPU pada smartphone ini sudah termasuk yang terbaik. Penggunaan chipset Mediatek juga menjadi hal menarik karena saat ini chip tersebut merupakan salah satu komponen chip terbaik. Kemudian, performa Asus Zenfone Go ZC500TG juga didukung oleh kehadiran RAM berkapasitas 2 GB. Ruang seluas 2 GB tersebut akan memberikan keleluasaan bagi perangkat hardware maupun softwarenya saat smartphone ini menerima perintah operasional. Berjalan pada sistem operasi Android OS Lollipop v5.1 juga akan memberikan pengalaman seru dunia Android bagi pengguna Asus Zenfone Go ZC500TG ini. Jadi, jika melihat spesifikasi yang menggawangi sektor mesinnya, ponsel ini termasuk ponsel murah namun memiliki performa yang bisa diandalkan. Namun sayangnya, seperti smartphone kelas pemula kebanyakan, spesifikasi Asus Zenfone Go ZC500TG tak dilengkapi dengan kartu pengolah grafis yang berkualitas tinggi. Asus sendiri hingga kini memang belum mengungkap jenis GPU yang akan disematkan pada produk barunya ini.

spesifikasi asus zenfone go zc500TG

Kapasitas Memori Ekstra Besar yang Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan

Selanjutnya, spesifikasi Asus Zenfone Go ZC500TG juga menyediakan pilihan untuk konsumen dengan dua pilihan kapasitas memori, yakni 8GB dan 16 GB. Hal ini tentu dapat menjadi alternatif bagi kawan Begawei yang memiliki file-file berukuran besar. Dengan dua pilihan memori yang sangat luas, Asus Zenfone Go ZC500TG akan mampu menampung semua kebutuhan penyimpananmu. Asus Zenfone Go ZC500TG pun juga dilengkapi dengan slot external memory yang bisa digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanannya. Slot external memory yang ada pada spesifikasi Asus Zenfone Go ZC500TG ini mampu menampung microSD Card hingga kapasitas 64 GB.

Lini Fotografi Standar Namun Tetap Fungsional

Saat akan membeli smartphone, tentu salah satu yang menjadi pertimbangan sobat Begawei adalah sektor kamera. Sektor kamera mutlak diperlukan, untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi. Dalam sektor kamera, spesifikasi Asus Zenfone Go ZC500TG sudah dipersenjatai dengan dua kamera yaitu kamera primer dan sekunder. Kamera utama atau kamera belakang Asus Zenfone Go memiliki ukuran 8MP dengan resolusi piksel mencapai  3264 X 2448 pixels. Kamera primer Asus Zenfone Go ZC500TG tersebut juga didukung oleh fitur autofocus yang memungkinkan kawan Begawei untuk menangkap obyek bergerak atau obyek berhenti dengan lebih tajam. Selain itu, untuk kamu yang gemar memotret pada malam hari, Asus Zenfone Go ZC500TG juga sudah dilengkapi dengan lampu flash dengan jenis LED. Lampu flash jenis ini memiliki jangkauan cahaya yang lebih luas dan penyebaran cahaya yang cukup baik untuk sebuah smartphone. Namun sayangnya, untuk kamera depan Asus masih membekali spesifikasi Asus Zenfone Go ZC500TG dengan kamera standar dengan kekuatan sebatas 2 MP. Meski kualitas kamera depannya hanya biasa-biasa saja, namun kamera tersebut tetap fungsional untuk kebutuhan selfie atau video call.

spesifikasi hp asus zenfone go zc500TG

Ponsel Non-4G dengan Pilihan Fitur Konektivitas Lengkap

Di saat vendor-vendor lain mulai meluncurkan smartphone yang mengusung konektivitas 4G LTE, spesifikasi Asus Zenfone Go ZC500TG ini masih menggunakan teknologi jaringan data versi lama. Ya, smartphone terbaru lansiran Asus ini masih mengandalkan koneksi data seluler 3G HSPA sebagai koneksi utamanya. Meski tak secepat jaringan 4G LTE, namun akses data Asus Zenfone Go ZC500TG ini sudah terhityng sangat cepat karena akses downloadnya mencapai 42.2 Mbps, sedangkan upload bisa mencapai 5.76 Mbps. Selain memiliki koneksi data seluler yang cukup kencang, Asus Zenfone Go ZC500TG ini juga merupakan ponsel tipe Dual SIM yang keduanya bisa aktif secara bersamaan. Smartphone ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur koneksi jarak dekat yang pastinya sangat bermanfaat, mulai dari fitur Bluetooth v4.0, WiFi, Hotspot, dan juga slot microUSB. Fitur-fitur yang ada pada Asus Zenfone Go ZC500TG tersebut akan sangat bermanfaat saat kawan Begawei ingin mengakses internet secara gratis via koneksi WiFi atau jika kamu ingin mentransfer data. Spesifikasi Asus Zenfone Go ZC500TG di bagian konektivitas pun juga telah dibekali dengan teknologi navigasi A-GPS yang akan membantu keperluan pemetaan sobat Begawei.

Suplai Daya Andalkan Baterai Berkapasitas 2.070 mAh

Pembahasan spesifikasi Asus Zenfone Go ZC500TG ini ditutup dengan penyematan baterai berkapasitas 2.070 mAh. Untuk ukuran ponsel pintar kelas pemula, kapasitas baterai pada Asus Zenfone Go ZC500TG ini sebenarnya sudah cukup besar. Untuk penggunaan normal, smartphone ini bisa bertahan hidup selama kurang lebih seharian. Selain memiliki kapasitas yang cukup besar, Asus Zenfone Go ZC500TG pun sudah menggunakan jenis baterai versi baru, yakni baterai Lithium-Polymer. Jenis baterai yang menjadi bagian dari spesifikasi Asus Zenfone Go ZC500TG ini memiliki daya tahan lebih baik jika dibandingkan dengan baterai jenis Lithium-Ion.

