Harga Advan M6 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Advan M6 – Vendor smartphone lokal semakin menggeliat saja. Salah satunya adalah Advan. Nama Advan semakin diakui di pasar gadget Indonesia setelah mereka menjadi official regional partner klub sepakbola FC Barcelona. Nah kali ini kita akan ‘berkenalan’ dengan salah satu smartphone terbaru dari Advan yang masih merupakan Barca series. Yup! Kali ini kita akan membahas Advan M6 yang memiliki nama resmi Advan Barca Hifi M6. Sama seperti smartphone Barca series lainnya, jagoan baru dari Advan ini tetap mengandalkan desain elegan minimalis yang selama ini telah menjadi ciri khas Advan. Selain menjual nama ‘Barca’ yang membuat Advan semakin melambung, vendor lokal tersebut juga membekali Advan M6 dengan teknologi-teknologi terkini, meski masih belum bisa dibilang sebagai teknologi terbaik. Ditempatkan sebagai smartphone kelas menengah ke bawah atau pemula, jelas performa bukanlah unggulan dari Advan M6. Smartphone ini juga belum mengusung jaringan data 4G LTE layaknya smartphone kelas menengah ke atas lainnya. Lalu, keunggulan Advan M6 ini apa dong?

advan m6

Sektor visual sepertinya menjadi unggulan utama dari smartphone Android ini. Meski layar pada Advan M6 hanya memiliki tingkat resolusi yang rendah, namun bentangan layarnya yang mencapai 5 inci bisa menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi, kecenderungan pengguna smartphone Android yang lebih menyukai gadget berlayar lebar. Selain bentangan layarnya yang cukup luas, ruang dapur pacu pada Advan M6 ini pun juga mengusung komponen-komponen hardware berkualitas, meski hanya berupa komponen kelas menengah. Salah satunya adalah prosesor Octa-core yang memiliki kecepatan 1.4 GHz. Penggunaan prosesor Octa-core pastinya juga akan menjadi kelebihan tersendiri bagi Advan M6 karena biasanya smartphone kelas menengah hanya mentok di prosesor Quad-core. Kemudian, smartphone ini juga dibekali dengan duet kamera 8 MP dan 5 MP yang menggawangi lini fotografinya. Bagaimana? Kualitasnya tak bisa dipandang sebelah mata kan? Nah untuk lebih jelasnya, kami akan mengajak kawan Begawei untuk mengupas spesifikasi dan harga Advan M6 secara mendetail melalui segmen-segmen berikut ini.

hp advan m6

Review Advan M6

Smartphone Berlayar 5 Inci dengan Konsep Desain Elegan Minimalis

Dimulai dari bagian desain pada spesifikasi Advan M6 ini, ternyata Advan kini mulai menerapkan desain yang berbeda pada produk terbarunya. Pada seri smartphone barunya ini misalnya, Advan mulai meninggalkan kesan kaku yang selama ini muncul pada produk-produknya. Meski tetap minimalis, namun desain fisik Advan M6 tampil lebih segar dengan sudut lancip berpadu dengan bezel tipis yang mengapit layarnya. Tampilan smartphone ini juga dipermanis dengan aksen perak yang melintang di bawah tombol navigasinya. Secara fisik, ukuran Advan M6 ini memang tak terlalu besar sehingga sangat nyaman untuk digenggam. Ukuran tubuh ponsel ini adalah 145 x 71 x 9 mm dengan bobot mencapai 150 gram. Selain tak berukuran terlalu bongsor, Advan M6 juga memiliki bobot tubuh yang tergolong ringan. Untuk mendukung sektor visualisasinya, Advan menyematkan jenis layar IPS LCD Capacitive Touchscreen berukuran 5 inci. Resolusi layar pada Advan M6 ini sebenarnya tergolong rendah, hanya 720 x 1280 pixels, namun dengan ukuran 5 inci dan tingkat kerapatan layar mencapai 267 ppi pixel density maka kualitas gambar yang ditampilkannya pun sangat baik. Selain kualitas visual yang baik, smartphone terbaru dari Advan ini juga memiliki kemampuan deteksi multijari yang responsif. Namun sayangnya, seperti halnya pada smartphone kelas menengah lainnya, spesifikasi Advan M6 di sektor layar tak dilengkapi dengan sistem perlindungan layar built-in.

