Harga Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG – Nampaknya Asus sedang benar-benar ingin merebut hati para pecinta gadget dunia. Setelah sukses besar dengan Zenfone 2 series, kini vendor asal Tiongkok itu meluncurkan versi turunannya bernama Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG, yang juga merupakan tipe kedua dari Zenfone 2 Laser series. Sama seperti Asus Zenfone 2 Laser series lainnya, smartphone yang akan kita bahas ini menggunakan embel-embel ‘Laser’ di belakang namanya karena sama-sama dibekali dengan fitur Laser Autofocus pada kamera utamanya. Itu berarti, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini tetap mengusung fitur fotografi sebagai sektor andalannya. Ponsel ini menurut rencana akan mulai dipasarkan pada pertengahan Agustus 2015 ini. Asus juga merencanakan bahwa Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini akan ditempatkan di segmen smartphone kelas menengah ke bawah.

asus zenfone 2 laser

Beberapa dari seri Zenfone 2 Laser memang ditempatkan di segmen ponsel pintar kelas menengah ke bawah, termasuk Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini. Meski begitu, Zenfone 2 Laser seri ZE500KG ini tetap dibekali dengan spesifikasi hardware yang cukup baik. Selain mengusung lini fotografi sebagai unggulannya, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini juga memiliki layar 5 inci yang sudah dilindungi oleh proteksi Corning Gorilla Glass 4. Asus pun juga telah menggunakan tampilan antarmuka Asus ZenUI pada Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini. So, meski merupakan salah satu varian Zenfone 2 Laser series yang harganya paling murah, namun tetap saja Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini memboyong berbagai komponen berkualitas untuk para penggunanya. Nah agar lebih jelasnya, kami akan mengajak kawan Begawei untuk mengenal lebih dekat tentang spesifikasi dan harga Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG melalui segmen-segmen menarik berikut ini.

asus zenfone 2 laser ze500kg

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Desain Klasik Khas Zenfone dengan Dukungan Layar 5 Inci

Kita awali perkenalan kita dengan membahas spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG pada bagian desain fisiknya. Jika dibandingkan dengan kolega-koleganya yang sama-sama mengusung nama Zenfone 2 Laser, secara fisik smartphone ini mengusung konsep desain yang sama. Saking identiknya, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG bahkan hampir tak bisa dibedakan dengan tipe lainnya. Hampir sama dengan tipe Zenfone 2 Laser lainnya, ponsel ini memiliki dimensi tubuh berukuran 143.7 x 71.5 x 10.5 mm dengan bobot mencapai 140 gram. Ukuran tubuh seperti membuat Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG terasa ringan saat dioperasikan. Pada sektor visual, Asus menyematkan layar seluas 5 inci yang menempati hampir 67 persen ukuran tubuhnya. Sayangnya, smartphone ini masih menggunakan layar jenis TFT Capacitive Touchscreen dengan resolusi yang terbilang rendah, yaitu hanya sebesar 720 x 1280 pixels. Untungnya, tingkat kerapatan layar Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini termasuk tinggi, yaitu 294 ppi pixel density. Jadi, tampilan visual dengan resolusi rendah masih tertolong dengan kerapatan layarnya yang bagus. Jika secara detail gambar lemah, maka berbeda dengan urusan proteksinya. Ya, Asus menggunakan teknologi proteksi layar kelas atas meski layar Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG merupakan layar kelas pemula. Layaknya smartphone premium, kali ini Asus menggunakan sistem proteksi Corning Gorill Glass 4 pada produk barunya ini. Sebagai pelengkap spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG di bagian visual, Asus juga menanamkan teknologi Asus ZenUI yang akan meningkatkan kualitas tampilan antarmuka pada smartphone ini.

Kinerja Handal dengan Prosesor Quad-core 1.2 GHz

Mesin yang bertenaga pastinya bisa dimunculkan ketika sebuah perangkat memiliki komponen-komponen yang memadai di bagian dapur pacunya. Sebagai smartphone level menengah, spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini sesungguhnya punya bekal yang cukup bagus pada bagian ruang dapur pacunya. Pada saat kita membedah Zenfone 2 Laser ZE500KG, kita akan menemukan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410. Di dalam komponen yang satu ini, terdapat prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53. Meski bukan hardware kelas atas, namun kombinasi keduanya mampu meningkatkan performa Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG sehingga kinerja operasionalnya lebih stabil. Selain itu, ruang dapur pacu smartphone ini juga memiliki bekal bagus berupa RAM berkapasitas 2 GB. Kerjasama itulah yang menjadi kunci mesin yang bertenaga. Tak berhenti diditu saja, OS Android Lollipop yang tersemat di dalam Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG juga akan membantu menyempurnakan kinerja mesinnya. Kawan Begawei pasti sudah tau persis bagaimana sistem operasi Android Lollipop memiliki performa unggul dengan pilihan aplikasi yang luar biasa beragam. Sementara itu bergeser ke persoalan grafis, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG dibekali dengan GPU Andreno 306 sebagai kartu pemroses grafis (GPU). Bagian yang satu ini menjadi penting karena kawan Begawei pasti telah mengetahui jika grafis merupakan bagian yang cukup berat untuk dikerjakan. Secara umum, spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG pada bagian mesin ini memiliki kualitas yang bisa diandalkan.

