Asus Melesat ke Posisi Kedua Ponsel Paling Laris di Indonesia

Asus Semakin Mantapkan Posisinya di Pasar Gadget Indonesia – Sebelum terjun di perangkat mobile dan smartphone, Asus memang dikenal sebagai salah satu produsen PC serta laptop yang unggul. Setelah memutuskan untuk merambah dunia ponsel pintar, nama perusahaan asal Taiwan itupun semakin berkibar.

asus-semakin-mantapkan-posisinya-di-pasar-gadget-ndonesia

Hanya perlu waktu sekitar satu tahun semenjak kedatangannya di Indonesia untuk pertama kali, kini Asus sudah menjadi salah satu vendor ponsel pintar dengan produk paling diburu konsumen. Menurut riset IDC, kini Asus telah mengambil posisi kedua dalam peringkat produsen smartphone paling laris di Tanah Air, menggeser para pesaing yang lebih dulu berekspansi ke Indonesia.

Di pasar gadget Indonesia, saat ini status sebagai penguasa masih dipegang oleh Samsung dengan pangsa pasar sekitar 25 persen. Asus sendiri saat ini berada tepat di bawah Samsung dengan segmentasi pasar hanya terpaut 10 persen dari perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Melesatnya Asus ke posisi dua brand smartphone terlaris di Indonesia memang cukup mengejutkan. Secara tradisional, pasar gadget Tanah Air memang dikuasai oleh para vendor besar. Selain Samsung, perusahaan kelas kakap macam Sony, LG, serta BlackBerry memiliki pangsa pasar yang cukup besar di Indonesia.

“Ketika pertama kali hadir di kuartal kedua 2014, Asus hanya berhasil meraih kurang dari 3,5 persen pasar. Pada kuartal berikutnya, kami berhasil meningkatkan pangsa pasarnya di  Indonesia menjadi sekitar 5,8 persen dan 11,1 persen di kuartal ketiga dan keempat 2014,” ujar Julianna Chen, Country Product Group Leader Asus Indonesia.

Hingga akhir tahun 2014 kemarin, Asus berhasil menjual lebih dari 1,4 juta unit smartphone di Indonesia. Kesuksesan Asus paling dominan disumbang oleh seri Asus Zenfone, salah satunya adalah Asus Zenfone 3 ZE551ML.

“Tren ini juga terus meningkat. Di kuartal pertama 2015, Asus masih berada di posisi ketiga. Namun pada kuartal II 2015, ASUS naik ke posisi kedua dan menguasai 14,91 persen pasar. Bahkan di satu kuartal ini saja, Asus mendekati total penjualan sepanjang tahun 2014 lalu,” lanjut Julianna.

Lebih lanjut, Julianna menyatakan bahwa saat ini perkembangan dunia teknologi semakin cepat berubah. Saat ini, teknologi smartphone semakin matang dan masing masing vendor selalu berlomba-lomba untuk menghadirkan inovasi terbaik demi kepuasan konsumen. Baca juga Teknologi 5G Berperan Penting pada Era Internet of Things (IoT) dan Sebuah Aplikasi Lokal yang Disebut Tamansari.

Top