Dapur Pacu Andalkan Kombinasi Prosesor Octa-core 1.4 GHz dan RAM 2 GB

Beralih ke sektor dapur pacu dari spesifikasi Advan M6 ini, ternyata Advan pun memberikan dukungan hardware dapur pacu mumpuni yang membuat produk barunya itu dapat bersaing dengan smartphone Android kelas menengah saat ini. Tengok saja dapur pacu Advan M6 ini telah ditanamkan prosesor Octa-core berkecepatan 1.4 Ghz yang dikombinasikan dengan chipset MediaTek MT 6592. Meski bukan komponen kelas premium, namun perangkat hardware pada Advan M6 tersebut mampu menghadirkan kinerja mesin yang stabil dan mantap. Belum lagi ditambah dengan memori RAM 2 GB dan OS Android v4.4 KitKat maka akan menghasilkan performa sangat baik untuk keperluan saat ini, baik untuk chatting, gaming, atau browsing. Ruang dapur pacu pada Advan M6 pun semakin tangguh dengan kehadiran GPU Mali 450MP4 yang berperan meningkatkan kemampuan olah grafisnya. Secara umum, spesifikasi Advan M6 di ruang dapur pacu ini mampu menghasilkan kinerja yang optimal meski terdiri dari perangkat-perangkat hardware kelas menengah.

spesifikasi advan m6

Memori Internal Sediakan Ruang Seluas 16 GB

Kemudian, pada sektor penyimpanan dari spesifkasi Advan M6 ini pun dapat diandalkan. Tak seperti ponsel pintar kelas menengah lainnya yang biasanya hanya dibekali oleh kapasitas memori yang minim, kali ini Advan M6 hadir dengan dukungan memori yang cukup luas. Tercatat, Advan menanamkan memori internal berkapasitas 16 GB pada smartphone barunya ini. Ruang seluas itu akan digunakan untuk menjalankan file-file sistem, sedangkan sisanya bisa digunakan untuk menampung file-file aplikasi atau multimedia pemiliknya. Meski harus dibagi dengan keperluan sistem, rasanya ruang yang disediakan oleh Advan M6 akan tersisa sangat luas. Namun jika kawan Begawei menghendaki ruang yang lebih luas lagi, kamu bisa memanfaatkan slot microSD external pada Advan M6 ini. Hal ini akan berguna bila kamu memiliki file yang berukuran besar. Spesifikasi Advan M6 pada sektor ruang memori ini mampu menampung slot microSD hingga kapasitas 64 GB.

Lini Fotografi Kelas Menengah dengan Duet Kamera 8 MP dan 5 MP

Selanjutnya kita akan mengupas spesifikasi Advan M6 pada lini fotografinya. Meski hanya merupakan smartphone level pemula, namun produk baru dari Advan ini memiliki kualitas fotografi yang tergolong baik. Mau bukti? Advan M6 mengusung duet kamera belakang 8 MP dan kamera depan 5 MP. Hal ini pasti menjadi nilai plus bagi M6 karena produk lain biasanya menggunakan duet kamera 5 Mp-1 MP atau bahkan 5 MP – VGA pada sektor fotografinya. Kamera belakang pada Advan M6 sendiri telah didukung oleh fitur LED Flash dan juga Autofocus. So, kamu tak perlu ragu lagi saat ingin mengambil gambar di tempat-tempat minim cahaya. Selain mampu menghasilkan foto yang bagus, kamera utama pada Advan M6 tersebut juga bisa digunakan untuk merekam video dengan hasil video beresolusi 720 pixels. Kebutuhan selfie pun juga dipenuhi oleh spesifikasi Advan M6 dengan kamera depan berukuran 5 MP.