spesifikasi asus zenfone 2 laser

Memori Internal Tersedia Dalam Pilihan 8 GB dan 16 GB

Keunggulan suatu smartphone selain pada mesin juga bisa dilihat dari kapasitas memori internalnya. Pada produk barunya ini, Asus memberikan opsi menarik berupa kapasitas memori yang bervariasi. Pada Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG tipe pertama, kawan Begawei akan mendapatkan ruang memori seluas 8 GB. Kapasitas memori seluas 8 GB itu akan digunakan untuk keperluan file sistem dan juga menampung file pribadi penggunanya. Jika masih kurang, maka kamu bisa memilih Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG tipe yang kedua. Pada tipe kedua ini, kamu akan mendapatkan ruang memori seluas 16 GB. Apabila dengan memori 8 GB dan 16 GB kamu merasa masih belum cukup juga, kamu bisa memanfaatkan slot external memory pada spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini. Slot external tersebut mampu menampung kartu microSD hingga kapasitas 128 GB.

Fotografi Level Pemula 8 MP dan 5 MP

Asus bukanlah pemain baru di dunia teknologi. Maka kemampuannya untuk membaca pasaran tak perlu diragukan lagi. Perusahaan mengerti betul bagaimana memberikan kelebihan terhadap produknya sehingga mampu bersaing dengan produk lain yang satu tipe. Hal inilah yang menjadi pertimbangan utama Asus dalam meracik spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG pada sektor fotografinya. Handset ini dibekali dengan dua buah kamera berkualitas. Di bagian belakang perangkat, terdapat kamera beresolusi 8 MP sebagai kamera utama. Teman kerja kamera utama Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG itu adalah dual-LED (dual tone) flash yang berfungsi untuk pengaturan cahaya, terutama saat kamera harus membidik obyek-obyek di tempat yang minim cahaya. Dengan resolusi yang besar, mencapai 3264 x 2448 pixels, kamera tersebut mampu menghadirkan foto yang bagus. Kamera utama pada Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG tersebut juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik seperti geo-tagging, touch focus, face detection dan lain-lain. Kekuatan kamera utama pada smartphone ini untuk menghasilkan rekaman video pun cukup bagus, yaitu 1080p pada 30fps. Sementara itu di sisi depan perangkat, terdapat kamera sekunder dengan kekuatan 5 MP yang akan melengkapi spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG pada sektor fotografi.

spesifikasi asus zenfone 2 laser ze500kg

Koneksi Internet Mengandalkan Jaringan 3G HSPA

Seperti yang sudah sedikit Begawei singgung di awal tadi, lini konektivitas pada spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG juga cukup berkualitas sekalipun belum bisa menjangkau koneksi 4G LTE. Namun kawan Begawei tak perlu khawatir, karena perangkat ini sudah mampu menjangkau koneksi 3G dengan kemampuan yang tak kalah menarik. Dengan mengandalkan kecepatan HSPA, koneksi 3G pada Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini akan bisa membantu kawan Begawei melakukan download dengan speed hingga mencapai 42.2 Mbps. Sementara untuk mengunggah file, kecepatan aksesnya bisa mencapai 5.76 Mbps. Selain koneksi 3G, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG juga telah dilengkapi dengan teknologi koneksi lain yang sangat fungsional. Salah satunya adalah navigasi yang memanfaatkan GPS. Tak sekedar GPS biasa, sektor navigasi pada Zenfone 2 Laser ZE500KG dilengkapi dengan  A-GPS dan GLONASS. Hal tersebut membuat kawan Begawei terhubung dengan sistem navigasi yang sangat akurat. Ini pasti sangat bermanfaat, terutama untuk kamu yang aktif menggunakan aplikasi digital mapping. Sementara itu di sektor koneksi jarak dekat, spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG dibekali dengan teknologi Bluetooth dan  MicroSD yang bisa kawan Begawei andalkan untuk melakukan transfer data jarak dekat.

