Seperti Apa Powerbank yang Tak Mudah Meledak?

Powerbank yang Tidak Mudah Meledak – Saat ini, powerbank seolah menjadi perangkat yang tak bisa dijauhkan dari para pengguna gadget. Namun menggunakan piranti penyimpan daya ini, bukan berarti tanpa resiko. Kawan Begawei mungkin sudah mendengar musibah yang dialami Katy Emslie. Powerbank yang digunakan meledah. Kejadian itupun sempat menggemparkan dunia maya. Belajar dari peristiwa itu, sebenarnya ada beberapa kriteria powerbank yang harus dipenuhi, agar powerbank yang kawan Begawei gunakan tidak mudah meledak. Seperti apa?

Powerbank yang Tak- Mudah Meledak

Sebelumnya membeli powerbank, ada baiknya kawan Begawei memperhatikan dengan baik soal kapasitasnya. Hal ini akan membantu anda untuk menentukan, kira-kira seberapa besar daya powerbank yang dibutuhkan.  Hal ini dapat mengacu pada ukuran baterai ponsel Anda. Bisa membayangkan? Perhatikan contoh berikut ini.

Misalnya jika ponsel andalan kawan Begawei memiliki baterai dengan kapasitas 2.300 mAh, maka setidaknya sediakanlah  powerbank berkapasitas paling tidak 2.500 mAh. Kapasitas tersebut bakal membantu anda untuk melakukan sekali pengisian ulang. Tapi jika kawan Begawei punya dana lebih, membeli powerbanki dengan kapasitas jauh lebih besar akan menjadi lebih baik.  Dengan kapasitas yang jauh lebih besar, maka anda akan bisa melakukan recharging hingga beberapa kali.

Se4lain kapasitas, perhatikan konektor yang ada pada powerbank.Usahakan membeli powerbank yang memiliki dua konektor output yang terdiri luaran 1 A dan 2 A (Ampere). Output yang ada, akan mempengaruhi lama waktu pengisian ponsel.

Ada baiknya jiga, jika kawan Begawei juga mempertimbangkan untuk membeli powerbank dengan merek yang sudah banyak dikenal secara umum. Ini dilakukan untuk menjamin kualitas powerbank. Pastinya produsen tak mau mempertaruhkan nama besarnya, dengan menyediakan barang abal-abal.

Sudah menjadi rahasia umum, jika kualitas barang abal-abal sering tidak sinkron antara spesifikasi yang tertulis dengan kenyataan yang ada. Nah, hal seperti inilah yang sangat  berpotensi menyebabkan powerbank menjadi meledak karena over charging.

Satu hal lagi, sebagai bagian dari proteksi, beli lah powerbank yang memiliki fitur Over Voltage Protection (OVP) dan Over Charge Protection (OCP). Baca juga Intel dan Micron Perkenalkan 3D XPoint dan Facebook : Jangan Posting Video ke YouTube !!!

 

Top