spesifikasi hp advan m6

Koneksi Data Lancar dengan Jaringan 3G HSPA

Sampailah kita pada spesifikasi Advan M6 di bagian konektivitasnya. Meski belum mengusung teknologi 4G LTE seperti yang lainnya, namun smartphone terbaru racikan Advan ini memiliki kecepatan akses internet yang bisa diandalkan. Guna memenuhi kebutuhan akses internet penggunanya, Advan M6 dibekali dengan pilihan jaringan GPRS, EDGE, dan juga HSPA/3G. Sebagai jaringan utama pastinya adalah 3G HSPA. Meski berada di bawah 4G LTE, sebenarnya kecepatan akses data 3G HSPA sendiri sudah terbukti sangat kencang. Hal ini pastinya tak akan mengganggu aktivitas browsing, streaming, dan juga chatting bersama Advan M6 ini. Selain pilihan jaringan data seluler yang bisa diandalkan, smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur WiFi Direct yang bisa digunakan untuk akses internet gratis pada jaringan WiFi. Spesifikasi Advan M6 pada sektor konektivitas pun juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur lain, seperti Bluetooth v4.0, slot microUSB, dan juga fitur navigasi A-GPS.

Baterai Cukup Bertenaga dengan Daya 2.300 mAh

Pada segmen terakhir ini, kita akan menengok spesifikasi Advan M6 pada ruang pemasok dayanya. Untuk urusan daya, Advan menyerahkan ‘kehidupan’ smartphone barunya ini pada baterai jenis Lithium-Ion dengan daya sebesar 2.300 mAh. Untuk ukuran smartphone kelas menengah, sebenarnya kapasitas baterai pada Advan M6 ini sudah cukup besar. Hal ini mengingat spesifikasi hardware pada smartphone ini juga tak memiliki tingkat konsumsi daya yang tinggi. Jadi, dengan bekal baterai berkapasitas 2.300 mAh pada Advan M6 ini, kawan Begawei bisa membawa ponsel ini sebagai teman aktivitas selama seharian penuh. Jika melihat smartphone lain di kelas yang sama, spesifikasi Advan M6 pada sektor baterai ini merupakan nilai plus karena ponsel lain biasanya hanya dibekali dengan baterai berkapasitas di bawah 2.000 mAh.

Spesifikasi Advan M6

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA
2G bands GSM 900 / 1800 / 1900
3G bands HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G bands No
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
Pengumuman
Pengumuman 2015, July
Status Coming soon. Exp. release 2015, July
Bodi
Dimensi 145 x 71 x 9 mm
Weight 150 g
SIM Dual SIM
Layar
Tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 5.0 inches
Resolusi 720 x 1280 pixels (~267 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Perlindungan No
Dapur Pacu
OS Android OS v4.4 KitKat
Chipset MediaTek MT6592
CPU Octa-core 1.4 GHz ARM Cortex-A7
GPU Mali 450MP4
Memori
Card slot microSD, up to 64 GB
Internal 16 GB, 2 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang 8 MP, autofocus, LED flash
Fitur Yes
Video Yes
Kamera Depan 5 MP
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.1, LE
GPS Yes, with A-GPS
Radio FM radio
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor Accelerometer, proximity, compass
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Baterai
Li-Ion 2300 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan Advan M6

Seperti yang sudah sempat Begawei singgung di bagian awal tadi, keunggulan utama dari Advan M6 ini adalah layarnya yang berukuran 5 inci. Selain itu, dengan dukungan baterai 2.300 mAh maka smartphone ini akan mampu bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama. Namun sayangya, ponsel ini belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar dan juga belum mengusung teknologi jaringan data 4G LTE. Kekurangan Advan M6 dan kelebihan Advan M6 ini kami rangkum dalam tabel berikut ini:

