Aquila, Drone Penyebar WiFi

Aquila, Drone Penyebar WiFi Milik Facebook – Nampaknya, drone alias pesawat tanpa awak, cukup menjadi sorotan saat ini. Ditengah munculnya peraturan-peraturan soal penggunaan drone—termasuk di Indonesia, muncullah sebuah drone bernama Aquila. Adalah perusahaan milik Mark Zuckerberg—Facebook, yang memiliki project ini. Bukan tanpa misi, Aquila justru dibesut untuk misi yang sangat menarik.

Drone Penyebar WiFi Milik Facebook

Seperti yang sudah kita ketahui, boss Facebook—Mark Zuckerberg memiliki sebuah ambisi mulia, untuk membuat seluruh dunia terhubung dengan koneksi internet. Saat ini, internet memang sudah jadi barang “biasa” untuk negara-negara besar. Namun masih ada saja bagian yang belum terjamah oleh internet, sehingga akses informasi masih minim. Hal itulah yang coba diselesaikan oleh Aquila. Drone yang satu ini “ditumpangi” oleh perangkat WiFi, sehingga bisa menyebarkan sinyal WiFi di daerah yang dilaluinya, terutama daerah-daerah minim koneksi internet.

Drone Aquila ditenagai dengan solar. Pesawat ini memiliki bobot 880 pon.  Kemampuan terbangnya mencapai ketinggian 60.000 hingga 90.000 kaki. Saat ini, Aquila sendiri sudah selesai diproduksi dan siap menjalani pengujian.  VP Engineering Facebook Jay Parikh menyebutkan bahwa drone Aquila dibuat di Amerika Serikat dan bakal diuji coba di sekitaran AS pada akhir tahun ini. Saat ini, baru satu pesawat yang telah rampung dan sekaligus dijadikan prototipe. Ke depan So, Aquila memang bukan project angan-angan belaka. Bahkan, project drone ini sebenarnya sudah direncanakan sejak November tahun lalu. Tanpa banyak omong, Zuckerberg pun segera mengambil langkah nyata. Jadi memang bisa dikatakan, pemberitaan soal Aquila cukup minim, karena Zuck pribadi tidak sesumbar seenaknya. Lantas seperti apa performa yang bakal ditampilkan oleh Aquila?

Drone pembawa Wi-Fi ini, mampu menyebar akses internet ke area-area dengan radius 50 mil dari jarak pesawat. Untuk pertama kalinya, Aquila akan diuji coba pada ketinggian 70.000 hingga 80.000 kaki di atas permukaan laut.

Selain drone bernama Aquila ini, Facebook juga telah meluncurkan Internet.org. Semisi dengan Aquila, Internet.org juga bertujuan untuk mengkoneksikan dunia dengan jaringan internet secara merata. Usaha-usaha yang dilakukan Mark Zuckerberg ini, tak lain dan tak bukan merupakan wujud keprihatinan Zuck. Ia memprediksi,  masih ada 2,5 jutaan orang di dunia yang belum merasakan akses internet. Baca juga Seperti Apa Aturan Penggunaan Drone di Indonesia? dan Drone DJI Terbaru Bisa Rekam Video 4K.

 

 

Top