Harga Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL – Setelah membahas lima seri lainnya, akhirnya kita sampai juga pada seri pamungkas dari Zenfone 2 Laser series. Nah sebagai sajian penutup dari rangkaian Zenfone 2 Laser Series kali ini, kita akan berjumpa dengan Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL yang merupakan tipe terakhir dari gadget terbaru racikan Asus. Berbeda dengan tipe-tipe sebelumnya yang merupakan tipe smartphone, maka Zenfone 2 Laser Series tipe terakhir yang akan kita bahas ini adalah varian phone tablet, atau populer dengan sebutan phablet. Sebagai pengingat, Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini disebut phablet karena layarnya memiliki ukuran seluas 6 inci. Sebuah perangkat memang bisa dikategorikan sebagai phablet jika layarnya memliliki ukuran di atas 5.7 inci. Sebagai unit phablet modern, jelas sektor visual lah yang menjadi unggulan dari Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini. Hal ini memang benar karena gadget terbaru racikan perusahaan teknologi asal Tiongkok ini mengusung layar yang tak hanya luas, namun berteknologi tinggi.

asus zenfone 2 laser ze601kl

Untuk ukuran phone tablet, Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini diplot untuk menempati segmen phablet kelas menengah. Itu artinya, nanti harga jual Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL di pasaran masih dalam taraf terjangkau. Selain mengusung layar yang luas dan sudah dilindungi oleh sistem proteksi layar Corning Gorilla Glass 4, phablet terbaru racikan Asus ini juga membawa bekal hardware kelas atas di dalam ruang dapur pacu Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini. Kali ini, Asus menyematkan chipset Qualcomm Snapdragon 615 yang terdiri dari prosesor Hexa-core. Meski kecepatannya tak terlalu tinggi, hanya 1 GHz, namun kombinasi komponen tersebut sudah mampu menghadirkan kinerja yang optimal pada phablet ini. Kemudian, Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini juga dibekali dengan RAM berkapasitas 3 GB yang akan membantu memberikan space yang cukup luas kepada komponen dapur pacunya dalam mengolah perintah yang diberikan penggunanya. Tak hanya sampai di situ saja, perangkat terbaru lansiran Asus ini masih memiliki segudang komponen berkualitas tinggi lainnya. Untuk lebih jelasnya, kami sudah menyiapkan review lengkap mengenai spesifikasi dan harga Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL pada segmen-segmen berikut ini.

hp asus zenfone 2 laser ze601kl

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL

Phone Tablet Berlayar 6 Inci dengan Desain Khas Zenfone Series

Untuk kategori phablet, spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL pada bagian desain fisik ini masih mengadopsi basis desain dari seri Zenfone 2 Laser lainnya. Namun, phablet ini memiliki perawakan yang lebih besar. Hal ini karena untuk menampung layar Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL yang luasnya mencapai 6 inci. Secara fisik, phablet ini memiliki ukuran tubuh berukuran 152.5 x 77.2 x 10.8 mm dengan bobot mencapai 170 gram. Meski bentuk bodinya terlihat lebih besar dari seri Zenfone 2 Laser lainnya, ternyata Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini memiliki bobot yang tak terlalu berat. Untuk layarnya sendiri memiliki resolusi yang cukup tinggi, yaitu 1080 x 1920 pixels dengan tingkat kerapatan mencapai 367 ppi pixel density. Secara matematis, resolusi dan tingkat kerapatan layar pada Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini termasuk jenis layar Full HD. Tampilan visual pada phablet ini pun juga akan semakin menarik karena Asus tetap mengandalkan user interface (tampilan antarmuka) Asus ZenUi. Terakhir, sama seperti seri Zenfone 2 Laser lainnya, spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL pada bagian layar juga telah menggunakan sistem proteksi layar Corning Gorilla Glass 4.

Performa Optimal Berkat Chipset Snapdragon 615 dan RAM 3 GB

Menilik sektor dapur pacu dari spesifkasi Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini ternyata membawa perbedaan antara keluarga Zenfone 2 yang mengandalkan prosesor Intel. Meskipun phablet Asus ini hanya mengandalkan CPU Hexa-core berkecepatan 1 GHz dengan dukungan chipset besutan Qualcomm, yaitu Snapdragon 615, namun tetap menghasilkan performa yang optimal untuk keperluan saat ini. Bahkan, Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL dibekali dengan ukuran memori RAM sebesar 3 GB yang diatas rata-rata. Selain dukungan komponen CPU yang cukup baik tadi, Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini memiliki dukungan OS Android v5.0 Lollipop yang akan memberikan dukungan performa sistem yang semakin baik sehingga dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Untuk urusan grafis, sayangnya Asus belum menginformasikan jenis kartu grafis (GPU) apa yang digunakan guna menyempurnakan spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini. Namun kemungkinan besar, Asus akan tetap menggunakan GPU yang sejenis dengan seri Zenfone 2 Laser lainnya.

