Chipset Buatan Xiaomi Akan Diluncurkan Tahun Depan

Chipset Xiaomi Meluncur Tahun Depan – Perusahaan smartphone asal negeri Tiongkok, Xiaomi, dikabarkan akan mengembangkan produksi chipset buatan sendiri. Dengan mengembangkan produksi chipset buatan sendiri, diharapkan Xiaomi akan mampu menekan biaya produksi karena selama ini Xiaomi banyak menggunakan chipset buatan produsen lain.

CPu-Xiaomi-Meluncur-tahun-Depan

Xiaomi akan menciptakan chipset buatan sendiri pada tahun depan dan akan membagi produksi chipset menjadi dua jenis yang berbeda, seperti dikutip Oketekno, Jumat (28/08/2015).  Untuk dua chipset tersebut akan ada yang memiliki varian yang bernama varian SoC, varian SoC diciptakan Xiaomi untuk menunjang smartphone-smartphone dengan segmen low end, seperti varian RedMi. Sedangkan untuk chipset yang berkualitas tinggi, akan disematkan Xiaomi untuk varian-varian smartphone dengan segmen mid end seperti Xiaomi MI Note dan juga Xiaomi MI terbaru yang akan dirilis tahun depan. Namun beredar kabar untuk handset buatan Xiaomi yang menyasar segmen premium masih akan mengandalkan chipset buatan produsen lain.

Dengan diumumkannya pembuatan chipset secara mandiri oleh Xiaomi, Xiaomi berharap chipset yang dikembangkannya akan lebih optimal dan membuat kinerja produk dari Xiaomi memiliki kualitas serta mutu sesuai harapan Xiaomi. Xiaomi juga akan membuat model CPU Octa Core pada tahun depan atau tahun 2016, akan tetapi Xiaomi masih belum membocorkan tentang rincian spesifikasi chipset dan CPU buatannya tersebut.

Dengan Xiaomi yang akan membuat chipset buatan sendiri, hal ini akan menambah jumlah produsen yang berhasil dalam membuat chipset secara mandiri. Sebelumnya, seperti yang kita ketahui Samsung sudah lebih dulu mengenalkan chipset buatannya, yang diberi nama Exynos. Exynos sudah digunakan Samsung sebagai chipset mereka di sebagian produk keluaran terbaru Samsung, Exynos racikan Samsung tersebut juga sudah digunakan oleh produsen smartphone lain selain Samsung. Sedangkan LG juga tengah mengembangkan chipset hasil racikan sendiri yang diberi nama Nuclun. Huawei bahkan  sudah lebih dulu mengembangkan chipset buatan sendiri dengan nama Kirin, dan sudah digunakan pada beberapa smartphone, phablet dan tablet produksi Huawei.

Dengan bergabungnya Xiaomi dalam dunia produksi chipset, maka persaingan produsen smartphone antar lini untuk waktu ke depan akan semakin sengit. Karena produsen akan berlomba menghasilkan chipset yang berkualitas. Lalu spesifikasi apa yang akan ditawarkan Xiaomi pada chipset buatannya? Sobat perlu bersabar sampai tahun 2016, karena untuk saat ini Xiaomi belum merilis berita apapun mengenai spesifikasi yang akan diusung Xiaomi untuk chipset buatannya tersebut. Baca juga Kisah Sculley, Membuat Android Murah dan Spesifikasi Xiaomi Mi 4c Diuji di Benchmark AnTuTu.

Top