Mudik? Andalkan Aplikasi-aplikasi Ini

Pantau Arus Mudik dengan Aplikasi-aplikasi Ini – Ramadhan tahun ini sudah mencapai ujungnya. Jika berbagai aplikasi menarik hadir untuk menemani ibadah puasa, kali ini tersedia aplikasi-aplikasi untuk memantau arus mudik. Sebagai aplikasi pendukung mudik, aplikasi-aplikasi ini pastinya akan sangat bermanfaat bagi kawan Begawei, untuk memantau arus mudik dan arus balik. Bagaimana tidak, anda akan mendapatkan berbagai macam info, termasuk soal kecelakaan yang terjadi. Dengan begitu, anda akan bisa lebih waspada dan mengetahui jalur alternative mana yang bisa dilalui.

aplikasi pemantau arus mudik

Bicara soal aplikasi mudik, anda akan menemui banyak sekali aplikasi menarik. Dua diantaranya adalah aplikasi Lewat Mana dan Google maps. Semenarik apa performa aplikasi-aplikasi pemantau arus mudik itu?

Kawan Begawei yang menggunakan ponsel berbasis  Android dan iOS, bisa melakukan pemantauan arus mudik dengan aplikasi Lewat Mana.  Kondisi jalan di titik-titik tertentu berdasarkan hasil rekaman video CCTV, akan ditampilakn oleh aplikasi yang satu ini. Lewat Mana menawarkan streaming langsung video selama beberapa detik, atau gambar terakhir kondisi jalan yang diambil melalui CCTV mereka. Fungsi lain yang disodorkan adalah Driving Mode, untuk memantau keadaan jalan yang jaraknya berdekatan dengan posisi si pengguna. Aplikasi ini juga menyediakan laporan kecelakaan yang terintegrasi dengan aplikasi Waze. Tak hanya sekedar menerima laporan, anda yang menggunaka aplikasi Lewat Mana, juga bisa berartisipasi untuk membuat laporan sendiri mengenai situasi lalu lintas sekitar. Laporan tersebut nantinya akan muncul di menu Traffic Update. Cukup menarik sih, tapi sangat disayangkan, perangkat CCTV yang mendukung aplikasi ini, hanya tersebar di wilayah Jabodetabek, Bandung, Puncak, Surabaya, dan Tangerang.

Aplikasi pemantau arus mudik lainnya, yang layak anda gunakan adalah Google Maps. Aplikasi ini menyediakan informasi jalan, navigasi dan kemacetan. Untuk soal informasi kepadatan lalu lintas dan kecelakaan, aplikasi yang satu ini begitu mumpuni untuk diandalkan. Bahkan, versi terbaru Google Maps tak hanya menyediakan opsi untuk memberikan arah jalan, tapi juga informasi kemacetan dan kecelakaan di 19 kota besar seperti Surabaya, Medan, Semarang, Palembang, Makassar, Batam, Yogyakarta dan Jambi. Yang perlu diingat, kawan Begawei harus terus terkoneksi dengan internet, jika ingin mendapatkan inforamsi terkini soal kepadatan lalu lintas dan kecelakaan, melalui Google Maps.

Dengan aplikasi ini, kawan Begawei juga bisa manfaatkan fasilitas ‘My Maps’. Fitur yang satu ini, memungkinkan anda untuk menyimpan peta di ponsel dan merencanakan perjalanan dari jauh hari. Dengan teknologi voice-guided assistance, anda juga tak perlu memegang ponsel saat menyetir.
Google Maps juga bisa memberikan informasi jalan mana yang sedang diperbaiki atau jalan yang sedang ditutup lalu dialihkan. Usefull kan? Baca juga BBM Jadi Aplikasi Terpopuler di ponsel Android Masyarakat Indonesia dan Universitas Cornell Kembangkan Aplikasi Merlin Bird Photo ID untuk Mengenali Spesies Burung Hanya dari Fotonya.

Top