Cyanogen Berhasil Kalahkan Windows Mobile + BlackBerry

Perkembangan Cyanogen : Berhasil Kalahkan Windows Mobile + BlackBerry – Apa yang kawan Begawei megerti soal Cyanogen? Untuk menjabarkan soal apa itu Cyanogen, memang tak sesederhana yang dibayangkan. Namun yang pasti sejak kemunculannya, performa Cyanogen di jagad smartphone semakin menanjak. Bahkan jumlah penggunanya pun semakin berjubel.

Cyanogen Berhasil Kalahkan Windows Mobile dan BlackBerry

Sejauh yang diketahui kebanyakan masyarakat, Android dimulai dari sebuah proyek Open Source yang dikelola Google dengan menerima beberapa kode rahasia dari produsen prosesor, kemudian diserahkan pada manufaktur smartphone untuk memodifikasi software yang akhirnya mengarah pada User Interface dari masing2 produsen smartphone seperti Samsung Touchwiz, HTC Sense, Vibe UI dan lain-lain. Nah disinilah muncul Cyanogen. OS ini dibangun dengan cara yang sama, memakai versi apa saja dari Android . Pada sistem ini,  siapapun bisa mengembangkannya sendiri dan menambahkan perangkat lunak yang dirasa bisa meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Jadi kurang lebih, Cyanogen merupakan Android.

Bicara soal Cyanogen sebagai sebuah perusahaan, awalnya Cyanogen juga berasal dari sebuah komunitas. Namun saat ini, sudah menjadi perusahaan resmi. Tak main-maian, jumah pengguna Cyanogen pun telah melampaui pengguna dua OS besar lainnya–Windows Mobile (bukan Windows Phone / WP) dan BlackBerry bila digabungkan. Dalam akun Instagram resminya, Cyanogen mengklaim bahwa OS buatannya telah dipakai oleh sekitar 50 juta pengguna saat ini. Jumlah tersebut jelas mengalahkan BlackBerry, yang saat ini berada di angka sekitar 30 juta. Lantas untuk jumlah pengguna Windows Mobile, memang belum ada informasi yang lebih detail.  Namun dapat dipastikan jumlahnya berada di bawah pengguna BlackBerry. Hal ini wajar, mengingat sudah tak ada smartphone generasi terbaru yang menggunakan Windows Mobile.

Walaupun berhasil melampaui capaian Windows Mobile dan BlackBerry, namun ternyata Cyanogen masih harus bertekuk lutut dibawah kehebatan Windows Phone, Pasalnya, pengguna WP saat ini jumlahnya disebut sudah lebih dari 70 juta.

Lebih dari itu, sejumlah perusahaan sudah banyak yang tertarik menggunakan OS Cyanogen di smartphone miliknya. Di Indonesia, pembesut ponsel yang sudah membenamkannya adalah Smartfren di smartphone Andromax Q. Sedangkan produsen lainnya yang sudah duluan adalah OnePlus dan Micromax asal India. Jadi, angka 50 juta pengguna saat ini, menjadi catatan yang sangat baik, bagi perusahaan yang memang berawal dari “coaba-coba” saja. Baca juga Cyanogen Bakal Jajaki Smartfren Android 4G dan Hadiah Rp 1,3 Miliar Siap Diberikan bagi Penemu Bug di Windows 10.

Top