Baterai Lithium-Ion di Ruang Suplai Daya

Sedikit berbeda dari kebiasaan Asus, kali ini perusahaan asal Tiongkok itu belum mengungkap kapasitas baterai yang melengkapi spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini. Namun jika kita mencermati tren yang diusung oleh Asus saat ini, ada kemungkinan bahwa Asus akan membekali Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG dengan baterai berkapasitas antara 2.000 mAh sampai 2.400 mAh. Hal ini tak lepas dari komponen hardwarenya yang tergolong komponen irit konsumsi daya. Di samping itu, ada baiknya juga mulai saat ini kawan Begawei menyiapkan pemasok daya cadangan jika telah menentukan pilihan pada Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini. Pembahasan ini sekaligus menutup ulasan lengkap mengenai detail spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini. Selanjutnya kita akan membahas kisaran harganya.

Spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bands HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
Pengumuman
Pengumuman 2015, August
Status Coming soon. Exp. release 2015, August
Bodi
Dimensi 143.7 x 71.5 x 10.5 mm (5.66 x 2.81 x 0.41 in)
Berat 140 g (4.94 oz)
SIM Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
Tipe TFT capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 5.0 inches (~67.1% screen-to-body ratio)
Resolusi 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Perlindungan Corning Gorilla Glass 4
– Asus ZenUI
Dapur Pacu
OS Android OS, v5.0 (Lollipop)
Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 306
Memori
Card slot microSD, up to 128 GB
Internal 8/16 GB, 2 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang 8 MP, 3264 x 2448 pixels, laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Video 1080p@30fps
Kamera Depan 5 MP, autofocus
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP, EDR
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
Radio To be confirmed
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor Accelerometer, compass
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Browser HTML5
Baterai
Li-Ion battery

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Kelebihan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
  • Layar 5 inci
  • Bobot tak terlalu berat 140 gram
  • Kerapatan layar lumayan tinggi 294 ppi
  • Layar dilindungi dengan proteksi Corning Gorilla Glass 4
  • Sudah menggunakan Asus ZenUI
  • Chipset menggunakan Snapdragon 410
  • RAM 2 GB
  • GPU Andreno 306
  • Kamera didukung dual tone LED Flash dan Laser Autofocus
Kekurangan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
  • Tipe layar masih menggunakan layar TFT
  • Resolusi layar rendah
  • Baterai masih Lithium-Ion
  • Belum menggunakan teknologi 4G LTE

Harga Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Hadir melengkapi deretan Zenfone 2 Laser lainnya, Zenfone 2 Laser ZE500KG memang ditempatkan pada level pasar smartphone kelas menengah bawah. So. dipastikan pula bahwa harga Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini tak akan terlalu mahal. Ngomong-ngomong soal harga, pastinya juga kita harus menilik kembali spesifikasi yang ada di dalam Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini. Dari segi performa, smartphone ini memang tergolong standar, karena hanya mengusung chip Snapdragon 410 dengan dukungan prosesor Quad-core 1.2 GHz. Selain itu, kisaran harga Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG juga dipengaruhi oleh penggunaan sistem proteksi layar setingkat Corning Gorilla Glass 4 serta user interface Asus ZenUI. Nah dengan komponen-komponen hardware seperti itu, lalu berapakah harga Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini?

harga asus zenfone 2 laser

harga asus zenfone 2 laser ze500kg

Tampil di kelas menengah ke atas, harga Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG memang tak dipatok mahal. Berdasarkan perhitungan spesifikasi dan fitur lainnya, kami memperkirakan bahwa harga Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini akan berada pada level Rp 1,5 jutaan hingga Rp 1,8 jutaan. Harga tersebut memang belum merupakan harga pasti. Namun jika kita kembali menengok spesifikasinya, harga jual Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini kemungkinan besar akan berada di level yang sama dengan smartphone kelas menengah lainnya, yaitu berkisar antara Rp 1,5 jutaan sampai dengan Rp 1,8 jutaan. Selain dengan kompetitornya, harga Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG pun juga akan bersaing ketat dengan produk-produk Asus lainnya, terutama dengan seri Zenfone 2 Laser yang lain.

Harga Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Sekitar Rp 1.500.000,- s/d Rp 1.800.000,-

Namun sekali lagi, harga Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG di atas baru merupakan harga perkiraan saja. Sama seperti seri lainnya, menurut rencana Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini akan dirilis secara resmi pada pertengahan Agustus ini. Saat itulah harga Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini juga akan diumumkan secara resmi. Secara umum, sebenarnya smartphone yang baru saja kita bahas ini memiliki kemampuan olah data yang baik, meski spesifikasi mesinnya merupakan hardware kelas menengah. Salah satu yang perlu kawan perhatikan adalah, meski harga Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini tergolong murah, layarnya sudah menggunakan teknologi Corning Gorilla Glass 4. Sistem proteksi layar seperti itu jarang ada di ponsel kelas menengah ke bawah.

Baca Juga:
  • Ndo nadirin

    Mantap

Top