Nova OS, Sistem Operasi Racikan Mahasiswa Kuba

Mahasiswa Asal Kuba Kembangkan Sistem Operasi Baru Bernama Nova OS – Perkembangan sistem operasi ternyata tak hanya menjadi milik perusahaan teknologi saja. Baru-baru ini sekumpulan mahasiswa dari jurusan Ilmu Komputer Universitas Havana, Kuba, sukses mengembangkan sebuah sistem operasi (OS) baru yang menggunakan basis Kernel Linux. Mahasiswa yang mengembangkan sistem operasi baru tersebut mengklaim bahwa OS baru yang mereka ciptakan mampu untuk bersaing dengan sistem operasi lainnya.

mahasiswa-asal-kuba-kembangkan-sistem-operasi-baru-bernama-nova-os

Proyek pengembangan sistem operasi baru yang dilakukan oleh mahasiswa asal Kuba tersebut langsung disponsori oleh Pemerintah Kuba sendiri. Sistem operasi baru tersebut diberi nama Nova OS. Nova OS dihadirkan dalam versi 4.0 dan telah dikembangkan sejak Maret 2013. Pihak pengembang Nova OS mengaku bahwa OS yang mereka ciptakan merupakan penggabungan sistem Canonical Ubuntu 12.04 serta dibangun menggunakan desktop GNOME 3.4.

Nova OS merupakan sistem operasi yang menggunakan basis sistem Linux. Pihak pengembang meracik Nova OS dengan menggunakan dua panel antarmuka, yaitu GNOME-Shell dan juga GNOME Customized. Nova OS 4.0 menurut rencana akan dikembangkan lagi ke dalam tiga edisi, yaitu Escrito, Ligerio, serta Servidor.

Seperti dilansir oleh laman News Softpedia pada Selasa (30/6), sistem operasi Nova OS yang dihadirkan dalam tiga varian tersebut memang secara khusus diperuntukkan bagi pengguna berbeda. Misalnya Ligerio yang menawarkan interface lebih ringan ditujukan untuk pengguna komputer dengan spesifikasi rendah. Dengan interface lebih ringan, Nova OS Ligerio akan tetap bekerja secara optimal meski spesifikasi PC-nya kelas bawah.

Berbeda dengan Nova OS Ligerio, versi Escrito bisa digunakan untuk PC desktop berbasis GNOME yang lengkap. Nova OS Escrito yang juga merupakan edisi utama dari tiga varian Nova OS memiliki tampilan antarmuka yang lebih spesifik dan menarik. Nova OS Escrito ini bisa digunakan untuk ‘mengotaki’ PC yang memiliki spesifikasi kelas atas.

Sedangkan versi Nova OS yang terakhir adalah Servidor. Sistem operasi Nova OS Servidor ini bisa digunakan sebagai server pada perangkat-perangkat yang menggunakan sistem operasi Nova OS di dalamnya. Baca juga Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 2 Bocor di Internet dan Windows 10 Bakal Dijual Lewat USB Flashdisk.

Top