Andalkan Microsoft Edge Sebagai Default Browser Windows 10, Mozilla Protes

Mozilla Layangkan Protes untuk Microsoft – Setelah resmi merilis sistem operasi Windows 10, akhirnya Microsoft menuai banyak pujian. Pasalnya Windows 10 ini langsung diunduh dan digunakan oleh 14 juta orang dalam waktu sehari setelah peluncuran OS terbaru Microsoft ini. Windows 10 ini pun dianggap memiliki ubahan yang signifikan, yang membuat OS ini lebih baik dari generasi sebelumnya. Namun ada pula pihak yang kurang begitu senang dengan OS terbaru dari Microsoft ini. Adalah Mozilla Firefox yang menyatakan protes untuk Windows 10 karena OS tersebut memiliki browser standar Microsoft Edge.

Andalkan Microsoft Edge Sebagai Default Browser Windows 10, Mozilla Protes

Seperti dilansir oleh laman Engadget, Mozilla mengaku perubahan yang diberikan oleh Microsoft pada Windows 10 sebagai sesuatu yang menggelisahkan. Terutama karena Microsoft mengubah default browser dari Microsoft Edge ke browser lain menjadi lebih sulit. Tentu saja dengan hal tersebut membuat Mozilla memprotesnya.

Sesaat setelah peluncuran Windows 10, CEO Mozilla, Criss Beard menyebutkan bahwa pihaknya telah berusaha menghubungi Microsoft mengenai hal tersebut. Sayangnya dari pembicara yang ada tidak memberikan kemajuan yang berarti mengenai masalah ini.

“Upgrade ke Windows 10 telah didesain sedemikian rupa sehingga para pengguna akan secara otomatis menggunakan browser yang Microsoft ingin mereka gunakan. Kami menghargai fakta bahwa secara teknis, para pengguna Windows 10 masih dapat mengubah default browser mereka. Tetapi proses pengubahan ini dibuat menjadi lebih menyulitkan. Proses tersebut membingungkan dan sulit untuk dipahami,” ujar Beard.

Sementara itu dari laman The Verge, Microsoft menyatakan bahwa untuk mengubah suatu fitur pada Windows 10 maka yang akan diproses adalah protes dari penggunanya.

“Kami mendesain Windows 10 untuk memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik pada para pengguna. Saat melakukan upgrade, para pengguna dapat memilih setting default mereka, termasuk default browser. Setelah mereka melakukan upgrade, mereka juga dapat dengan mudah mengganti default browser yang mereka inginkan. Kami mendesain Windows 10 sebagai sebuah layanan; jika kami menemukan cara untuk memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik, maka kami akan melakukan hal itu,” tanggapan Microsoft.

Untuk mengubah browser di Windows 10 memang sedikit lebih rumit dibandingkan pada OS Microsoft sebelumnya yang lebih mudah dan sederhana. Namun hal tersebut tetap dapat dilakukan di Windows 10. Baca juga Windows 10, Windows Terbaik Sepanjang Sejarah dan Pendapatan Facebook Semakin Menggila.

Top