Kelebihan Advan M6
  • Layar cukup luas 5 inci
  • Dual SIM Card
  • Prosesor lumayan bertenaga Octa-core 1.4 GHz
  • Memori internal luas 16 GB
  • Chipset MediaTek MT6592
  • Baterai 2.300 mAh
  • Duet kamera bisa diandalkan 8 MP dan 5 MP
Kekurangan Advan M6
  • Jaringan data belum 4G LTE
  • Resolusi layar rendah, hanya 720 x 1280 pixels
  • Layar masih IPS LCD
  • Tanpa perlindungan layar

Harga Advan M6

Berbicara mengenai smartphone lokal, nama Advan memang sudah memiliki porsi yang besar di pasar gadget Tanah Air. Jadi, secara kualitas memang produk-produk Advan sudah teruji. Ada kualitas, pastinya juga akan ada harga. Nah sekarang kita akan membahas kisaran harga Advan M6 yang pemasarannya menggunakan sistem pre-order melalui sebuah toko online di Indonesia. Sebelum kita melihat banderol harga Advan M6 di pasaran, mari kita coba menyimpulkan apa yang telah kita bahas di atas tadi. Secara performa, sebenarnya Advan M6 ini bisa diandalkan untuk keperluan masa kini. Hal ini memang tak lepas dari prosesor Octa-core 1.4 GHz dan juga RAM 2 GB yang menggawangi ruang dapur pacunya. Selain itu, smartphone ini juga mengusung layar seluas 5 inci yang akan menghadirkan visualisasi yang puas bagi penggunanya. Lalu, dengan spesifikasi seperti itu kisaran harga Advan M6 ini berapa ya?

harga advan m6

harga advan m6 terbaru

Dari pantauan Begawei di salah satu toko online di Tanah Air, banderol harga Advan M6 ini adalah sekitar Rp 1.699.000,-. Namun harga itu berlaku untuk pembelian dengan cara pre-order. Di luar pembelian pre-order, kisaran harga Advan M6 ini adalah Rp 1.899.000,-. Jika melihat spesifikasinya, sebenarnya harga yang ada pada Advan M6 termasuk kategori mahal. Hal ini karena sebenarnya spesifikasi smartphone ini tak terlalu istimewa. Di pasar gadget Indonesia pun kini sudah banyak smartphone dengan spesifikasi sedikit lebih tinggi dari M6 tapi harganya sama. Salah satu produk yang harganya bersaing dengan harga Advan M6 adalah HTC Desire 626s. Dengan harga berkisar di level Rp 1,8 jutaan hingga Rp 2 jutaan, kedua produk itu dipastikan akan bersaing secara sengit di pasar gadget kelas menengah Indonesia.

Harga Advan M6
Sekitar Rp 1.699.000,- s/d Rp 1.899.000,-

Sebagai brand lokal, tentunya harga Advan M6 di atas memang akan sedikit menemui hambatan, terutama dari para pesaing asal luar negeri. Bagaimanapun juga, para pengguna gadget Indonesia sudah kadung international minded, lebih mengutamakan merk-merk terkenal. Meski spesifikasinya tak terlalu istimewa, sebenarnya Advan M6 ini memiliki daya saing yang cukup kuat dengan brand-brand asing. Apalagi dengan status Advan sebagai brand ambassador FC Barcelona, tentunya ini akan semakin membantu mengangkat banderol harga Advan M6 di atas tadi. Begawei berpendapat bahwa smartphone ini cocok bagi kamu yang ingin memiliki gadget dengan kesan eksklsuif atau bila kawan Begawei adalah penggemar Barcelona. Nah bagi kamu fans Barca, pastinya sudah siap menebus harga Advan M6 di atas tadi. Baca juga HTC Desire 626s dan Huawei Honor 4A.

  • fikry

    Ko kameranya kaya renyek2 gitu ya?

  • Iwenx bmz

    Layar kurang sensitif/responsif, cepat panas kamera masih gk jernih kurang tajam.

Top