Booming Periscope, Sudah Join?

Booming Periscope, Durasi Streamingnya Setara 40 Tahun – Saat ini, cara membangun komunikasi dengan pihak lain, suddah sangat beragam. Salah satu yang saat ini sedang menjadi trend, terutama di kalangan muda adalah komunikasi dengan live streaming. Dengan teknologi yang satu ini, seseorang bisa melihat apa yang dilakukan oleh orang lain secara real time. Adalah Periscope, aplikasi live streaming, yang saat ini sangat booming di kalangan netizen.

Booming Periscope

Periscope memang masih berusia sangat muda, dibandingkan dengan aplikasi jejaring sosial lainnya. Namun nyatanya, performa jejaring sosial yang mengandalkan live streaming ini, begitu mampu menarik perhatian para penggila sosmed. Hal tersebut terlihat dari data traffic penggunaan aplikasi live streaming Periscope. Data yang dipublikasikan penemu Periscope: Kayvon Beykpour dan Joe Bernstein menyebutkan bahwa aplikasi yang baru diluncurkan empat bulan yang lalu ini, sukses berhasil meraup pengguna hingga melebihi 10 juta orang. Tak main-main, jumlah durasi seluruh video yang ditonton pada satu hari pada perangkat iOS dan Android, adalah sekitar 350.000 jam. Jumlah tersebut setara dengan waktu 40 tahun . Setiap harinya, pengguna aktif harian Periscope bahkan mendekati angka 2 juta.

Walaupun sudah mampu meraih prestasi sebegitu tingginya di usia yang masih empat bulan, namun menurut Periscope, hal tersebut bukanlah tolak ukur kesuksesan yang tepat

“Kalau kami bermotivasi untuk menumbuhkan (pengguna aktif harian), kami sudah terdorong untuk berinvestasi pada hacking pertumbuhan konvensional, mekanisme viral, dan pemasaran untuk mendorong download. Arah ini tidak membawa pada produk yang lebih baik atau membawa kesuksesan bagi Periscope,” kata Kayvon Beykpour dan Joe Bernstein.

Dengan keberhasilan sedemikian rupa yang diraih oleh Periscope, maka masa depan Twitter terlihat semakin cerah. Twitter memang telah mengakuisisi Periscope pada awal tahun ini. Nilai akuisisinya mencapai sekitar 100 juta dollar. Setelah resmi diluncurkan ke tengah public dunia akhir Maret lalu, ,  dua bulan kemudian dirilis aplikasi untuk Android.

Selain Periscope, jagad digital memiliki aplikasi live streaming lainnya, seperti Meerkat. Menurut data terakhir dari Adobe, kepopuleran Periscope di kalangan masyarakat pada saat ini melebihi popularitas aplikasi live streaming Meerkat. Di saat Periscope terus tumbuh, Meerkat justru melambat. Baca juga Perkembangan Cyanogen : Berhasil Kalahkan Windows Mobile + BlackBerry dan Daftar Ponsel Pintar Tahan Air Terbaik 2015.

 

Top