spesifikasi asus zenfone 2 laser ze601kl

Memori Internal 16 GB dengan Dukungan Slot microSD Card Hingga 128 GB

Beralih pada sektor penyimpanan file dari spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL , ternyata phablet ini pun menawarkan kapasitas memori internal yang luas, yakni mencapai kapasitas 16 GB. Dengan memori internal tersebut, pengguna Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL akan mendapatkan keleluasaan yang cukup baik apabila ingin menginstal berbagai macam aplikasi maupun game. Selain itu, pengguna phablet ini juga dapat menyimpan berbagai konten yang diinginkan langsung ke penyimpanan internal tersebut. Jika ruang seluas 16 GB yang ada pada Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL tadi belum cukup, kawan Begawei juga bisa memanfaatkan slot external memory yang terdapat pada phablet ini. Sama seperti seri sebelumnya, Asus membekali spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL pada ruang memori dengan slot microSD external yang bisa digunakan untuk mengekspansi kapasitas memori hingga seluas 128 GB.

Lini Fotografi Tetap Andalkan Kamera Utama 13 MP dengan Fitur Laser Autofocus

Sekarang saatnya kita membedah spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL pada lini fotografinya. Sebenarnya, sektor fotografi pada Zenfone 2 Laser tipe terakhir ini masih menggunakan teknologi dan komponen yang sama dengan Zenfone 2 Laser lainnya. Zenfone Series sendiri selama ini memang dikenal memiliki perangkat fotografi yang sangat berkualitas. Sama seperti tipe sebelumnya, Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini mengandalkan kamera utama 13 MP yang memiliki resolusi sebesar 4128 x 3096 pixels. Kamera utama itu juga telah diperkuat dengan fitur Laser Autofocus yang memang menjadi fitur andalan pada seri ini. Kemudian, fitur lain seperti dual tone LED Flash, geo tagging, face detection dan lainnya juga telah disematkan pada Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini. Selain bisa menghasilkan kualitas fotografi yang baik, kamera utama pada phablet ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas HD beresolusi 1080 pixels. Sedangkan untuk menggenapi spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL di bagian fotografi, Asus pun menempatkan kamera sekunder 5 MP pada phablet ini.

spesifikasi hp asus zenfone 2 laser ze601kl

Koneksi Internet Andalkan Jaringan Data 4G LTE

Jika kamu menyebut koneksi internet, pastinya gadget kelas atas harus memiliki koneksi internet yang kencang juga. Nah spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL pada sektor konektivitas ini akan menjadi solusi kebutuhanmu akan akses internet yang kencang dan stabil. Phablet terbaru racikan Asus ini memang menawarkan akses internet super kencang lewat teknologi 4G LTE. Dengan menggunakan teknologi 4G LTE yang ada pada Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini, kawan Begawei bisa menikmati akses data hingga mencapai kecepatan maksimal 150 Mbps untuk keperluan download. Sedangkan jika digunakan untuk keperluan upload, Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini bisa dipacu hingga mencapai kecepatan 50 Mbps. Namun jika kawan Begawei tinggal di daerah yang belum tercover oleh jaringan 4G, kamu bisa memanfaatkan jaringan alternatif yang tersedia pada Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini, mulai dari jaringan EDGE hingga HSPA. Selain teknologi jaringan data yang mengusung konektivitas terbaik, smartphone ini juga dilengkapi berbagai macam fitur koneksi jarak dekat, misalnya WiFi, Hotspot, Bluetooth dan juga slot microUSB untuk transfer data jarak dekat. Spesifikasi Asus Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL pada sektor konektivitas pun juga telah didukung oleh teknologi navigasi A-GPS dan juga GLONASS yang pastinya akan membantu kamu saat ingin menentukan lokasi suatu tempat.

Kapasitas Baterai Standar Phablet 3.000 mAh

Terakhir ini, kita akan membahas spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL pada ruang suplai dayanya. Karena merupakan jenis phablet yang memiliki ukuran layar besar, pastinya konsumsi daya tertinggi pada Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini terletak pada unit visualnya. Namun sayangnya, Asus tak membekali perangkat baru ini dengan baterai berkapasitas besar. Tercatat, Asus hanya menempatkan baterai berkapasitas 3.000 mAh. Untuk ukuran phone tablet, kapasitas sebesar 3.000 mAh itu terhitung standar, atau malah kurang. Kapasitas baterai pada Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini sangat kontras dengan Zenfone Max yang merupakan smartphone tapi dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. So, jika kawan Begawei sering beraktivitas di luar rumah, kami menyarankan untuk selalu menyiapkan unit pemasok daya cadangan karena spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini hanya dibekali dengan baterai barkapasitas sedang.

Spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA / LTE
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bands HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G bands LTE
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
Pengumuman
Pengumuman 2015, August
Status Coming soon. Exp. release 2015, Q3
Bodi
Dimensi 152.5 x 77.2 x 10.8 mm
Berat 170 gram
SIM Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
Tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 6.0 inches
Resolusi 1080 x 1920 pixels (~367 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Perlindungan Corning Gorilla Glass 4
– Asus ZenUI
Dapur Pacu
OS Android OS, v5.0 (Lollipop)
Chipset Qualcomm Snapdragon 615
Prosesor Hexa-core 1 GHz
GPU
Memori
Card slot microSD, up to 128 GB
Internal 3 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang 13 MP, 4128 x 3096 pixels, laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Video 1080p@30fps
Kamera Depan 5 MP, autofocus
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP, EDR
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
Radio To be confirmed
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor Accelerometer, gyro, proximity, compass
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Browser HTML5
Baterai
Li-Po battery 3.000 mAh

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL

Karena merupakan unit phone tablet, jelas unggulan utama Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini adalah tampilan visualnya yang mengusung layar berukuran 6 inci. Selain layar yang luas, pastinya ‘jualan’ utama perangkat ini adalah performa tinggi karena mengusung prosesor Hexa-core dengan dukungan chip Snapdragon 615. Sedangkan nilai minusnya, phablet ini hanya menggunakan layar jenis IPS LCD biasa serta kapasitas baterainya hanya 3.000 mAh. Agar lebih jelas, berikut ini adalah tabel kelebihan Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL dan kekurangan Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL:

Kelebihan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL
  • Ukuran layar sangat luas 6 inci
  • Bobot ringan untuk ukuran phablet, hanya 170 gram
  • Resolusi layar tinggi 1080 x 1920 pixels
  • Tingkat kerapatan layar mencapai 367 ppi
  • Layar berpelindung Corning Gorilla Glass 4
  • Tampilan antarmuka menggunakan Asus ZenUI
  • Chipset Snapdragon 615
  • Prosesor Hexa-core
  • RAM 3 GB
  • Kamera utama 13 MP dengan Laser Autofocus
  • Sudah menggunakan jaringan 4G LTE
  • Dual SIM Card
Kekurangan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL
  • Jenis layar masih IPS LCD biasa
  • Kapasitas baterai standar

Harga Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai spesifikasi Zenfone 2 Laser ZE601KL dari berbagai sisinya. Sebelum masuk pada segmen harga Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL maka Begawei akan memberikan sedikit kesimpulan terlebih dahulu dari spesifikasi Zenfone 2 Laser yang menjadi tipe terakhir ini. Phablet Asus terbaru yang satu ini memang begitu handal dan tangguh. Meskipun kecepatan prosesor Qualcomm 615 yang ditanamkan tidak terlalu tinggi namun hal ini tak akan menjatuhkan harga Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL karena memiliki dukungan RAM 3 GB yang besar serta mendapat support dari OS Android v5.0 Lollipop. Meski layar yang digunakan juga masih berupa layar IPS LCD biasa, namun hal itu juga tak akan mempengaruhi kisaran harga jual Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini. Nah, dengan bekal spesifikasi hardware seperti itu, kira-kira harga Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini berapa ya?

harga asus zenfone 2 laser ze601kl

harga asus zenfone 2 laser ze601kl terbaru

Sesuai dengan segmentasi gadget kelas menengah ke atas, maka kisaran harga Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini bisa dikatakan cukup mahal, apalagi untuk pasar gadget Indonesia. Menurut rencana, phablet ini juga akan segera dirilis secara resmi dalam waktu dekat. Sesuai dengan informasi yang Begawei terima, banderol harga Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini adalah sekitar USD 282. Jika dikonversikan ke mata uang Rupiah, maka banderol harga untuk Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL itu adalah sekitar Rp 3,8 jutaan. Wah, mahal ya? Asus memang membanderol perangkat terbarunya ini dengan harga yang cukup tinggi karena mengusung hardware yang berkualitas. Selain menjadi seri terakhir, harga Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini juga merupakan yang paling tinggi di antara seri Zenfone 2 Laser lainnya.

Harga Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL
Sekitar Rp 3.800.000,-

Jika kita melihat pesaingnya, sebenarnya harga Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL di atas malah bisa dibilang masih berada di bawah harga para pesaingnya. Untuk level phablet misalnya, Sony Xperia C5 Ultra dibanderol dengan harga Rp 4 jutaan lebih, di atas harga Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini. Sementara ZTE Boost MAX+ yang sama-sama berasal dari Tiongkok dibanderol dengan harga sekitar Rp 3 jutaan, di bawah Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL, baik harga maupun spesifikasinya. Nah, jika kita membuat sedikit hitung-hitungan, sebenarnya harga Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL di atas sudah merupakan harga terbaik dari Asus. Untuk kawan Begawei yang memang butuh gadget berlayar lebar nan tangguh, phablet terbaru dari Asus ini bisa menjadi pilihan.

Baca Juga:
  • jack jack

    3000mah itu gede buat smartphone

Top