Ridwan Kamil : “Tombol Panik” Sudah Bisa Diunduh di Play Store

Tombol Panik untuk Masyarakat Bandung Sudah Bisa Diunduh di Play Store – Kota Bandung sejak era kepemimpinan Ridwan Kamil, selaku Wali Kota Bandung memang telah menghadirkan berbagai terobosan baru yang tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat Bandung itu sendiri. Baru-baru ini Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi baru yaitu Tombol Panik. Seperti kita ketahui aplikasi ini sebenarnya telah lama dijanjikan oleh Ridwan Kamil. Hingga akhirnya pada hari, Jumat (10/7/2015) kemarin Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi tersebut secara resmi.

Tombol Panik untuk Masyarakat Bandung Kini Sudah Bisa Diunduh di Play Store

Peluncuran tersebut diinformasikan langsung oleh akun Twitter resmi Ridwan Kamil @ridwan kamil yang mengicaukan kicauan pada, Kamis (9/7/2015) yang berbunyi, “Besok, kami launching aplikasi Tombol Panik. Unduh di Google Play Store. Register nomor HP. Pijit layar 3 kali, bantuan polisi datang.”

Tombil Panik ini memang merupakan aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk keadaan darurat, seperti kecelakaan atau perampokan. Namun aplikasi ini hanya mencakup kota kembang saja. Dengan adanya aplikasi ini maka pengguna yang merupakan warga Bandung dapat lebih aman dan nyaman dalam beraktivitas sehari-hari. Apalagi beberapa waktu terakhir isu mengenai pembegalan sempat marak di Kota Bandung.

Dari informasi yang ada, untuk dapat menggunakan Tombol Panik pengguna harus mengunduh aplikasi bernama X-Igent Panic Button di Google Play Store. Kemudian pengguna nantinya harus mengisi kelengkapan registrasi data, yang berupa nama lengkap, nomor ponsel, e-mail dan kata sandi. Pengguna juga harus memasukkan kontak orang terdekat (whitelist) yang berguna agar orang terdekat tersebut dapat dihubungi ketika pengguna dalam bahaya atau sejenisnya.

Setelah resmi terdaftar, maka widget “SOS” otomatis muncul di layar home screen smartphone Android. Jika terjadi hal yang darurat atau bahaya maka pengguna dapat menekan langsung tombol “SOS” tanpa harus membuka aplikasi Tombol Panik.

Nantinya setelah tombol tersebut ditekan maka data akan otomotis dikirimkan ke Bandung Command Center. Di mana nantinya petugas akan mengidentifikasi lokasi serta identitas pelapor dan segera memberikan bantuan.

“Hanya dalam lima menit petugas kami akan sampai di lokasi pelapor,” ujar Ridwan seperti dilansir dari laman KompasTekno, Rabu (8/7/2015).

Sebenarnya aplikasi ini telah selesai sejak Maret 2015 lalu, namun demi memberikan fungsi yang sempurna Ridwan Kamil baru meluncurkan aplikasi ini pada bulan Juli ini. Baca juga Kini Pengguna Waze Bisa Dapat Tebengan Kemana-mana dan Guvera, Sajikan Streaming Musik yang Kian Hemat Kuota Internet.

Top