Spesifikasi Asus Zenfone Go ZC500TG

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bandsHSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps
GPRSYes
EDGEYes
Pengumuman
Pengumuman2015, August
StatusComing soon. Exp. release 2015, August
Bodi
Dimensi144.5 x 71 x 10 mm (5.69 x 2.80 x 0.39 in)
Berat135 g (4.76 oz)
SIMDual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.0 inches (~67.2% screen-to-body ratio)
Resolusi720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
MultitouchYes
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v5.1 (Lollipop)
ChipsetMediatek MT6580
CPUQuad-core 1.3 GHz Cortex-A7
Memori
Card slotmicroSD, up to 64 GB
Internal8/16 GB, 2 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
FiturYes
VideoYes
Kamera Depan2 MP
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP
GPSYes, with A-GPS
RadioTo be confirmed
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorAccelerometer, proximity, compass
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
BrowserHTML
Baterai
Li-Po 2070 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone Go ZC500TG

Menjadi generasi baru Zenfone Series setelah seri Zenfone Laser, Asus Zenfone Go ZC500TG hadir dengan beberapa sentuhan berbeda pada spesifikasinya. Salah satu nilai plus yang dibawa oleh smartphone ini adalah penggunaan layar seluas 5 inci yang memiliki resolusi cukup baik. Selain itu, ponsel pintar terbaru racikan Asus ini juga dibekali dengan RAM berkapasitas 2 GB. Sedangkan kekurangan smartphone ini terletak pada bagian konektivitasnya yang belum menggunakan teknologi jaringan data 4G LTE. Untuk jelasnya, kelebihan Asus Zenfone Go ZC500TG dan kekurangan Asus Zenfone Go ZC500TG ini kami rangkum pada tabel berikut:

Kelebihan Asus Zenfone Go ZC500TG
  • Bobot yang ringan sehingga nyaman digenggam
  • RAM 2 GB yang memungkinkan untuk kinerja lebih responsif
  • Kamera sudah 8MP untuk kamera utama
  • Tersedia dua pilihan kapasitas memori internal
  • Layar IPS yang lebih baik dari sekedar layar berteknologi TFT
  • Dual SIM yang dapat disetting untuk standby bersama-sama
  • Harga yang cukup kompetitif
Kekurangan Asus Zenfone Go ZC500TG
  • Belum mendukung teknologi 4G
  • Kapasitas battery sebatas 2070 Mah
  • Kamera depan masih 2MP

Harga Asus Zenfone Go ZC500TG

Setelah berkutat pada ulasan dan spesifikasinya, kini saatnya kita membahas kisaran harga Asus Zenfone Go ZC500TG ini. Namun sebelum kita mengorek nominal harganya, kita akan sedikit menyimpulkan bahasan mengenai spesifikasi Asus Zenfone Go ZC500TG di atas tadi. Hadir sebagai anggota baru keluarga Zenfone, smartphone ini memang membawa bekal yang cukup untuk bertarung di segmen smartphone kelas menengah bawah. Berbekal CPU Quadcore 1.3 Ghz plus didukung RAM berkapasitas 2 GB, performa Zenfone Go ini memang cukup baik. Asus pun secara cerdik juga menekan harga Asus Zenfone Go ZC500TG dengan penggunaan material plastik yang ringan namun tetap mampu menimbulkan aura elegan lewat desain khasnya. So, meski kualitas lini fotografinya hanya mengandalkan duet kamera 8 MP dan 2 MP, namun hal ini tak akan menjatuhkan harga Asus Zenfone Go ZC500TG di pasaran.

harga asus zenfone go zc500TG

harga asus zenfone go zc500TG terbaru

Sesuai dengan segmen yang disasar Asus ketika membuat smartphone ini, smartphone ini ditujukan untuk kalangan menengah bawah atau pemula yang baru beralih ke ponsel pintar Android. Jadi harga Asus Zenfone Go ZC500TG ini pun tak akan terlalu mahal. Sebagaimana informasi yang Begawei terima, banderol harga Asus Zenfone Go ZC500TG ini adalah sekitar 130 euro, atau jika dikonversikan ke rupiah maka harganya sama dengan sekitar Rp 2,1 jutaan. Untuk kelas menengah ke bawah, harga jual Asus Zenfone Go ZC500TG ini memang terhitung pas, tidak murah namun juga tak terlalu mahal. Namun jika kita kembali berkaca pada spesifikasinya, harga Asus Zenfone Go ZC500TG tersebut sedikit kemahalan karena ada beberapa catatan minus di spesifikasinya.

Harga Asus Zenfone Go ZC500TG
Sekitar Rp 2.100.000,-

Kisaran harga Asus Zenfone Go ZC500TG tersebut memang masih tentatif mengingat saat ini kondisi ekonomi global yang belum kondusif yang berefek ke pasar teknologi juga. Namun karena Asus Zenfone Go ZC500TG ini merupakan seri dari keluarga Zenfone, maka harga tadi menjadi terasa wajar. Jika Begawei boleh menyarankan, sebenarnya smartphone ini cocok bagi sobat Begawei yang menginginkan perangkat berlayar lebar dengan dukungan mesin berkualitas. Meski di luar harga Asus Zenfone Go ZC500TG ini banyak produk lain yang berharga lebih murah, lagi-lagi nama besar Asus adalah jaminannya. So, untuk kawan Begawei yang sudah mengincar smartphone ini, kami sarankan untuk selalu mengecek perkembangan harga Asus Zenfone Go ZC500TG di outlet-outlet terdekat. Baca juga ulasan Begawei mengenai Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG dan Xiaomi Redmi Note 2.

Top